PENGARUH BERHIJRAH TERHADAP KEPUTUSAN RESIGN PADA KARYAWAN PERBANKAN DI KOTA PEKANBARU

Authors

  • Hidayat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Islam Riau
  • Syaefulloh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Islam Riau
  • Eva Sundari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).15311

Keywords:

Berhijrah, Pengunduran Diri, Karyawan Perbankan

Abstract

Trend berhijrah saat ini juga menjadi fenomena dalam dunia Perbankan Kota Pekanbaru. Keinginan berhijrah tampak dari banyaknya karyawan memutuskan resign dari pekerjaannya. Faktor utamanya adalah motivasi spiritual yang menuntut wajibnya setiap Muslim terikat pada hukum Islam. Dalam bekerja wajib hanya mencari yang halal dan meninggalkan yang diharamkan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sementara, bekerja di Perbankan konvensional bertentangan syariat Islam, karena bertransaksi menggunakan skema bunga (riba). Sebagian kalangan berpendapat bahwa di Perbankan Syariah syubhat dengan riba. Riba secara mutlak diharamkan berdasarkan nash, baik al-Quran maupun as-Sunnah. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “apakah berhijrah berpengaruh terhadap resign pada karyawan di Perbankan Kota Pekanbaru.” Pengumpulan data penelitian menggunakan metode kuantitatif, melalui penyebaran kuesioner kepada 48 karyawan Perbankan yang resign dari pekerjaannya. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier sederhana dengan SPSS 25. Hasil penelitian Uji-t menunjukan bahwa berhijrahnya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan resign pada karyawan Perbankan di Kota Pekanbaru. Hal ini diketahui dari nilai Sig < Alpha yaitu 0.030 < 0.05. Artinya, semakin orang ingin berhijrah, maka semakin tinggi keinginannya untuk resign bekerja di perbankan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adentia, Kisa. 2019. Hijrah Dari Riba: Pengalaman Konversi Agama Pada Mantan Pegawai Bank Syariah. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Al-Ashfahany, Abi al-Qasim Al-Husain Bin Muhammad Al-Ma’ruf Al-Raghib. 1324 H. Al-Mufradat fi Gharib al-Quran. Dar Ihya al-Turath al-Arabi. Beirut.

Al-Jauziyah, Ibnu Qoyyim. 2009. Bekal Hijrah Menuju Allah. Gema

Insani Press. Jakarta.

Al-Jurjani, Ali Ibnu Muhammad. 1978. At-Ta’rifat. Dar Al-Kutub Al-Miyah. Beirut.

Al-Qurthubi, Imam Abu Abdullah Muhammad Bin Abu Bakr Al-Anshari. 2006. Al-Jâmi' li Ahkâm al-Qur'ân. Juz 5. Muassisah Ar-Risalah. Beirut.

Fajriani, Suci Wahyu., & Sugandi, Yogi Suprayogi. 2019. Hijrah Islami Milenial Berdasarkan Paradigma Berorientasi Identitas. SOSIOGLOBAL: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 3(2), p. 77–88.

Ferdinand, Agusty. 2012. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 22. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hair, Joseph F., Anderson, Rolph E., Tatham, R., & Black, William C. 1998. Multivariate data analysis. 5th Edition. Prentice Hall. New Jersey.

Hikmah, Nidya Havisyah. 2021. Pengalaman Komunikasi Anggota Xbank Pekanbaru. JOM FISIP, 8(2), p. 1-13.

Irmansyah. 2020. Pemuda Hijrah: Antara Pietization Dengan Lifestyle Pada Komunitas Hijrah Yuk Ngaji Yogyakarta. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(1), p. 46-56.

Maika, M. Ruslianor., & Kautsar, Irwan Alnarus. 2019. Hiijrah: Islamic E-Commerce Disurpted Strategy. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), p. 57-86.

Nugraha, Risris Hari., Parhan, Muhammad., & Aghnia. (2020). Motivasi Hijrah Milenial Muslim Perkotaan melalui Dakwah Digital. Muharrik : Jurnal Dakwah dan Sosial, 3(2), p. 175-194.

Nuraeni., Ramdhani, Fitri., & Trimulato. 2022. Fenomena Hijrah Pegawai Bank Pada Komunitas Xbank Di Kota Makassar. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(2), p. 169-183.

Nurrahmi, Febri., & Farabuana, Puteri. 2020. Efektivitas Dakwah melalui Instagram. Nyimak: Journal of Communication, 4(1), p. 1-16.

Pamungkas, Adie. 2015. 33 Menit Resign. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Sparks, Paul,. & Shepherd, Richard. 1992. Self-Identity and The Theory of Planned Behavior: Assessing The Role of Identification With Green Consumerism. Social Psychology Quarterly, 55(4), p. 388-399.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta. Bandung.

Umam, Khotibul., & Utomo, Setiawan Budi. 2016. Perbankan Syariah: Dasar-Dasar Dan Dinamika Perkembangannya Di Indonesia. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Wesfix, Tim. 2016. Resign Itu Dipraktekin. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Zamzamy, Ahmad. 2019. Wacana Pertobatan Muslim Indonesia di Media Digital. Jurnal Spektrum Komunikasi, 7(2), p. 64-72.

Downloads

Published

2023-11-30