STRATEGI BAURAN PEMASARAN 4P DALAM PRODUK PEMBIAYAAN KUR SYARIAH DI PEGADAIAN SYARIAH

Authors

  • Adhelia Sucitra Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fitri Nur Latifah Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(1).13945

Keywords:

Bauran Pemasaran, Modal Usaha, Pasar Tradisional

Abstract

Penelitian ini membahas dua alasan utama yang dapat mempengaruhi keputusan pedagang pasar dalam memilih sumber modalnya, yaitu berdasarkan kebutuhan modal usaha dan pemasaran dengan bauran pemasaran 4P. Data diperoleh melalui wawancara dengan pedagang pasar tradisional di Kabupaten Sidoarjo dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan analisis data primer yang diolah dalam aplikasi atlas.ti 9 untuk mencapai struktur dan data yang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran 4P yang dilakukan oleh lembaga keuangan dalam menarik pedagang untuk memilih sumber modal usahanya yaitu KUR syariah dan apakah pengetahuan pedagang tentang riba dan lembaga keuangan syariah dapat mengubah keputusan tersebut. Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat tentang riba dan pegadaian syariah tidak berpengaruh dalam menentukan minat masyarakat dalam memilih sumber modal usaha, sedangkan bauran pemasaran dapat menarik pedagang dalam menentukan dimana mereka akan melakukan pinjaman sumber daya usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Djamila. 2018. Pengaruh Modal Usaha, Orientasi Pasar, dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), p. 95–111.

Al Farabi, Fari. 2020. Analisis SWOT terhadap Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan pada Pegadaian Syariah (Studi pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Meulaboh). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Amanda, Praiselia. 2015. Kajian Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian Pada Bank BRI Kantor Cabang Tondano. Skripsi, Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado.

Elvira, Rini. 2017. Strategi Produk, Penetapan Harga, Promosi, dan Lokasi Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Arrum (Studi : PT. Pegadaian Syariah Cabang Simpang Sekip Kota Bengkulu). Jurnal Baabu Al-Ilmi: Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(2), p. 53-69.

Fathoni, Muhammad Anwar. 2018. Konsep Pemasaran dalam Perspektif Hukum Islam. Jurisdictie : Jurnal Hukum Dan Syariah, 9(1), p. 128-146.

Lestari, Diana., Masrchin., & Latifah, Fitri Nur. 2022. Penerapan Strategi Pemasaran Syariah Pada UMKM Franchise Pentol Kabul Dalam Meningkatkan Pendapatan. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance 5(1), p. 216-229.

Maesaroh. 2016. Perilaku Masyarakat Dalam Memilih Pembiayaan. Al-Iqtishad: Journal of Islamic Economics, 2(2), p. 1-30.

Mongkito, Abdul Wahid., Putra, Trino Wardy., Imran, Muhammad., Novita, Kiki., & Ansar, Andi Nasrawati. 2021. Implementasi Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro Syariah Dalam Pengembangan Usaha Mikro. Robust : Research of Business and Economics Studies, 1(1), p. 91-104.

Muali, Chusnul., & Nisa, Khoirun. 2019. Pemasaran Syariah Berbantuan Media Sosial : Kontestasi Strategis Peningkatan Daya Jual. Al-Nisbah : Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), p. 168-185.

Munizu, Musran. 2012. Strategi Bauran Pemasaran dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 5(2), p. 2–8.

Noviana, Dewi. 2023. Strategi Bauran Pemasaran Produk Pembiayaan Cicil Emas pada Bank Syariah Indonesi KCP Pare Supratman. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Rahma, Elvira. 2022. Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas pada Bank Syariah Indonesia (Studi KCP Masamba). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Sefudin, Akhmad. 2014. Redefinisi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 4P ke 4C (Studi Kasus pada Universitas Indraprasta PGRI). Journal of Applied Business and Economics, 1(1), p. 17–23.

Sondakh, Kenzi., Tumbel, Altje L., & Roring, Ferdy. 2023. Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan KREASI di PT. Pegadaian cabang Manado Selatan. EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(1), p. 1329-1337.

Tishwanah, Nuris., Sandi, Rasyid Abi., & Bakri, Nurul Auliyah. 2023. Strategi Bauran Pemasaran 4P Produk Gadai Emas pada Pegadaian Syariah. AL-IQTISHOD : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam, 2(1), p. 84-97.

Downloads

Published

2023-08-11