ANALISIS IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH PADA PRODUK TABUNGAN EMAS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN NASABAH PT. PEGADAIAN CABANG SIDOARJO

Authors

  • Ulfiyah Masrurin Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fitri Nur Latifah Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(1).16591

Keywords:

Akad Murabahah, Tabungan Emas, Kesejahteraan Nasabah

Abstract

Implementasi akad pada suatu produk saat ini sedang banyak dipertanyakan, apakah akad yang terdapat dalam suatu produk tersebut sudah terjalankan dengan baik ataukah tidak. Penelitian kali ini membahas tentang analisis implementasi akad murabahah di produk Tabungan Emas dalam mempertinggi kesejahteraan nasabah PT. Pegadaian cabang Sidoarjo. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah implementasi akad murabahah di produk Tabungan Emas telah terjalankan menggunakan baik ataukah tidak dalam menaikkan kesejahteraan nasabah PT. Pegadaian cabang Sidoarjo, dengan menggunakan metode kualitatif ini merupakan metode penelitian dimana metode tersebut digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. Setelah peneliti melaksanakan penelitiannya dengan mewawancarai 3 pegawai dan 3 nasabah PT. Pegadaian cabang Sidoarjo diperoleh hasil bahwa implementasi akad murabahah pada produk Tabungan Emas sudah terjalankan dengan baik dan benar sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan nasabah PT. Pegadaian cabang Sidoarjo. Penelitian ini sudah  dijalankan dengan sebaik-baiknya sehingga bisa digunakan sebaai referensi bahan untuk peneliti selanjutnya dengan tema yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Ali Nur., & Nurrohmah, Siti. 2020. Pengaruh Pembiayaan Murabahah Terhadap Kesejahteraan Nasabah. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 5(1), p. 1-19.

Aini, Ivanka Mira Nur., & Maika, M. Ruslianor. 2022. Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Lantabur Tebuireng Sidoarjo. Syarikat Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(2), p. 128-142.

Anam, Khoirul., & Riyanta. 2022. Telaah Maqasid Syariah Terhadap Pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12(2), p. 201-226.

Dewi, Listika Martha. 2018. Analisis Implementasi Akad Murabahah Pada Produk Tabungan Emas Dalam Meningkatkan Keuntungan Dana Titipan Nasabah Di Pegadaian Syariah. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ghulam, Zainil. 2016. Implementasi Maqashid Syariah dalam Koperasi Syariah. Iqtishoduna Jurnal Ekonomi Islam, 5(1), p. 90-112.

Maharani, Nine Septa. 2020. Pengaruh Promosi dan Fluktuasi Harga Emas Terhadap Minat Nasabah pada Produk Tabungan Emas. Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah, 2(1), p. 57-78.

Marchelina, Anna Nur. 2020. Implementasi Akad Murabahah pada produk Tabungan Emas berdasarkan Prinsip Ekonomi Islam (Studi kasus Pegadaian Syariah Iring Mulyo). Skirpsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Miftahuddin, Abdul Hafidz., & Qibtiyah, Ulfa Mariyatul. 2022. Pendekatan Maqashid Al-Syariah Sebagai Metode Penggalian Hukum Islam. Jas Merah Jurnal Hukum Dan Ahwal Al-Syakhsiyyah, 1(2), p. 158-170.

Musolli. 2018. Maqasid Syariah: Kajian Teoritis dan Aplikatif Pada Isu-Isu Kontemporer. At-Turas : Jurnal Studi Keislaman, 5(1), p. 60-82.

Priantika, Mela., Wulandari, Sari., & Habra, Mhd Dani. 2021. Harga Emas Terhadap Minat Nasabah Berinvestasi Menggunakan Produk Tabungan Emas. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), p. 8-12.

Rosiyani, Novia., & Hasyim, Fuad. 2023. Analisis Pengaruh Minat Generasi Milenial Dalam Menggunakan Produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah. Jeksyah Islamic Economics Journal, 1(2), p. 65-79.

Saputri, Apik Anitasari Intan., & Islamy, Athoillah. 2021. Nilai-Nilai Maqasid Syariah dalam Fungsi Keluarga di Tengah Pandemi Covid-19. Al-Qisthu: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Hukum, 19(1), p. 1-15.

Sari, Mirna. 2021. Implementasi Akad Murabahah Pada Produk Tabungan Emas Di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah (UPS) Semangka. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Supriyadi., & Qusyairi, M. 2022. Analisis Implementasi Akad Murabahah Pada Produk Tabungan Emas Di Pegadaian Syariah Cabang Prenduan. Economics And Business Management Journal, 1(4), p. 289-298.

Syauqoti, Roifayus., & Ghozali, Mohammad. 2018. Aplikasi Akad Murabahah Pada Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Masharif al-Syariah : Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(1), p. 1-20.

Downloads

Published

2024-07-07