PENTINGNYA CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY DAN CORPORATE IMAGE UNTUK MEMBENTUK LOYALITAS NASABAH DI BMT MANDIRI SEJAHTERA CABANG KRANJI LAMONGAN

Authors

  • M. Fakhri Roisul Abror Program Studi Perbankan Syariah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Rini Safitri Program Studi Perbankan Syariah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).9707

Keywords:

Corporate Social Responsibility, Corporate Image, Loyalitas Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility dan corporate image terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini dilakukan pada nasabah BMT Mandiri Sejahtera Cabang Kranji Lamongan. Populasi pada penelitian ini 2.207 nasabah dengan sampel 96 nasabah. Adapun metode dalam penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner langsung kepada nasabah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif melalui pendekatan explanatory research. Adapun pengujian hipotesis menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS). Adapun penelitian memperoleh hasil bahwa secara pasrial variabel corporate social responsibility mempunyai pengaruh yang positif serta signifikan dalam mendukung sikap loyal terhadap nasabah. Untuk variabel corporate image menunjukkan jika ada pengaruh positif dan juga signifikan yang dihasilkan pada loyalitas nasabah. Dalam pengujian simultan antara variabel corporate social responsibility dan corporate image juga memberi hasil yang sama yaitu terdapat pengaruh yang bersifat positif serta signifikan yang ada pada sikap loyal dari nasabah di BMT Mandiri Sejahtera Cabang Kranji Lamongan.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Contini, Michele., Annunziata, Eleonora., Rizzi, Francesco., & Frey, Marco. 2019. Exploring The Influence of Corporate Social Responsibility (CSR) Domains on Consumers’ Loyalty: An Experiment In BRICS Countries. Journal of Cleaner Production, 247, p. 119-158.

Dewi, Tri Utami. 2020. Pengaruh Kepercayaan Nasabah Terhadap Pembiayaan Rahn di BMT Mandiri Sejahtera Cabang Kranji Paciran Lamongan. Skripsi, Fakultas Ekonomi UIN Maulana Maling Ibrahim Malang.

Faqihudin, Ahmad., Asnawi, M., & Pangayow, Bill J. C. 2020. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR), Corporate Image, dan Keputusan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, 15(1), p. 67–76.

Fasochah., & Hartono. 2013. Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada RS Darul Istiqomah Kaliwungu Kendal). Jurnal Ekonomi Manajemen Akutansi, 20(34), p. 1-22.

Ghozali, Imam. 2017. Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gupta, Kartick., & Krishnamurti, Candrasekhar. 2021. Corporate social Responsibility, Competition, and Firm Value. Pacific Basin Finance Journal, 68(July), p. 1-21.

Hidayat, Muhammad Faqih. 2020. Pengaruh Relationship Marketing, Kualitas Layanan Internet Banking, Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Syariah Compliance Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi kasus BRI Syariah Cabang Magelang). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga.

Lombart, Cindy., & Louis, Didier. 2013. A Study of The Impact of Corporate Social Responsibility and Price Image on Retailer Personality and Consumers’ Reactions (Satisfaction, Trust and Loyalty To The Retailer). Journal of Retailing and Consumer Services, 21(4), p. 630–642.

Muhson, Ali. 2006. Teknik Analisis Kuantitatif. Makalah Teknik Analisis II, p. 1–7.

Narimawati, Umi. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatifdan Kuantitatif, Teoridan Aplikasi. Agung Media. Bandung.

Nisa, Sorayya Khairun., & Singgih, Mohamad Nur. 2019. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Loyalitas Pelanggan. MBR (Management and Business Review), 3(1), p. 33–40.

Prasetiyaningrum, Ida. 2020. Pengaruh Relationship Marketing, Karakteristik Syariah Marketing, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas (Studi Kasus Pada Bank BRI Syariah KCP Majapahit Semarang). Skripsi, IAIN Salatiga.

Saputra, Falla Ilhami. 2013. Kualitas Layanan, Citra Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada PT. Bank BNI 46 sentra Kredit Kecil Surabaya). Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(3), p. 445–457.

Sari, Yunita Kurnia. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Relationship Marketing dan Corporate Social Resposibility Terhadap Loyalitas dan Kepuasan Nasabah Bank. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 17(2), p. 1-14.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. AlfaBeta. Bandung.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Suminto, Ahmad., & Maharani, Shinta. 2020. Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility, Islamic Banking Service Quality Dan Corporate Image Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. Al Barka : Journal of Islamic Economics and Business, 3(01), p. 51–79.

Tjahjaningsih, Endang. 2013. Pengaruh Citra dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour di Semarang). Media Ekonomi Dan Manajemen, 28(2), p. 13–27.

Xhema, Jonida., Metin, Hasan., & Groumpos, Peter. 2018. Switching-Costs, Corporate Image and Product Quality effect on Customer Loyalty: Kosovo Retail Market. IFAC-PapersOnLine, 51(30), p. 287–292.

Xia, Bo., Olanipekun, Ayokunle Olubunmi., Chen, Qing., Xie, Lin-lin., & Liu, Yong. 2018. Conceptualising The State Of The Art Of Corporate Social Responsibility (CSR) in The Construction Industry And Its Nexus To Sustainable Development. Journal of Cleaner Production, 195, p. 340–353.

Downloads

Published

2022-12-01