PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK MUAMALAT BALAI KOTA MEDAN DENGAN PENGETAHUAN PRODUK SEBAGAI VARIABEL MODERASI
DOI:
https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(1).15045Keywords:
Kualitas Pelayanan, Brand Image, Loyalitas Nasabah, Pengetahuan ProdukAbstract
Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang mempunyai peranan penting dalam arus perekonomian Indonesia. seiring dengan berkembang pesatnya hukum syariah di Indonesia, persaingan antar bank menjadi semakin ketat. Masalahnya hubungan kualitas pelayanan dan loyalitas menjadi sebuah pertimbangan nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap loyalitas nasabah dengan menggunakan pengetahuan produk sebagai variabel moderasi (Bank Muamalat Balai Kota Medan). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat Balai Kota Medan yang menabung di bank tersebut sebanyak 2340 orang pada triwulan I tahun 2023. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 96 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif yang tinggi terhadap loyalitas nasabah dan variabel citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil tersebut, variabel pengetahuan produk meningkatkan pengaruh variabel kualitas layanan dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan, artinya pengetahuan produk memediasi pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan.
Downloads
References
Adam, M., & Nawawi, Z. M. (2022). Pemahaman UMKM terhadap Sumber Modal di Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ekonomi Keuangan dan Kebijakan Politik. 4(2), 7-14. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/JEKKP
Aderibigbe. (2018). Kualitas pelayanan. Energies, 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8
Azhari Akmal Tarigan. (2019). Pengantar Teologi Ekonomi. Febi Uinsu Press
Dewi, G (2019). Aspek-Aspek Hukum Dalam Perbankan & Perasuransian Syariah Indonesia ( Muhammad N. Omar (Ed).). Febi Uinsu Press
Dahlan. (2014). нской организации по разделу «Эпидемиологическая безопасностьNo Title. Manajemen Asuhan Kebidanan Pada Bayi Dengan Caput Succedaneum Di Rsud Syekh Yusuf Gowa Tahun, 4(2014), 9–15.
Hidayat, H., Jen Zainal Asyikin Hans, & Jhoni Iskandar. (2022). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pengguna Aplikasi Jaga dengan Kepuasan sebagai Intervening. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 49–60. https://doi.org/10.37366/master.v2i1.458
Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105–126. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.331
Jannah, E. N., Sudaryanto, & Wulandari, G. A. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan dan Brand Image Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Matahari Department Store di Jember. UNEJ E-Proceding, 339–350.
Laela, S., & Sadiq, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Negara Indonesia. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(1), 21. https://doi.org/10.33370/jmk.v16i1.304
Lena, E. M., Mursito, B., & Hartono, S. (2021). KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN PELAYANAN PADA OUTLET 3 SECOND SURAKARTA (Consumer Purchase Interest Assessed From The Atmosphere Store, Location, And Word Of Mouth Case Study On Solo Boutique). Jurnal Ekbis, 22(1), 55. https://doi.org/10.30736/je.v22i1.697
Mujiasih. E, & Kusumaningtyas. R.A. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan Produk Dengan Intensi Membeli Smartphonepada Karyawan Pt. “X. Jurnal Empati, 5(2), 413–416.
Nawawi, Zuhrinal, M. (2015) Pengantar Bisnis. Medan : Publishing.
Ongku Indramora Siregar, A (2022) Peran Etika Dan Motivasi Kerja Bagi Kinerja Karyawan PT. Sun Life Finansial Cabang Medan 2(2),67-73. Febi Uinsu Press
Rahmani,N.A.B (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Febi Uinsu Press
Riyani, D., Larashat, I., & Juhana, D. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 94–101. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.233
Rizaldi, M. L., & Hardini, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image Dan Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Indomaret Kelurahan Padurenan, Bekasi Timur. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 14(2), 77–94. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v14i2.522
Sanita, S., Kusniawati, A., Lestari, M. N., Ekonomi, F., & Galuh, U. (2019). Pengaruh Product Knowledge dan Brand Image terhadap Purchase Intention (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), 169–184. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/bmej/article/view/2328
Sholeha, L., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 15. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6465
Stanislaus, S., & Pratiwi, P. E. (2018). Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Membeli Pada Mahasiswa Konsumen Oriflame Di Unnes. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 4(2), 89–93.
Sulistyawati, N. M. (2015). Kepuasan Pelanggan Restoran Indus. E- Jurnal Manajemen Unud, 4(8), 2318–2332. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta/article/viewFile/959/667
Surti, I., & Anggraeni, F. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 261–270. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i3.221
Syahrial, M. (2018). Kualitas Pelayanan Dalam Islam. Jurnal IndraTech, 8(4), 81–94.
Taufik H, R., Tresnati, R., & Akbar, Moch, M. (2020). Pengaruh Brand image dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(2), 878.
Taupik Ismail. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 413–423.
Trianah, L., Pranitasari, D., & Marichs, S. Z. (2017). Pelanggan ( Studi Kasus Pada Pelanggan D ’ Besto Mangun Jaya 2 Tambun Selatan ). 26(01), 105–122.