ANALISIS STRATEGI PT. FAC SEKURITAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH INVESTOR DI PASAR MODAL SYARIAH

Authors

  • Wahyu Agung Saputra Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Romi Adetio Setiawan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Evan Stiawan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).15704

Keywords:

Investasi, Persepsi, Minat, Pasar Modal Syariah

Abstract

Tingkat kualitas perekonomian masyarakat yang masih rendah dan masih banyaknya generasi milenial yang belum mengenal investasi di pasar modal syariah. Penelitian ini bertujuan menjelaskan analisis strategi yang digunakan PT. FAC Sekuritas Perwakilan Bengkulu dalam meningkatkan jumlah investor di pasar modal syariah dan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap minat berinvestasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif dengan pendekatan deskriptif. Dari hasil penelitian dan pembahasan ditemukan bahwa PT. FAC Sekuritas Perwakilan Bengkulu menggunakan beberapa strategi untuk meningkatkan jumlah investor di pasar modal syariah yaitu dengan networking, menyebarkan brosur, melaksanakan program edukasi tentang pasar modal, dan memanfaatkan berbagai media, kemudian persepsi mahasiswa terhadap minat berinvestasi mengungkapkan bahwa 62% peserta memiliki persepsi positif terhadap investasi, sedangkan 32% memiliki persepsi negatif. Hal ini disebabkan oleh faktor internal seperti perasaan, pengalaman, sikap, dan kepribadian, serta faktor eksternal seperti pengetahuan, dan informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

David, Fred R. 2013. Strategic Management: Concept and Case. Prentice Hall. New Jersey.

Hadi, Nor. 2013. Pasar Modal: Acuan Teoritis Dan Praktis Investasi Di Instrumen Keuangan Pasar Modal. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Haidir, M. Samsul. 2019. Pengaruh Pemahaman Investasi, dengan Modal Minimal Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Melakukan Investasi Di Pasar Modal Syariah, Jurnal Istiqro: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi dan Bisnis, 5(2), p. 198-211.

Hati, Shinta Wahyu., & Harefa, Windy Septiani. 2019. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Bagi Generasi Milenial. Journal of Applied Business Administration, 3(2), p. 281-295.

Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi (Edisi III). BPFE. Yogyakarta.

Nizar, Chairul., Hamzah, Abubakar., & Syahnur, Sofyan. 2013. Pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi serta Hubungannya Terhadap Tingkat Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Pasca Sarjana Universitas Syah Kuala, 1(2), p. 1-8.

Nugraha, Ugi. 2015. Hubungan Persepsi, Sikap dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 1(1), p 1-10.

Priansa, Donni Juni. 2007. Perilaku Konsumen : Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta. Bandung.

Rikantasari, Shelvyna. 2011. Pengambilan Keputusan Investasi Generasi Y Dan Strategi Peningkatan Jumlah Nasabah Terhadap Produk Tabungan Emas Di Pegadaian Syariah Cabang Babakan, Kota Surabaya. Tesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Setiawan, Romi Ade. 2015. Peranan Pasar Modal Dalam Perekonomian Ummat Islam. AL-INTAJ, 1(1), p. 37-51.

Siregar, Budi Gautama. 2017. Strategi Bersaing Dalam Menigkatkan Jumlah Nasabah PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padang Sidimpuan. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 03(1), p. 39-56.

Stiawan, Evan. 2010. Pasar Modal Syariah : Modul Laboratorium. CV. Sinar Jaya Berseri. Bengkulu.

Syaifullah, Muhammad., Fachrurazi., Achmad, Firdaus., Usman, Sandi Adji., & Wahyuni, Rizki. 2013. Manajemen Strategi Galeri Investasi Syariah Dalam Meningkatkan Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah. Al Mashrafiyah : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah, 3(2), p. 108-127.

Umar, Husein. 2001. Strategi Managemen: Konsep, Teori dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David, dan Wheelen-Hunger. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Winaryo, R. 2004. Self Empowerment : Presepsi, Paradigma, Dan Motivasi Salesmen. PT. Grasindo. Jakarta.

Downloads

Published

2023-11-30