PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN BIAYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG DENPASAR BALI

Authors

  • M. Irza Al-Ghifari Program Studi Perbankan Syariah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Khusnudin Program Studi Perbankan Syariah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).10883

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayana, Harga, Biaya, Loyalitas Nasabah

Abstract

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode validitas dan reliabilitas. Variabel yang digunakan terdiri atas kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, dan biaya terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Denpasar Bali periode 2021-2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling. Berdasarkan perhitungan Slovin diperoleh besaran sampel yaitu nasabah Bank Syariah Indonesia KC Denpasar Bali yaitu berjumlah 85 nasabah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Dimana data primer diperoleh penyebaran angket atau kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, harga dan biaya berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Indonesia KC Denpasar Bali. Dan secara simultan kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, dan biaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah di Bank BSI KC Denpasar Bali. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, Albertus Ferry Rostya., & Yoestini. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Diponegoro Business Review, 1(1), p. 1-9.

Berutu, Trisnawati Gusnawita., Hoyyi, Abdul., & Sugito. 2018. Analisis Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan dalam Pemesanan Tiket Pesawat Secara Online Menggunakan Pendekatan Partial Least Square (PLS). JURNAL GAUSSIAN, 7(4), p. 361-372.

Carter, William K. 2019. Akuntansi Biaya (14th ed.). Salemba Empat. Jakarta.

Dewi, Cokordo Istri Agung Krisna., & Sudiartha, I. Gede Merta. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Pembangunan Daerah Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(8), p. 4539-4569.

Familiar, Kukuh., & Maftukhah, Ida. 2015. Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 4(4), p. 348-354.

Gremler, D. Dwayne., & Brown, Stephen W. 1996. Service Loyalty: Its Nature, Importance, and Implications. (ISQA) International Service Quality Association. Business Research Institute. USA

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbukan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, (Y. Sumiharti, Ed.). Erlangga. Jakarta.

Hendhana, Sandra., & Darma, Gede Sri. 2017. Service Quality Rumah Sakit dan Efeknya terhadap Patient Satisfaction, Perceived Value, Trust, dan Behavioral Intention. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 14(1), p. 37-55.

Hidayat, Rachmad. 2009. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. JMK : Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 11(1), p. 59-72.

Irawan, Deny., & Japarianto, Edwin. 2013. Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), p. 1–8.

Kodu, Sarini. 2013. Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA, 1(3), p. 1251-1259.

Kotler, Philip., & Amstrong, Gary. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip., & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran (12th ed.). Indeks. Jakarta.

Kurniasari, Agillia. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Emosional, Harga Dan Biaya Terhadap Loyalitas Nasabah Perbankan Syariah Di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Tulungagung.

Novita, Anggun Citra., Tumbuan, Willem J.F.A., & Tielung, Maria V. J. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Sulutgo Cabang Utama Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), p. 728-737.

Permana, Made Virma. 2013. Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk dan Kualitas Layanan. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), p. 115-131.

Pramana, I Gede Yogi., & Rastini, Ni Made. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(1), p. 706-733.

Putro, Shandy Widjoyo., Semuel, Hatane., & Brahmana, Ritzky Karina M.R. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), p. 1–9.

Sigit, Kharisma Nawang., Rizal, M. Syamsul., & Hidayati, Arina. 2020. Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Ekonomika dan Bisnis, 7(1), p. 9–17.

Sondakh, Conny. 2015. Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(1), p. 19-32.

Sulastri, Lilis. 2012. Manajemen, Sebuah Pengantar. La Goods Publishing. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Tjiptono, Fandy., & Chandra, Gregorius. 2005. Service, Quality, and Satisfaction. Andi. Yogyakarta

Ubaidillah., Rohman, Fatchur., & Rofiaty. 2017. Pengaruh Relationship Marketing dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), p. 99-110.

Walintukan, Chynthia., Tumbuan, Willem. J. F. Alfa., & Tulung, Joy E. 2018. The Effect of Product Quality, Sales Promotion and Social Influence On Customer Purchase Intention In Bellagio Shoes Store In Manado. Jurnal EMBA, 6(4), p. 3533–3542.

Wardana, Ida Bagus Komang Ary. 2015. Pengaruh Biaya Promosi terhadap Volume Penjualan Patung pada UD. Taksu Bali Didesa Panji Periode Tahun 2012 - 2014. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 5(1), p. 1-11.

Wedarini, Ni Made Sinta. 2013. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Telkom Flexi. E-Jurnal Manajemen, 2(5), p. 495-512.

Weenas, Jackson R.S. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA, 1(4), p. 607-618.

Yuriansyah, Aulia Lucky. 2013. Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan, Nilai Produk Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 2(1), p. 8-14.

Downloads

Published

2022-11-27