FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI MILENIAL PADA PRODUK SYARIAH DI PASAR MODAL

Authors

  • Windiya Saputri Kajian Timur Tengah dan Islam, Sekolah Kajian Strategik dan Global, Universitas Indonesia
  • Nurwahidin Kajian Timur Tengah dan Islam, Sekolah Kajian Strategik dan Global, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7805

Keywords:

Keputusan Investasi, Generasi Milenial, Produk Syariah

Abstract

Generasi milenial adalah target potensial bagi pasar modal. Karakter tertentu yang dimiliki oleh golongan investor ini mempengaruhi keputusan investasi mereka di pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi keputusan investasi generasi milenial dengan kriteria tertentu dalam pembelian produk syariah di pasar modal, baik saham syariah, rekasadana syariah, maupun sukuk. Penelitian ini menggunakan variabel return, atribut syariah, dan jenis kelamin sebagai variabel yang digunakan untuk mengukur keputusan investasi milenial terhadap produk-produk syariah di pasar modal. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa secara parsial, hanya variabel return yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi, sedangkan dua variabel lainnya yaitu atribut syariah dan jenis kelamin berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan investasi. Pengujian secara simultan juga dilakukan dan diperoleh hasil bahwa secara simultan return, atribut syariah, dan jenis kelamin berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi. Berdasarkan nilai R2, model dalam penelitian ini terlihat cukup baik, dimana variabel return, atribut syariah, dan jenis kelamin berkontibusi sebesar 46,7% dalam menjelaskan variasi variabel keputusan investasi milenial di pasar modal. Pengembangan penelitian berikutnya dapat dilakukan dengan menambah jumlah variabel independen dan jumlah sampel dalam penelitian untuk hasil yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Sadeq. 2017. Factor Influencing Individual Investor Behaviour: Evidence from Kuwait Stock Exchange. Asian Social Science, 15(3), p. 27-39.

Agustin, Pramita., & Mawardi, Imron. 2014. Perilaku Investor Muslim dalam Bertransaksi Saham di Pasar Modal. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 1(12), p. 874-892.

Al-Afifi, Ahmed A.M. 2014. The Impact of: Financial Literacy, Religious Belief, Brokerage Firms on Palestinian Investor’s Behaviour (Exploratory Study on The Individual Investor in Gaza Strip). Journal od Human and Sciences Al-Azhar University, 1(16), p. 1-34.

Al-Tamimi, Husein A. Hasan. 2006. Factors Influencing Individual Investor Behavior: An Empirical study of the UAE Financial Markets. Unpublished master’s thesis, University of Sharjah, Sharjah, U.A.E.

Frey, William H. 2018. The Millennial Generation: a Demographic bridge to America’s Diverse Future. Report, Brookings.

Hartono, Jogiyanto. 2019. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Keenam. BPFE. Yogyakarta.

Islamic Financial Service Board. 2019. Islamic Financial Service Industry Stability Report. Malaysia: Bank Negara Malaysia.

Malik, Ahmad Dahlan. 2017. Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri UISI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(1), p. 61-84.

Mudrikah, Siti. 2018. Analisis Pengaruh Persepsi Return pada Keputusan Berinvestasi di Saham Syariah dengan Pengetahuan sebagai Variabel Moderasi. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.

Nachrowi, Nachrowi Djalal., & Hardius, Usman. 2008. Penggunaan Teknik Ekonometri. Jakarta. Raja Grafindo.

Putri, Ramadhani Anendy., & Isbanah, Yuyun. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Investasi pada Investor Saham di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), p. 197-209.

Rahim, N. 2016. Consumer Behaviour, Perception and Planning Towards Halal Marketing. in Mutum, D., Butt, M. and Rashid, M. (Ed.): Advances in Islamic Finance, Marketing, and Management: An Asian Perspective, p. 271-307.

Smith, Travis J. dan Tommy Nichols. 2015. Understanding the Millennial Generation. Journal of Business Diversity, 15(1), p. 39-47.

Yuliati, Lilis. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi Sukuk. Walisongo, 19(1), p. 103-126.

Downloads

Published

2021-11-06