PENERAPAN ANALISIS SWOT PADA STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PRODUK TABUNGAN EASY WADIAH DI BSI KC SIDOARJO JENGGOLO

Authors

  • Yulia Ratna Anggraini Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fitri Nur Latifah Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(1).16106

Keywords:

Analisis SWOT, Strategi Pemasaran Syariah, Tabungan Easy Wadiah

Abstract

Tabungan easy wadiah adalah salah satu rekening tabungan yang ditawarkan oleh Bank Syariah Indonesia KC Sidoarjo Jenggolo, dengan tujuan supaya nasabah dapat menyimpan uang dan bertransaksi secara mudah dan juga murah. Karena kurangnya pengetahuan tentang produk di Bank Syariah Indonesia, sebagian masyarakat masih menganggap sama dengan bank kovensional. Oleh karena itu, Bank Syariah Indonesia harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat guna meningkatkan pangsa pasar pengguna tabungan easy wadiah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan melakukan teknik observasi, dokumentasi, studi pustaka dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembukaan tabungan easy wadiah meningkat di setiap hari. Hal tersebut tidak terlepas dari kegiatan promosi yang dilakukan Bank Syariah Indonesia KC Sidoarjo Jenggolo dengan menerapkan bauran pemasaran meliputi product, place, promotion, place, people, process, physical evidence.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agneza, Sherlie., Jalaludin., & Rinawati., 2022. Praktek Tabungan Easy Wadiah Bank Syariah Indonesia dalam Perspektif Fatwa No. 02/DSN-MUI/IV/2000. JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah), 2(1), p. 68–82.

Agrosamdhyo, Raden. 2021. Implementasi Bauran Pemasaran Terhadap Produk Simpanan Pada PT. Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu A.Yani Singaraja. Widya Balina, 6(11), p. 1–6.

Agustina, Dinda Ayu., & Krisnaningsih, Diah. 2023. Pengaruh Penggunaan BSI Mobile Terhadap Kepuasan Nasabah di BSI cabang Jenggolo. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 6(1), p. 179–191.

Anastasia, Mahilda., & Oktafia, Renny. 2021. Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), p. 431–444.

Ardiani, Ninda., Yuliani, Meri., & Masruchin. 2022. Sharia Compliance Contracts Of Muamalat Bank Fund Distribution Products. Perisai : Islamic Banking and Finance Journal, 6(2), p. 126–134.

Asmawati., Trimulato., & Ismawati. 2022. Strategi Pemasaran Produk Tabungan Meningkatkan Minat Masyarakat di Bank Syariah Indonesia KCP Takalar Sulawesi Selatan. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 5(2), p. 169-184.

Asmawiah, Siti Hajar., & Sulistiyo, Hary. 2022. Pengaruh Tabungan Wadiah Dan Giro Wadiah Terhadap Laba Bersih PT Syariah Mandiri Periode 2013-2020. Jurnal Wahana Akuntansi, 17(1), p. 55–67.

Atmoko, Temoteus Prasetyo Hadi. 2018. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), p. 83–96.

Haninda, Rizka Novianty., Indriyani, Novita Dewi., & Qurratu'ain, Izzah Mufidah. 2022. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Kedai Warung Kopi 777 Surabaya. Yos Soedarso Economic Journal (YEC), 4(1), p. 1–11.

Ikhsan, Aditya Maulana., Nur’aeni., & Mintarsih. 2022. SWOT Analysis in the Marketing Strategy for Easy Wadiah Savings Products at Bank Syariah Indonesia, Sub-Branch Office of Buah Batu 2 Bandung. Indonesian Journal of Economics and Management, 3(1), p. 99–105.

Kartajaya, Hermawan., & Sula, Muhammad Syakir. 2006. Syariah Marketing. Penerbit Mizan. Bandung.

Lestari, Diana., Masruchin., & Latifah, Fitri Nur. 2022. Penerapan Strategi Pemasaran Syariah Pada Umkm Franchise Pentol Kabul Dalam Meningkatkan Pendapatan. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(1), p. 216–229.

Meilanti, Meggi., & Fitria, Lailani. 2021. Strategi Pemasaran Produk Tabungan, Giro dan Deposito PT. Bank Sinarmas Tbk Cabang Dumai. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pajak (EJAK), 1(1), p. 30-34.

Muhaeni, Sheilamida Nanda., Apsari, Phatriakalista Intan., Yusron, Moh., & Setiyowati, Arin. 2022. Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Produk Tabungan Easy Wadiah. Musyarakah: Journal of Sharia Economic (MJSE), 2(1), p. 29–42.

Nawawi, Imam., & Permadi, Andrean. 2022. Pengaruh Karakteristik Pemasaran Syariah dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Terhadap PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang. RISK: Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 3(2), p. 25–38.

Ningsih, Desy Dwi Sulastriya., & Maika, M. Ruslianor. 2020. Strategi Bauran Pemasaran 4P Dalam Menentukan Sumber Modal Usaha Syariah Pedagang Pasar di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), p. 693-702.

Ramadhan, Nuzul. 2022. Strategi Pemasaran Produk Tabungan Easy Wadi’ah PT Bank Syariah TBK KCP Medan Pulo Brayan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 1033–1041.

Rismadayanti, Clarisa Eka. 2023. Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Di Bank Syariah Indonesia Kc Jenggola Sidoarjo. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 6(1), 312-323..

Syafa’at, Ahmad., & Wahid, Abdul. 2020. Strategi Pemasaran Produk Sepatu Menggunakan Metode Analisis Swot Dengan Matrik Ifas Dan Efas Di Pt. Bagoes Tjipta Karya. Journal Knowledge Industrial Engineering (JKIE), 7(3), p. 108–117.

Widayanti, Riris Eka., & Oktafia, Renny. 2021. Strategi Pemasaran Berbasis Online Pada Produk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) “Sukses Bersama” Desa Sugihwaras Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(1), p. 242–252.

Windiasari, Dinna., Budianto, Apri., & Bastaman, Irma Darmawati. 2022. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Skincare. Journal of Management Review, 6(3), p. 805–814.

Downloads

Published

2024-05-25