PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TEKNIK PROMOSI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA KC JENGGOLO

Authors

  • Rasyid Abi Sandi Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fitri Nur Latifah Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(1).13944

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Teknik Promosi, Kepuasan Nasabah

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan teknik promosi terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KC Jenggolo. Bank Syariah Indonesia sendiri sangat menjaga kualitas pelayanan dan teknik promosi secara maksimal dalam menarik minat nasabah menggunakan produknya dengan ini nantinya nasabah akan mendapatkan kepuasan ketika menggunakan produk dari Bank Syariah Indonesia KC Jenggolo. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan membagikan kuesioner kepada 50 responden nasabah Bank Syariah Indonesia KC Jenggolo yang diuji menggunakan software  SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KC Jenggolo dengan nilai signifikan 0.001. Teknik promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KC Jenggolo dengan nilai signifikan 0.018. Kemudian kualitas pelayanan dan teknik promosi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KC Jenggolo dengan nilai signifikan 0.000.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, Daniel Okky Rizki Kesuma., Fathoni, Aziz., & Hasiolan, Leonardo Budi. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cke Teknik Semarang. Journal of Management, 4(4), p. 1–22.

Aditia., Komara, Anton Tirta., Roslina, Nita Yura., & Jatmika, Lungguh. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Salah Satu Perusahaan Jasa Tranportasi di Kota Bandung). Acman: Accounting and Management Journal, 1(2), p. 104–114.

Anjeli, Pinky., Maslichah., & Alrasyid, Harun. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Muamalat KCP Kota Pasuruan. El-Aswaq: Islamic Economics and Finance Journal, 3(1), p. 1-15.

Gofur, Abdul. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), p. 37–44.

Madona, Fitri. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang 16 Ilir Palembang. Tugas Akhir, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Maretha, Eka Vebryl., Latifah, Fitri Nur., & Masruchin. 2022. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Mahasiswa Sidoarjo Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), p. 205-212.

Maskuri, Muh Ali. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(03), p. 183–192.

Nasfi., Rahmad., & Sabri. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 4(1), p. 19-38.

Putra, Arya Maman. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. BCA Cabang Kanjengan Semarang. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Ramadhani, Harish Muhammad., Rahmi, Mira., & Fathoni, Muhammad Anwar. 2021. Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Promosi, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank. Proceeding Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 2(1), p. 689–704.

Silvanita. 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada BMT BUM Cabang Adiwerna. Tugas Akhir, Program Studi D3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal.

Siregar, Farhan Alqodri. 2019. Pengaruh Cyber Branding dan Brand Awareness terhadap Buying Decision pada Produk Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Susilo, Y. Sri. 2010. Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM Dalam Menghadapi Implementasi CAFTA Dan MEA. Buletin Ekonomi Agustus, 8(2), p. 70–170.

Wulandari, Suci. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bertransaksi Di Masa Pandemi Pada PT. BPRS Carana Kiat Andalas KC Padang Panjang. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Batuangkar.

Yogiarto, Atanasius Hardian Permana. 2015. Pengaruh Bagi Hasil, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Muamalat Pekalongan). Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-08-06