MANAJEMEN PEMASARAN SYARIAH BERBASIS DIGITAL PADA TABUNGAN EASY WADIAH DI BSI KCP LAMONGAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT NASABAH

Authors

  • Ayu soraya Fakultas Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura
  • Farid Ardyansyah Fakultas Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).14516

Keywords:

Manajemen Pemasaran Syariah, Tabungan Easy Wadiah, Bank Syariah

Abstract

Teknologi yang semakin berkembang memberikan kemudahan dalam instansi perbankan baik perbankan syariah maupun konvensional untuk memanfaatkan kemajuan teknologi. Oleh karena itu BSI KCP Lamongan dituntut untuk bisa memanfaatkan media digital sebagai sarana untuk memasarkan produk tabungan easy wadiah agar lebih dikenal dan mendapatkan peminat yang cukup banyak. Akan tetapi kegiatan pemasaran syariah berbasis digital ini belum sepenuhnya terealisasikan secara maksimal dilihat dari diagram yang mengalami penurunan. Dalam hal ini perlu dilakukan kajian mendalam melalui penelitian kualitatif tetang manajemen pemasaran syariah berbasis digital pada tabungan easy wadiah di BSI KCP Lamongan. yang nantinya diharapkan bisa meningkatan dan mengembangkan BSI KCP Lamongan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, pengambilan data nasabah untuk produk tabungan easy wadiah dan didukung oleh data lain yang seperti jurnal, buku dan skripsi yang terkait dengan menggunakan teknik analisa yang digunakan yakni meredukasi, menyajikan data dan memberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar dalam mempromosikan dengan memanfaatkan media sosial seperti Whatsaap Business, Instagram, web form BSI dan BSI Mobile Banking. Dari hasil memanfaatkan media tersebut mengalami peningkatan jumlah nasabah yang melakukan aktivitas pembukaan rekening untuk tabungan easy wadiah di BSI KCP Lamongan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agneza, Sherlei., Jalaludin., & Rinawati. 2022. Praktek Tabungan Easy Wadiah Bank Syariah Indonesia dalam Perspektif Fatwa No. 02/DSN-MUI/IV/2000. JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah), 2(1), p. 68–82.

Andespa, Roni. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah. Al-Masraf : Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 2(1), p. 43-57.

Assuri, Mohammad. 2022. Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Bidang Manajemen Pemasaran Syariah Untuk Meningkatkan Bisnis Jajanan Rumahan Di Desa Sokobanah Daya Kecamatan Sokobanah Kabupaten Sampang. Investi : Jurnal Ekonomi dan Perbankan, 3(2), p. 486-499.

Azharii, Yayuk., & Dahruji. 2023. Analisis Penerapan Prinsip–Prinsip Syariah Pada Koperasi Pemasaran Syariah Ikhlas Beramal Bangkalan. Kabilah: Journal of Social Community, 8(1), p. 822-828.

Deiwi, Novi Yanti Sandra. 2022. Manajemen Pemasaran Syariah Berbasis Digital pada Homestay di Lombok Sebagai upaya Peningkatan Wisata Halal. Seminar Nasional LPPM Ummat Universitas Muhammadiyah Mataram, 1(1), p. 552-557.

Fahrullah, A’rasy., Aji, Tony Seino.i, Prabowo, Prayudi Setiawan., & Ridlwan, Ahmad Ajiib. 2022. Penguatan Potensi Produk Unggulan Desa melalui Strategi Marketing Syariah berbasis Digital di Desa Rombia Kabupaten Sumenep. Inpirasi : Jurnal Pengabdian dan Permberdayaan Masyarakat, 2(1), p. 49-60.

Fiantika, Feny Rita., Wasil, Mohammad., Jumiyati, Sri,,., Honesti, Leli., Wahyuni, Sri., Mouw, Erland., Jonata., Mashudi, Imam., Hasanah, Nur., Maharani, Anita., Ambarwati, Kusmayra., Noflidaputri, Resty., Nuryami., Waris, Lukman. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan pertama. PT. Global Eksekutif Teknologi. Sumatera Barat.

Ficky, Anwar. 2022. Strategi Pemasaran Produk Tabungan Easy Wadiah Di Bank Syariiah Iindoneisiia Kantor Kas Yogyakarta FTS UII. Laporan Magang, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia.

Firdausi, Fiirna Nahwa., & Ardyansyah, Farid. 2023. Implementation of Sharia Marketing Strategy as a Solution to Increase Linkaja Syariah Consumer Loyalty. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 13(1), p. 74-82.

Haddar, Gamar Al., & Juliano, Maulana Adam. 2021. Analisis Media Pembelajaran Quizizz dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL Ilmu Pendidikan, 3(6), p. 4794–4801.

Parakkasi, Idris. 2020. Pemasaran Syariah Era Digital. Cetakan Pertama. Penerbit Lindan Lestari. Bogor.

Rakib, Muhammad, Baharrudin, Siti Mujahidah., Hastutik, Sri., & Sumarsih. 2022. Strategi Pemasaran Bisnis. Penerbit Media Sains Indonesia. Bandung.

Sahla, Hilmiatus. 2019. Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(2), p. 57-61.

Sihombing, Nikous Soter., Pardede, Erwin., Sihombing, Anton., & Dewantara, Nowell. 2022. Pemasaran Digital. Cetakan Pertama. Penerbit CV. Pena Persada. Banyumas.

Tonriady, David. 2022. Pemenuhan Hak Atas Informasi Nasabah Pengguna Produk Tabungan Easy Wadiah pada BSI di Bengkulu. Skripsi, Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-11-30