PERBANKAN SYARIAH: SEBUAH KAJIAN KEPUASAN PELAYANAN NASABAH DI KOTA PEKANBARU

Authors

  • Boy Syamsul Bakhri Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Islam Riau
  • Daharmi Astuti Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Islam Riau
  • Khairunnisa Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).8306

Keywords:

Kepuasan Pelayanan, Perbankan Syariah, Kota Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini didasari oleh perbankan syariah di Kota Pekanbaru yang saling berupaya dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada nasabahnya. Namun sebelum itu, penting juga dikaji pengetahuan nasabah pada produk dan fasilitas layanan di perbankan syariah, alasan nasabah memilih bank syariah, serta  alasan nasabah memanfaatkan kedua jenis bank (syariah dan konvensional). Hasil penelitian menemukan bahwa masih banyak nasabah bank syariah yang tidak mengetahui tentang produk spesifik bank syariah seperti produk musyarakah, produk mudharabah, produk ijarah, serta jasa rahn. Hasil penelitian juga menemukan bahwa alasan agama merupakan faktor utama bagi nasabah dalam memilih bank syariah. Adapun faktor kemudahan akses untuk ke lebih banyak cabang merupakan alasan utama nasabah memanfaatkan kedua jenis bank. Akhirnya, hasil penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar nasabah bank syariah puas terhadap berbagai macam aspek pelayanan yang diberikan bank syariah, adapun lima aspek pelayanan dengan tingkat kepuasan nasabah tertinggi adalah keramahan staf bank syariah, nama dan citra bank syariah, kecakapan karyawan bank syariah, kerahasiaan data nasabah bank syariah, serta berbagai macam fasilitas yang ditawarkan oleh bank syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Y. Rahmat., Zain, Irsyadi., & Nuraini, Putri. 2019. Analisis Dimensi Service Marketing Mix Sebagai Pengukur Kepuasan Nasabah Bank Syariah di Pekanbaru. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 2 (2), p. 1-15.

Junaedi, Achmad Tavip., Hadiwidjojo, Djumilah., Troena, Eka Afnan., & Triyuwono, Iwan. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keadilan, dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi pada Nasabah Bank Syariah di Provinsi Riau). Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(1), p. 161-176.

Khattak, Naveed Azeem., & Kashif-Ur-Rehman, 2010, Costumer Satisfaction and Awareness of Islamic Banking System in Pakistan, African Journal of Business Management, 4(5), p. 662-671.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.

Marimuthu, Maran., Jing, Chan Wai., Gie, Lim Phei., Mun, Low Pey., & Ping, Tan Yew. 2010. Islamic Banking: Selection Criteria and Implications. Global Journal of Human Social Science, 10(4), p. 52-62.

Mulyawan, Rahman. 2016. Birokrasi dan Pelayanan Publik. Unpad Press. Sumedang.

Naser, Kamal., Salem, Athmar., & Nusaibah, Rana. 2013. Costumers Awareness and Satisfaction of Islamic Banking Products and Services : Evidence from the Kuwait Finance House. International Journal of Marketing Studies, 5(6), p. 185-199.

Naser, Kamal., Jamal, Ahmad., & Al-Khatib, Khalid. 1999. Islamic Banking: A Study of Costumer Satisfaction and Preference in Jordan, International Journal of Bank Marketing, 17(3), p. 135-150.

Othman, Abdul Qawi., & Owen, Lyyn. 2001. Adopting and Measuring Costumer Service Quality (SQ) In Islamic Banks: A Case Study in Kuwait Finance House. Journal International of Islamic Financial Service, 3(1).

Putra, Rizky Pratama., & Herianingrum, Sri. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank BRI Syariah Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 1(9), p. 622-635.

Riduwan. 2014. Pengantar Statistika Sosial. Alfabeta. Bandung.

Suryani dan Hendryadi. 2015 Metode Riset Kuantitatif : Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Kencana. Jakarta.

Susyanti, Jeni. 2016. Pengelolaan Lembaga Keuangan Syariah. Empat Dua. Malang.

Tjiptono, Fandy. 2009. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Andi. Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-12-19