ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN BANK SYARIAH DENGAN BANK KONVENSIONAL DI KOTA DEPOK MENGGUNAKAN CARTER MODEL

Authors

  • Budi Prijanto Universitas Gunadarma
  • Rani Ferina Pulung Universitas Gunadarma
  • Agustin Rusiana Sari Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(1).6607

Keywords:

Bank Syariah, Bank Konvensional, CARTER Model, Fuzzy Logic

Abstract

Bank merupakan suatu lembaga yang bergerak di bidang jasa, sehingga penting sekali untuk mengutamakan kualitas pelayanannya. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif yang menganalisis dan membandingkan kualitas pelayanan yang dirasakan oleh nasabah bank syariah dengan nasabah bank konvensional dengan menggunakan pendekatan CARTER (Compliance, Assurance, Reliability, Tangibles, Emphaty, dan Responsiveness). Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengambil sampel sebanyak 200 responden yang terbagi menjadi 100 responden nasabah bank syariah dan 100 responden nasabah bank konvensional, dengan menggunakan metode non probability sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah fuzzy logic. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan (gap) antara ekspektasi nasabah dengan persepsi atau kepuasan nasabah bank syariah sebesar -0,078, sedangkan untuk nasabah bank konvensional  kesenjangan (gap) sebesar – 0,067, ini berarti bahwa kepuasan nasabah bank konvensional lebih besar daripada bank syariah. Kesenjangan (gap) kepuasan nasabah bank syariah di Kota Depok ada pada item: karyawan memiliki pengetahuan yang luas serta berpengalaman dan termasuk dalam dimensi assurance (jaminan), sedangkan kesenjangan (gap) kepuasan nasabah bank konvensional di Kota Depok ada pada item tersedianya produk dan layanan yang berlandaskan syariah dan termasuk dalam dimensi compliance (Kepatuhan). 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyani, Putri Dwi. 2016. Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah di Yogyakarta. Esensi, 6(2), p. 151–162.

Fitriani, Kiki Nurul. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dengan Dimensi Carter Di Perbankan Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi kasus pada Nasabah Tabungan FAEDAH BRI Syariah KCP Majapahit Semarang). Skripsi Universitas Negeri Walisongo Semarang.

Kotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. edisi Ketiga Belas. Terjemahan Bob Sabran. MM. Erlangga. Jakarta.

Mishkin, Frederic S. 2008. Ekonomi Uang, Perbankan, dan Pasar Keuangan. Edisi 8. Salemba Empat : Jakarta.

Nurfaridah, M. 2018. Analisis Pengukuran Kualitas Pelayana Bank Mandiri Syariah dengan Menggunakan Metode FUZZY-CARTER. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Othman, Abdul Qawi & Owen, Lynn. 2002. Adopting and Measuring Customer Service Quality (SQ) in Islamic Banking: A Case Study in Kuwait Finance House. International Journal of Islamic Finance Service, 3(1).

Parasuraman A. 1990. Delivering Quality Service. The Free Press. Neywork.

Ratnawati, Dwi Ana. 2011. Sistem Kendali Cerdas. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Restiani, Cindy Eka. 2018. Analisis Perbandingan Kinerja Bank Syariah Berdasarkan Risk Profile, Earnings, Capital (REC) Dengan Islamicity Performance Index (IPI) Periode 2012-2016 (Studi Kasus Bank BNI Syariah dan Bank Mega Syariah. Skripsi Universitas Gunadarma. Depok.

Siringgoring, Renniwaty. 2012. Karakteristik dan Fungsi Intermediasi Perbankan di Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, 15(1), p. 61-83.

Siyamto, Yudi. 2015. Preferensi Kepuasan Nasabah Bank Umum Syariah dan Bank Umum Konvensional dalam Perspektif Fuzzy Carter Dan Fuzzy Servqual di Surakarta Tahun 2015. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suherman, Agung. 2018. Analisis Kualitas Pelayanan dengan Model CARTER dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada PT Bank Aceh Syariah KC Banda Aceh). Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip Penerapan dan Penelitian. ANDI Yogyakarta.

Wahyuningsih. 2014. “Tingkat Kualitas Pelayanan Dengan Model CARTER (Studi Pada BPD DIY Syariah)”. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-05-01