PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK MUAMALAT BALAI KOTA MEDAN DENGAN PENGETAHUAN PRODUK SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Wafiq Fitria Ashilah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zuhrial M. Nawawi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(1).15045

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Brand Image, Loyalitas Nasabah, Pengetahuan Produk

Abstract

Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang mempunyai peranan penting dalam arus perekonomian Indonesia. seiring dengan berkembang pesatnya hukum syariah di Indonesia, persaingan antar bank menjadi semakin ketat. Masalahnya hubungan kualitas pelayanan dan loyalitas menjadi sebuah pertimbangan nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap loyalitas nasabah dengan menggunakan pengetahuan produk sebagai variabel moderasi (Bank Muamalat Balai Kota Medan). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat Balai Kota Medan yang menabung di bank tersebut sebanyak 2340 orang pada triwulan I tahun 2023. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 96 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif yang tinggi terhadap loyalitas nasabah dan variabel citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil tersebut, variabel pengetahuan produk meningkatkan pengaruh variabel kualitas layanan dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan, artinya pengetahuan produk memediasi pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, M., & Nawawi, Z. M. (2022). Pemahaman UMKM terhadap Sumber Modal di Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ekonomi Keuangan dan Kebijakan Politik. 4(2), 7-14. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/JEKKP

Aderibigbe. (2018). Kualitas pelayanan. Energies, 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8

Azhari Akmal Tarigan. (2019). Pengantar Teologi Ekonomi. Febi Uinsu Press

Dewi, G (2019). Aspek-Aspek Hukum Dalam Perbankan & Perasuransian Syariah Indonesia ( Muhammad N. Omar (Ed).). Febi Uinsu Press

Dahlan. (2014). нской организации по разделу «Эпидемиологическая безопасностьNo Title. Manajemen Asuhan Kebidanan Pada Bayi Dengan Caput Succedaneum Di Rsud Syekh Yusuf Gowa Tahun, 4(2014), 9–15.

Hidayat, H., Jen Zainal Asyikin Hans, & Jhoni Iskandar. (2022). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pengguna Aplikasi Jaga dengan Kepuasan sebagai Intervening. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 49–60. https://doi.org/10.37366/master.v2i1.458

Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105–126. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.331

Jannah, E. N., Sudaryanto, & Wulandari, G. A. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan dan Brand Image Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Matahari Department Store di Jember. UNEJ E-Proceding, 339–350.

Laela, S., & Sadiq, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Negara Indonesia. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(1), 21. https://doi.org/10.33370/jmk.v16i1.304

Lena, E. M., Mursito, B., & Hartono, S. (2021). KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN PELAYANAN PADA OUTLET 3 SECOND SURAKARTA (Consumer Purchase Interest Assessed From The Atmosphere Store, Location, And Word Of Mouth Case Study On Solo Boutique). Jurnal Ekbis, 22(1), 55. https://doi.org/10.30736/je.v22i1.697

Mujiasih. E, & Kusumaningtyas. R.A. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan Produk Dengan Intensi Membeli Smartphonepada Karyawan Pt. “X. Jurnal Empati, 5(2), 413–416.

Nawawi, Zuhrinal, M. (2015) Pengantar Bisnis. Medan : Publishing.

Ongku Indramora Siregar, A (2022) Peran Etika Dan Motivasi Kerja Bagi Kinerja Karyawan PT. Sun Life Finansial Cabang Medan 2(2),67-73. Febi Uinsu Press

Rahmani,N.A.B (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Febi Uinsu Press

Riyani, D., Larashat, I., & Juhana, D. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 94–101. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.233

Rizaldi, M. L., & Hardini, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image Dan Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Indomaret Kelurahan Padurenan, Bekasi Timur. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 14(2), 77–94. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v14i2.522

Sanita, S., Kusniawati, A., Lestari, M. N., Ekonomi, F., & Galuh, U. (2019). Pengaruh Product Knowledge dan Brand Image terhadap Purchase Intention (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), 169–184. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/bmej/article/view/2328

Sholeha, L., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 15. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6465

Stanislaus, S., & Pratiwi, P. E. (2018). Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Membeli Pada Mahasiswa Konsumen Oriflame Di Unnes. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 4(2), 89–93.

Sulistyawati, N. M. (2015). Kepuasan Pelanggan Restoran Indus. E- Jurnal Manajemen Unud, 4(8), 2318–2332. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta/article/viewFile/959/667

Surti, I., & Anggraeni, F. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 261–270. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i3.221

Syahrial, M. (2018). Kualitas Pelayanan Dalam Islam. Jurnal IndraTech, 8(4), 81–94.

Taufik H, R., Tresnati, R., & Akbar, Moch, M. (2020). Pengaruh Brand image dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(2), 878.

Taupik Ismail. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 413–423.

Trianah, L., Pranitasari, D., & Marichs, S. Z. (2017). Pelanggan ( Studi Kasus Pada Pelanggan D ’ Besto Mangun Jaya 2 Tambun Selatan ). 26(01), 105–122.

Downloads

Published

2024-01-31