PERAN BAURAN PEMASARAN DAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN MINAT MENABUNG DI KSPPS BMT NU JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).9579Keywords:
Bauran Pemasaran, Digital Marketing, Minat MenabungAbstract
KSPPS BMT NU Jombang menerapkan strategi bauran pemasaran dan digital marketing untuk menarik minat menabung di KSPPS BMT NU Jombang. Namun, strategi tersebut terdapat permasalahan yang terjadi yaitu salah satunya karyawan yang tidak mentaati peraturan (menonton film di HP dan memutar musik dengan keras saat melayani nasabah), akibanya banyak nasabah yang tidak nyaman terhadap pelayanan yang telah diberikan sehingga dapat menurunkan minat menabung di KSPPS BMT NU Jombang. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran, digital marketing terhadap minat menabung di KSPPS BMT NU Jombang. Metode yang digunakan menentukan sampel yaitu purposive sampling. Data dikumpulkan dari penyebaran kuesioner. Pendekatan penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di KSPPS BMT NU Jombang dan secara parsial variabel digital marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di KSPPS BMT NU Jombang karena digital marketing yang dilakukan belum memberikan hasil yang baik sebab masyarakat kurang memahami produk di KSPPS BMT NU Jombang, sehingga digital marketing kurang menimbulkan minat masyarakat untuk menabung di KSPPS BMT NU Jombang. Pada hasil pengujian secara simultan variabel bauran pemasaran dan digital marketing berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di KSPPS BMT NU Jombang.
Downloads
References
Akbar, K. 2013. Strategi Pemasaran & Terapan. Penerbit Offset. Yogyakarta.
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. cetakan kesembilan. Alfabeta. Bandung.
Andrian. 2019. Digital Marketing dan Ragam Produk pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016). Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1), p. 14–24.
Anwar, Khoerul. 2021. Pengaruh Digital Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Dealer Yamaha PT. Permata Motor Karawang). Skripsi, Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Stan-Indonesia Mandiri Bandung.
Ardiansyah, Prama Wildan., & Nilowardono, Sengguruh. 2019. The Influence of Brand Image, Product Innovation and Social Media Marketing on Samsung Smartphone‘s Buying Interest: Case Study on Narotama University Students. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship And Business Development), 2(2), p. 210–217.
Clarissa. 2020. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Shopee (studi kasus pada mahasiswa di kota Palembang). Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya.
Dahiya, Rekha., & Gayatri. 2018. A Research Paper on Digital Marketing Communication and Consumer Buying Decision Process: An Empirical Study in the Indian Passenger Car Market. Journal of Global Marketing, 31(2), p. 73–95.
Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Bandung.
Desai, Vaibhava. 2019. Digital Marketing: A Review. Internasional Journal of Trend in Scientific Research and Development (IJTSRD), 6(7), p. 196-200.
Dewi, Trivillia Purnama. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Di Nasmoco Mlati Yogyakarta. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Endico, Samuel Gianluca. 2021. The Influence of Products, Prices , Sales Promotions, Direct and Digital Marketing on Buying Interest. Jurnal Ekonomi, 10(01), p. 22-27.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan IBM SPSS. 7th edn. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali, Imam. 2016 Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. 8th edn. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Hariyanto., & Nafi’ah, Bariyyatin. 2022. Analysis of Factors Affecting on Saving Intention in Islamic Bank : The Case in Indonesia. JIEI (Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam), 8(1), p. 28-38.
Ibrahim, Mochamad Maulana., & Irawan, Rahmat Edi. 2021. Pengaruh Konten Media Sosial Terhadap Sumber Informasi Pandemi Covid-19. Jurnal Representamen, 7(02), p. 75-90.
Kasmiyati. 2019. Pengaruh Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen pada PT. Suracojaya Abadi Motor Cabang Sungguminasa Kabupaten Gowa. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.
Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran. kesebelas. PT. Indeks, Kelompok Gramedia. Jakarta.
Kotler, Philip., & Amstrong, Garry. 2012. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1 (alih bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan). Penerbit Prenhalindo. Jakarta.
Manumpil, Anggraini., Mananeke, Lisbeth,. & Samadi, Rritty L. 2021. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Produk Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA, 9(3), p. 1808-1818.
Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media. Bandung.
Pertiwi, Dewanti., & Gusfa, Henni. 2018. Pengaruh Content Marketing Terhadap Pembentukan Brand Awareness Pada Kalbis Institute. Jurnal Media Kom, 8(2), p. 45-57.
Peter, J. Paul., & Olson, Jerry C. 2013. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Purwana, Dedi., Rahmi, R., & Aditya, Shandy. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), p. 1-17.
Rahmawati, Yosin. 2019 Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Toko Cahaya Murah Kecamatan Jenangan). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Ramadhan, Syahrir. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Minat Beli Benih Padi Hibrida Besubsidi di Daerah Kediri Lombok Barat pada PT. Pertani (Persero) Unit Produksi Benih Kediri. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram.
Rezvani, Samin., Dehkordi, Goodarz Javadian., Rahman, Muhammad Sabbir., Fouladivanda, Firoozah., Habibi, Mahsa., & Eghtebasi, Sanaz. 2012. A Conceptual Study on the Country of Origin Effect on Consumer Purchase Intention. Asia Social Science, 8(12), p. 205-215.
Satriyono, Gandung., Nurlaely, N. and Samsu, N. 2019. The Analysis of Social Media Marketing toward Buying Interest (Case Study at J.Co Donnuts And Coffee Kediri). Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 383, p. 526–530.
Siregar, S. 2013. Penelitian Kuantitatif. Prenada Media Group. Jakarta.
Sodikin, Ikin., & Wachjuni. 2020. The Influence of Online Media Advertising and Product Quality on Honda Mobilio Buying Interest Through Brand Awareness. Indonesian Journal Of Business And Economics, 3(2), p. 517-528.
Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sujawerni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru. Yogyakarta.
Tanu, K. 2020. Manfaat Pemasaran Media Sosial Dan Kemudahan Akses Terhadap Minat Beli Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Pada Online Store Tokopedia Dengan Populasi Masyarakat Kota Bandung. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan, 16(2), p. 86-105.
Tjiptono, Fandy., & Diana, Anastasia. 2016 Pemasaran Esensi dan Aplikasi. CV Andi Offset. Yogyakarat.
Widyaningrum, Niam Ayu. 2017. Dampak Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Crispy Rice Crackers. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(6), p. 635–641.