ANALISIS KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN ASURANSI SYARIAH DI KOTA PEKANBARU

Authors

  • Ahmad Program Studi Ekonomi Syariah, Pascasarjana UIN Suska Riau
  • Husni Thamrin Program Studi Ekonomi Syariah, Pascasarjana UIN Suska Riau
  • Zulfikar Program Studi Ekonomi Syariah, Pascasarjana UIN Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(1).8441

Keywords:

Kepuasan Nasabah, Pelayanan, Asuransi Syariah

Abstract

Perusahaan dituntut untuk memberikan pelayanan yang dapat memuaskan nasabah serta menciptakan inovasi pelayanan jasa yang baik sehingga dapat diterima oleh nasabah. Pengukuran akan kepuasan nasabah terhadap jasa asuransi syariah perlu dilakukan untuk mengetahui dan merencanakan strategi yang lebih baik di masa mendatang dan juga agar perusahaan lebih meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen serta untuk meminimalisisir masalah yang akan timbul di masa mendatang. Dalam hal ini penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang analisis kepuasan nasabah terhadap pelayanan asuransi syariah di kota Pekanbaru. Dengan rumusan masalah yaitu bagaimana kepuasan nasabah pada pelayanan asuransi syariah di kota Pekanbaru. Tujuan penelitian untuk mengetahui kepuasan nasabah pada pelayanan  asuransi syariah di kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Metode penelitian adalah penelitian survei. Populasi pada penelitian ini sebanyak 222 nasabah, dengan menggunakan rumus slovin dan di ambil sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Sumber data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nasabah puas dengan layanan asuransi syariah di kota Pekanbaru, khususnya terhadap indikator keramahan pegawai dalam memberikan pelayanan serta indikator kerahasian data nasabah. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulkadir, Muhammad. 2006. Hukum Asuransi Indonesia. Citra Aditya Bakti. Bandung.

Effendi, Arif. 2016. Asuransi Syariah di Indonesia (Studi Tentang Peluang kedepan Industri Asuransi Syariah), Wahana Akademika, 3(2), p. 73.

Fitri, Saudatul., & Arifin, Muhammad. 2013. Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Nilai Pertanggungan Resiko Polis Fulnadi Pada Asuransi Takaful Keluarga Banda Aceh. Share : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 2(2), p. 188-214.

Hamzah, Zulfadli. 2021. Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Baitul Mall Wat Tamwil (BMT) Di Kota Pekanbaru Melalui Integrasi Servqual Dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 4(2), p. 573-584.

Hasan Ali, AM. 2004. Asuransi dalam Perspektif Hukum Islam. Kencana. Jakarta.

Misbahuddin., & Hasan, Iqbal. 2013. Analisis data penelitian dengan statistik. Bumi Aksara. Jakarta.

Moenir, H. AS. 2008. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta.

Muslehuddin, Mohammad. 1995. Asuransi Dalam Islam. Bumi Aksara. Jakarta.

Naser, Kamal., Jamal, Ahmad., & Al-Khatib, Khalid. 1999. Islamic Banking: A Study of Costumer Satisfaction and Preference in Jordan. International Journal of Bank Marketing, 17(3), p. 135-150.

Purwati, Astri Ayu., & Hamzah, Zulfadli. Pengarih Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. COSTING : Journal of Economic, Bussines, and Accounting, 3(1), p. 98-105.

Riduwan, 2015. Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta. Bandung.

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.

Suhendi, Hendi. 2005. Asuransi Takaful dan teoritis ke praktik. Mimbar Pustaka. Bandung.

Tjiptono, Fandy., Chandra, Gregorius., & Adriana, Dedi. 2008. Pemasaran strategik Edisi Pertama. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.

Zulkifli. 2018. Pengaruh Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Pegadaian (Persero) Syariah Unit Tanah Merah Cabang Pegadaian Soebrantas, Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 1(1), p. 1-12.

Downloads

Published

2021-12-29