IMPLEMENTASI PEMASARAN ISLAM RASULULLAH DALAM KONTEKS KONTEMPORER

Authors

  • Devi Kurniawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Islam Riau
  • Susie Suryani Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Islam Riau
  • Syamsilasmi Saleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(2).21243

Keywords:

Pemasaran Islam, Nabi Muhammad SAW, Kontemporer

Abstract

Konsep pemasaran Islam merupakan model pemasaran yang unik karena nilai-nilai yang digunakan berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist.  Allah subhana wata’ala mengutus nabi Muhammad SAW untuk memberikan contoh inplementasi nilai-nilai Islam dalam bisnis/perdagangan. Pemasaran profetik adalah sebuah konsep yang menekankan pentingnya nilai-nilai spiritual dan moral dalam proses pemasaran. Rasulullah Muhammad SAW adalah contoh utama dari pemasaran profetik karena beliau telah menerapkan prinsip-prinsip keadilan, kejujuran, dan komunikasi efektif dalam pemasaran, serta bagaimana strategi ini dapat diaplikasikan dalam konteks pemasaran, bahkan sebelum Rasulullah SAW diangkat menjadi Rasul. Kajian ini merupakan kajian pustaka yang menggunakan data sekunder seperti buku-buku, dan jurnal-jurnal ilmiah yang berkaitan dengan nilai Islam, Manajemen dan Bisnis secara konseptual, teoritis dan empiris. Selanjutnya bahan ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan diskriptif interpretif. Implikasi nilai-nilai pemasaran profetik dalam konteks pemasaran modern berupa: 1. integrasi nilai-nilai spiritual pemasaran profetik tidak hanya berfokus pada aspek material, tetapi juga pada aspek spiritual. 2. keterlibatan komunitas strategi pemasaran profetik seringkali melibatkan komunitas dalam proses pemasaran. 3. komunikasi yang efektif komunikasi yang efektif masih sangat relevan dalam konteks pemasaran modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Amir., Nisar, Qasim Ali., Akbar, Mahmood A Husein Ali., & Chenini, Abderrahim. 2019. The Role of Islamic Marketing Ethics Towards Customer Satisfaction. Journal of Islamic Marketing, 11(4), p. 1001-1018.

Al-Nashmi, Murad Mohammed., & Almamary, Abdulkarim Abdullah. 2015. The Relationship Between Islamic Marketing Ethics And Brand Credibility: A Case Of Pharmaceutical Industry In Yemen. Journal of Islamic Marketing, 8(2), p. 261-288.

Arham, A. 2010. Integrating Islamic Marketing with Modern Marketing Strategies. Journal of Islamic Marketing, 2(2), p. 123-134.

El-Bassiouny, Noha M., & Zahran, Nada. 2018. Back To The Future: Historical Nostalgia And The Potentials For Islamic Marketing Research. Journal of Islamic Marketing, 9(1).

Hasan, A. 2008. The Role of Islamic Marketing in Social and Moral Development. Journal of Islamic Marketing, 1(1), p. 5-15

Hasyim, Nurhazirah., & Hamzah, Muhammad Iskandar. 2014. 7P: Tinjauan Literatur Pemasaran Islami dan Bauran Pemasaran Kontemporer. Procedia-Ilmu Sosial dan Perilaku (130), p. 155–159.

Islam, Muhammad Mominul. 2018. Segmenting, Targeting And Positioning In Islamic Marketing. Journal of Islamic Marketing, 12(7), p. 1385-1404.

Kadirov, Djavlonbek., Bahiss, Ibraheem., & Bardakci, Ahmet. 2020. Causality In Islamic Marketing Research Building Consistent Theories And Stating Correct Hypotheses. Journal of Islamic Marketing, 12(2), p. 342-362.

Koku, Paul Sergius., & Jusoh, osman. 2014. Where Do We Go From Here? Towards A Theory In Islamic Marketing. Journal of Islamic Marketing, 5(3), p. 366-378.

Lovelock, C., Wirtz, J. & Chew, P. 2011. Essentials of Services Marketing. Prentice Hall. Singapore.

Rice, Gillian., & Al-Mossawi, Mohammed. 2002. The Implications of Islam for Advertising Messages: The Middle Eastern Context. Journal of Euromarketing, 11(3), p. 71-96.

Saeed, Mohammad., Ahmed, Zafar U., & Mukhtar, Syeda-Masooda. 2001. International Marketing Ethics from An Islamic Perspectives: A Value Maximization Approach. Journal of Business Ethics, 32(1), p. 27-42.

Suandi, Edi., Herri., Yulihasri., & Syafrizal. 2023. An Empirical Investigation of Islamic Marketing Ethics and Convergence Marketing Askey Factors In The Improvement of Islamic Banks Performance. Journal of Islamic Marketing, 14(6), p. 1438-1462.

Tournois, Laurent., & Aoun, Isabelle. 2012. From traditional to Islamic Marketing Strategies Conceptual Issues and Implications for an Exploratory Study in Lebanon. Education, Business and Society: Contemporary Middle Eastern, 5(2), p. 134-140.

Wilson, Jonathan. 2012. Looking at Islamic Marketing, branding and Muslim Consumer Behaviour Beyond the 7P’s The Call for Supportive Course Content and More P’s pleas. Journal of Islamic Marketing, 3(3), p. 212-216.

Downloads

Published

2024-11-30