PARTISIPASI MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM KUANTAN SINGINGI (UNIKS) UNTUK MENABUNG DI BANK SYARIAH TELUK KUANTAN

  • Meri Yuliani Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS)
  • Dian Meliza Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS)
Keywords: Partisipasi, Mahasiswa, Perbankan Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi mahasiswa perbankan syariah UNIKS untuk menabung di bank syariah Teluk Kuantan serta faktor pendukung dan penghambat partisipasi mahasiswa perbankan syariah UNIKS untuk menabung di bank syariah Teluk Kuantan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan deskripstif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih kurangnya partisipasi mahasiwa program studi perbankan syariah UNIKS untuk menabung di bank syariah, karena hanya sedikit mahasiswa perbankan syariah yang menabung di bank syariah Teluk Kuantan akan tetapi semuanya sudah menggunakan jasa perbankan hanya saja dalam pembayaran uang kuliah. Sedangkan yang menjad faktor pendukung mahasiswa untuk menabung di bank syariah UNIKS adalah karena mereka sudah dibekali pengetahuan dan pemahaman tentang bank syariah, sehingga mereka tertarik menggunakan produk bank syariah khususnya produk tabungan wadi’ah dan yang menjadi faktor penghambat mahasiswa tidak berpartisipasi untuk menabung di bank syariah karena terkendala syarat administrasi, kekurangan dana yang akan ditabung, dan karena kurang luasnya jaringan bank syariah seperti tidak adanya bank syariah ditempat tinggal mahasiswa tersebut sehingga ada mahasiswa yang masih bertransaksi menggunakan bank konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Gema Insani. Jakarta.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2002. Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Bank Syariah. Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia. Jakarta.
Lestari, Nur Melinda. 2015. Sistem Pembiayaan Bank Syariah. Grafindo Book Media. Jakarta.
Muhamad. 2015. Manajemen Dana Bank Syariah. PT RajaGRafindo Persada. Jakarta.
Prasetyo, Bambang dan Miftahul Jannah, Lina. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Soemitra, Andi. 2010. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Kencana. Jakarta.
Sudaryono. 2017. Metode Penelitian. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Wangsawidjaja. 2012. Pembiayaan Bank Syariah. PT Gramedia. Jakarta.
Published
2019-11-15
Abstract viewed = 21 times
PDF downloaded = 0 times