TRANFORMASI PROGRAM BENGKULU MAKMUR TERHADAP PENINGKATAN KONDISI USAHA MUSTAHIK : ANALISIS SEBELUM DAN SESUDAH

Authors

  • Akbar Anugrah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Romi Adetio Setiawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Andi Cahyono Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).14301

Keywords:

Dampak, Bengkulu Makmur, UMKM, Mustahik, Pendapatan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi usaha para mustahik sebelum mendapat program Bengkulu Makmur dan dampaknya kepada usaha para mustahik setelah mereka menerima program tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya para pedagang kecil yang kesulitan mengembangkan usahanya dikarenakan kekurangan modal, untuk itu pemerintah Kota Bengkulu lewat program Bengkulu Makmur yaitu berupa bantuan modal usaha dan bantuan alat usaha (gerobak, etalase, steling) yang dijalankan oleh BAZNAS Kota Bengkulu diharapkan dapat memberi kontribusi terhadap perkembangan UMKM yang ada di Kota Bengkulu. Untuk menjawab permasalahan penelitian, studi ini menggunakan teori  evaluasi dampak Before and After comparison dari Ernest R. Alexander dan teori pertumbuhan usaha dari Pariyem menggunakan variabel produksi, penjualan dan pendapatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam rangka memastikan kualitas dan relevansi data yang dikumpulkan, teknik penentuan informan dilakukan secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Bengkulu Makmur telah memberikan dampak yang positif bagi penerimanya, ditunjukkan dengan adanya peningkatan produksi dan penjualan pada usaha mereka perharinya. Selain itu, terjadi peningkatan pendapatan yang mengindikasikan adanya perbaikan dalam kondisi ekonomi para mustahik setelah menerima program ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Bunga., Sri Astuti, Yani., & As’ari, Ruli. 2023. Analisis Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui Faktor Fisik Dan Sosial Ekonomi. SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), p. 2100-2116.

Atabik, Ahamd. 2015. Peranan Zakat dalam Pengentasan Kemiskinan. ZISWAF: Jurnal Zakat Dan Wakaf, 2(2), p. 339–361.

Cahyono, Andi., Siregar, Erwin Saputra., & Wati, Asiah. 2021. Peran Bank Syariah Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), p. 198-214.

Choiriyah, Endah., Sugiyanti, Umi., & Hidayah, Laili. 2018. Evaluasi kesesuaian penentuan beban kerja (PBK) dengan angka kredit pada sasaran kinerja pegawai (SKP) pustakawan tingkat ahli Universitas Gadjah Mada. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(2), p. 148-163.

Elviani, Desi. 2017. Dampak Sosial Program Campus Social Responsibility Di Kecamatan Semampir Kota Surabaya. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga.

Hardaniwati. 2003. Kamus Pelajar : Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (Edisi 1). Pusat Bahasa. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Ichsan, Reza Nurul., Nasution, Lukman., & Sinaga, Sarman. 2021. Buku Ajar Ekonpmi Koperasi dan UMKM. CV. Sentosa Deli Mandiri. Medan.

Ismail, Sofwan., Sudiarti, Sri., & Ridwan, M. 2018. Peranan Dompet Dhuafa Waspada Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Pengembangan Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kota Medan. Kitabah : Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah, 2(2), p. 68–70.

Muhammad. 2009. Lembaga Keuangan Mikro Syariah (cet-1). Graha Ilmu. Yogyakarta.

Murdiyanto, Eko. 2020. Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press. Yogyakarta.

Rafdison, Muhammad Akbar., & Nafik, Muhammad. 2019. Dampak Penyaluran Infak Untuk Kegiatan Usaha Produktif dalam Penguatan Modal dan Peningkatan Kenerja UMKM. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 5(1), p. 19-31.

Satori, Djama'an., & Komariah, Aan. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi 1). Alfabeta. Bandung

Setiawan, Romi Adetio. 2016. The Relevance of Ibn Taymiyyah Economics in addressing poverty and income distribution. Madania, 20(1), p. 13–22.

Soemitra, Andri. 2009. Bank & Lembaga Keuangan Syariah (Cet-1). Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Wayne, Parsons. 2008. Public Policy : Pengantar Teori dan Praktik Analisis Kebijakan (Ed. 1, Cet). Kencana. Jakarta.

Widiasworo, Erwin. 2019. Menyusun Penelitian Kuantitatif untuk Skripsi dan Tesis (Cet 1). Araska Publisher. Yogyakarta

Downloads

Published

2023-11-16