ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MUZAKI MEMBAYAR ZAKAT

Authors

  • Wafiq Ibnu Mubarok Program Studi Perbankan Syariah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Rini Safitri Program Studi Perbankan Syariah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).9951

Keywords:

Pengetahuan, Religiusitas, Trust, Pendapatan, Berzakat

Abstract

Tidak meratanya distribusi pendapatan menyebabkan bertambahnya masyarakat yang hidup dibawah garis kemiskinan. Ditengah problematika ekonomi tersebut zakat hadir sebagai salah satu instrumen pengentas kemiskinan umat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dari faktor pengetahuan, religiusitas, trust, dan pendapatan manakah yang paling mempengaruhi minat muzaki membayar zakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan metode kuantitatif, dengan populasi masyarakat Kabupaten Trenggalek beragama Islam dan memperoleh sampel sebanyak 57 orang. Analisis yang digunakan adalah regresi berganda, uji parsial, uji simultan dan uji koefisien determinasi dengan bantuan software IBM SPSS 26 for Windows. Hasil uji parsial dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pengetahuan dan religiusitas tidak mempengaruhi minat muzaki membayar zakat, namun faktor trust dan pendapatan zakat positif berpengaruh signifikan. Sedangkan pengujian secara simultan menunjukkan bahwa faktor pengetahuan, religiusitas, trust, dan pendapatan berpengaruh terhadap minat muzaki membayar zakat. Saran kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah jumlah sampel dan juga variabel baru seperti sosialisasi ataupun variabel moderasi seperti faktor usia, karena menurut hasil penelitian ini, pengetahuan, pendapatan religiusitas dan kepercayaan hanya mampu menjelaskan setengah dari seluruh faktor yang mempengaruhi minat muzaki untuk membayar zakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS, Malang. 2022. Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan Dan Agama Yang Dianut Di Kabupaten Trenggalek (Jiwa), 2018-2020. Badan Pusat Statistik Kabupaten Trenggalek.

Bramastuti, Novia. 2009. Pengaruh Prestasi Sekolah Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa SMK Bhakti Oetama Gondangrejo Karanganyar. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surakarta.

Crow, L., & Crow, A. 1989. Psikologi Pendidikan. Nur Cahaya. Yogyakarta.

Daulay, Abdul Hafiz., & Kubus, Irsyad. 2015. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keengganan Masyarakat Membayar Zakat Melalui Instansi Bazis/Laz Di Kota Medan ( Studi Kasus : Masyarakat Kecamatan Medan Tembung ). Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 3(3), p. 47–54.

Farouk, Abubakar U., Idris, Kamil Md., & Saad, Ram Al Jaffri Bin. 2018. Moderating Role of Religiosity on Zakat Compliance Behavior in Nigeria. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 11(3), p. 357–73.

Fauziah, Mira. 2013. Metode Dakwah dalam Membangun Religiusitas Masyarakat. Jurnal Al-Bayan, 19(28), p. 95–108.

Isnaini, Yulinda. 2018. Pengaruh Pengetahuan Zakat, Tingkat Pendapatan, Tingkat Keimanan dan Kepercayaan Terhadap Motivasi Muzakki Profesi : Studi Kasus di Rumah Zakat Cabang Semarang. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo.

Maharani, Astri Dhiah. 2010. Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Maulidina, Ivada Hedi., & Solekah, Nihayatu Aslamatis. 2020. Anteseden Perilaku Membayar Zakat Pada Badan Amil Zakat Nasional di Lumajang. Equilibrium : Jurnal Ekonomi Syariah, 8(2), p. 235-254.

Mutmainah, Lu’liyatul. 2015. The Influence of Accountability, Transparency, and Responsibility of Zakat Institution on Intention to Pay Zakat. Global Review of Islamic Economics and Business, 53(9), p.1689–99.

Notoatmodjo. 2012. Kesehatan Masyarakat. Rineka Cipta. Jakarta.

Nugroho, Aditya., & Nurkhin, Ahmad. 2019. “Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Pengetahuan Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi Melalui Baznas Dengan Faktor Usia Sebagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal, 8(3), p. 955–66.

Qardhawi, Yusuf. 2007. Halal Dan Haram. Penerbit Jabal. Bandung.

Rosalinda, Mella., Abdullah., & Fadli. 2021. Pengaruh Pengetahuan Zakat, Pendapatan dan Kepercayaan Muzakki terhadap Minat Pelaku UMKM untuk Membayar Zakat Niaga di Organisasi Pengelola Zakat Kota Bengkulu. Jurnal Akuntansi, 11(1), p. 67–80.

Sidiq, Hanwar Ahmad. 2015. Pengaruh Pengetahuan Zakat, Tingkat Pendapatan, Religiusitas Dan Kepercayaan Kepada Organisasi Pengelola Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Pada Lembaga Amil Zakat : (Studi Kasus Terhadap Muzakki di Fakultas Agama Islam Dan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Solihin. 2020. Pengaruh Religiusitas Dan Sosialisasi Terhadap Minat Muzakki Muzakki Membayar Zakat di Lembaga Amil Zakat, Infaq & Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Medan. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Suhardi., & Zamroni, Surono. 2021. Dasar Filsafat Ilmu. CV. Pusdik Ra Mitra Jaya. Medan.

Sukirno, Sadono. 2006. Ekonomi Pembangunan : Proses, Masalah, Dan Dasar Kebijakan. Prenada Media Group. Jakarta.

Trygu. 2021. Teori Motivasi Abraham H. Maslow Dan Hubungannya Dengan Minat Belajar Matematika Siswa. Guepedia Group. Bogor.

Downloads

Published

2022-12-07