THE INFLUENCE OF GREEN LOYALTY: COULD THE SATISFACTION AND GENDER DISTURB IT ?

Authors

  • Ananda Agustina Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Titis Miranti Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(1).16342

Keywords:

Green Practices, Green trust, Green Loyalty, Green Satisfaction, Gender

Abstract

Bank syariah harus mampu membangun kepercayaan nasabah terhadap praktik keberlanjutan yang mereka terapkan. Bank syariah juga disarankan untuk meningkatkan transparansi dan komunikasi terkait inisiatif keberlanjutan yang dilakukan perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh praktik ramah lingkungan dan kepercayaan ramah lingkungan terhadap loyalitas ramah lingkungan melalui variabel kepuasan ramah lingkungan, dengan gender sebagai variabel moderasi. Sampel penelitian terdiri dari 200 nasabah perbankan syariah dengan menggunakan metode simple random sampling dalam pengambilan sampel yang kemudian dianalisis dengan teknik Structural Equation Modeling—Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik hijau berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap loyalitas hijau, sedangkan kepercayaan hijau berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas hijau. Praktik ramah lingkungan dan kepercayaan ramah lingkungan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan lingkungan hidup. Selanjutnya green satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap green loyalty. Kepuasan ramah lingkungan terbukti memediasi pengaruh praktik ramah lingkungan dan kepercayaan ramah lingkungan terhadap loyalitas ramah lingkungan. Sementara itu, gender tidak terbukti memoderasi hubungan antara praktik ramah lingkungan dengan kepercayaan ramah lingkungan dan loyalitas ramah lingkungan. Perbankan syariah perlu meningkatkan penerapan praktik berkelanjutan, membangun kepercayaan nasabah, dan meningkatkan kepuasan nasabah dengan praktik berkelanjutan untuk memperkuat loyalitas ramah lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anuraga, Gangga., Sulistiyawan, Edy., & Munadhiroh, Siti. 2017. Structural Equation Modeling-Partial Least Square Untuk Pemodelan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) Di Jawa Timur. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya, 257.

Ayuningtyas, Nastiti Novia. 2019. Pengaruh Inflasi Dan Pertumbuhan Penduduk Terhadap Tingkat Pengangguran Di Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman, 3(4), p. 1–12.

Barokah, Siti., Abimanyu, Andrian., & Riyana, Eka. 2020. Gender dan Usia dalam Memoderasi Pengalaman dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Shopee. Bisnis: Performa, 17(2), p. 21–33.

Chen, Yu-Shen. 2010. Towards Green Loyalty: Driving From Green Perceived Value, Green Satisfaction, And Green Trust. Sustainable Development, 21(5), p. 294–308.

Chrisjatmiko, K. 2018. Towards green loyalty: The influences of green perceived risk, green image, green trust and green satisfaction. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 106(1), p. 1–6.

Duflo, Esther., & Udry, Christopher. 2004. Intrahousehold Resource Allocation in Côte d’Ivoire: Social Norms, Separate Accounts and Consumption Choices. NBER Working Paper No. 10498.

Ekowati, Vivin Maharani., Supriyanto, Achmad Sani., Miranti, Titis., & Machfud, Masyhuri. 2024. An Empirical Approach to Evaluate Employee Performance Using Finger Print Attendance. Quality-Access to Success, 25(199), p. 57–64.

Danks, N.P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M.,

Hair, Joseph Franklin., Hult, G. Tomas M., Ringle, Christian M., Sarstedt, Marko., Danks, Nicholas Patrick., & Ray, Soumya. 2021. Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. Cham : Springer.

Hayu, Rina Suthia. 2014. The Influence of Satisfaction, Trust and Price of Consumer Loyalty on Green Product (Case In Kandang Village Society of Bengkulu City, Which Have Been Using Energy Saving Lighting Products). Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), p. 30–44.

Julismin. (2013). Dampak Dan Perubahan Iklim Di Indonesia. Jurnal Geografi, 5(3), p. 39-46.

Larashati. 2022. Ketimpangan Dan Peningkatan Kesetaraan Gender Dalam Sdgs (Sustainable Development Goals). Jurnal Sains Edukatika Indonesia, 4(2), p. 55–61.

Maharany, Rizky Aditya., & Santika, I Wayan. 2022. Peran Gender Sebagai variabel Moderasi Dalam Pengaruh Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, 8(9), p. 5741–5761.

Moise, Mihaela Simone., Saura, Irene Gil., & Ruiz-Molina, Maria Eugenia. 2021. The Importance Green Practice for Hotel Guests : Does Gender Matter ?. Economic Research-Ekonomska Istraživanja, 34(3), p. 1-22.

Muflih, Muhammad., Iswanto, Bambang., & Purbayati, Radia. 2023. Green Loyalty of Islamic Banking Customers: Combined Effect of Green Practices, Green Trust, Green Perceived Value, and Green Satisfaction. International Journal of Ethics and Systems.

Natasha, Harum. 2013. Ketidaksetaraan Gender Bidang Pendidikan: Faktor Penyebab, Dampak, Dan Solusi. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), p. 53-64.

Nurhamidah, Rahma., & Suwandana, Endan. 2023. Pengaruh Indikator Pertumbuhan Ekonomi terhadap Kualitas Lingkungan Hidup Provinsi di Pulau Sumatera. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 6(1), p. 16–29.

Pahlevi, Muhamad Reza., & Suhartanto, Dwi. 2020. The Integrated Model of Green Loyalty: Evidence From Eco-Friendly Plastic Products. Journal of Cleaner Production, 257, p. 120844.

Pawar, Deepthy S., & Munuswamy, Jothi. 2022. The linkage between green banking practices and green loyalty: A customer perspective. Banks and Bank Systems, 17(3), p. 201–212.

Pratama, Aldodi. 2022. Pengaruh Industrialisasi Terhadap Emisi CO2 Di Indonesia. Ecodemica : Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(1), p. 98–110.

Rahmah, Amaliya Nur., & Widodo, Sugeng. 2019. Peranan Sektor Industri Pengolahan dalam Perekonomian di Indonesia dengan Pendekatan Input – Output Tahun 2010 – 2016. Economie: Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), p. 14-37.

Sari, Cindi Novita., Fasa, Muhammad Iqbal., Suharto., & Fachri, Adib. 2022. Analisis Implementasi E-business dalam Mewujudkan Green Banking di Perbankan Syariah yang Berkelanjutan. SAUJANA : Jurnal Perbankan Syariah Dan Ekonomi Syariah, 4(01), p. 21–40.

Sharma, Meenakshi., & Choubey, Akanksha. 2022. Green Banking Initiatives : a Qualitative Study on Indian Bangking Sector. Environment, Development and Sustainability, 24, p. 293-319.

Sigit, Hermawan., & Amirullah. 2016. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Media Nusa Creative, Malang.

Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R.

Wicaksono, Ahmad Tibrizi Soni., Mufraini, Arief., Miranti, Ttitis., & Muttaqien, Muhammad Khaerul. 2023. Bitcoin Vs Gold: Which One is the Most Powerful in Boosting the Shariah Equity Index? Global Evidence. Studies in Business and Economics, 18(1), p. 5–36.

Yasa, I Ketut. 2018. Hubungan Green Image dengan Green Loyalty yang Dimediasi oleh Green Trust dan Green Satisfaction (Studi pada Wapa di Ume Resort & Spa Ubud, Gianyar, Bali). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 14(1), p. 1–12.

Downloads

Published

2024-05-20