PENGARUH PELAYANAN PERBANKAN SYARIAH DAN PRODUK TABUNGAN IB SIAGA TEHADAP KEPUASAN NASABAH BANK KB BUKOPIN SYARIAH

Authors

  • Siti Khumairoh Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Masruchin Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(2).20623

Keywords:

Pengaruh Pelayanan, Produk Tabungan iB Siaga, Kepuasan Nasabah

Abstract

Perkembangan pesat dan persaingan yang semakin ketat di dunia perbankan telah mendorong institusi keuangan untuk bersaing dalam memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya. Masalahnya pengaruh pelayanan perbankan syariah dan produk tabungan yang menjadi pertimbangan kepuasan nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan pengaruh pelayanan perbankan syariah dan produk tabungan iB SiAga terhadap kepuasan nasabah Bank KB Bukopin Syariah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah Bank KB Bukopin Syariah yang menabung di bank tersebut sebanyak 1000 orang sesuai dengan wawancara dari pihak yang bersangkutan. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pelayanan Perbankan Syariah berpengaruh langsung dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Bank KB Bukopin Syariah, Variabel Produk Tabungan iB SiAga berpengaruh langsung dan signifikan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank KB Bukopin Syariah dan variabel Pengaruh Pelayanan Perbankan Syariah dan Produk Tabungan iB SiAga berpengaruh secara simultan dan signifikan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank KB Bukopin Syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Dinda Ayu., & Krisnaningsih, Diah. 2023. Pengaruh Penggunaan Bsi Mobile Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bsicabang Jenggolo. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 6(1), p. 180–185.

Anjelina, Jeni Devi., & Masruchin. 2023. Pengaruh Kualitas Layanan Antar Jemput Dan Penanganan Komplain Terhadap Kepuasan Nasabah Produk Tabungan PT. BPRS Lantabur Tebu Ireng Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), p. 1430–1437.

Febriana, Nina Indah. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), p. 145-168.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press. Surabaya

Kotler, Philip., & Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Latifah, Fitri Nur., & Maika, M. Rulianor. 2019. Manajemen Pemasaran Syariah. Umsida Press. Sidoarjo.

Napitupulu, Ferdinand. 2019. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Ramayana Lestari Sentosa. Kinerja, 16(1), p. 1–9.

Rahfizah, Raudhatul Zahra., Supaino., & Kholil, Ahmad. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Tabungan iB Hasanah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Medan. Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 6(1), p. 23-29.

Sandy, Rasyid Abi., & Latifah, Fitri Nur. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Teknik Promosi terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia KC Jenggolo. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 6(1), p. 358-370.

Sari, Dian Purwita., & Achsa, Andhatu. 2021. Analisis Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Magelang. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 2(3), p. 15–27.

Sari, Rafika., Saleh, Muhammad., & Hasanah, Nurul. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Produk Tabungan Wadiah Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat. JEKSya: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 02(01), p. 43–51.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung.

Tjiptono, Fandi., & Chandra, Gregorius. 2017. Pemasaran Strategik. (Edisi 3, p. 12). Penerbit Andi. Yogyakarta.

Yulindawati., Tarigan, Ismail Rasyid Ridla., & Ferdian, Aan Muhammad. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Biaya Administrasi terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Faedah pada BRI Syariah Cabang Banda Aceh. JIMEBIS –Scientific Journal of Students Islamic Economics and Business, 3(1), p. 40-45.

Zulkarnain, Rizal., Taufik, HER., & Ramdansyah, Agus David. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Mu’amalah Cilegon). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), p. 87-110.

Downloads

Published

2025-01-01