PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP LOYALITAS NASABAH MELALUI CITRA BANK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK SYARIAH DI KOTA PEKANBARU

Authors

  • Mufti Hasan Alfani Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
  • Hendra Eka Saputra Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
  • Milani Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
  • Sri Okta Bella Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(1).17198

Keywords:

Religiusitas, Loyalitas Nasabah, Citra Bank, Bank Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh religiusitas terhadap loyalitas nasabah melalui citra bank sebagai variabel intervening pada bank syariah di Kota Pekanbaru. Dengan populasi dalam penelitian ini adalah nasabah bank syariah di Kota Pekanbaru dan mengambil sampel sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kausalitas atau hubungan pengaruh menggunakan teknik analisis SEM (stuctural equation model) dengan Analisis Partial Least Square (PLS) yang merupakan pendekatan alternatif yang bergeser dari pendekatan SEM berbasis covariance menjadi berbasis variance. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) religiusitas berpengaruh terhadap loyalitas nasabah bank syariah di Kota Pekanbaru, 2) religiusitas berpengaruh  terhadap citra bank syariah di Kota Pekanbaru, 3) citra bank memediasi pengaruh Religiusitas terhadap loyalitas nasabah bank syariah di Kota Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, Ahmad Azrin., Nasir, Noor Azienti Mohd., & Yusof, Dalfiza Mohd. 2013. Bank Choice Behaviour Among Malaysian Muslims: A Qualitative Approach. International Research Journal of Social Sciences, 3(2), p. 1-8.

Agustina, Iin Mazuin. 2018. Pengaruh Citra Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun. Equilibrium, 6(2), p. 194-203.

Ancok, Djamaluddin,. & Suroso, Fuad Nashori. 2011. Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Aysan, Ahmaet F., Disli, Mustafa., Duygun, Meryem., & Ozturk, Huseyin. 2018, Religiosity Versus

Rationality: Depositor Behaviour In Islamic and Conventional Banks. Journal of Comparative Economics, 46(1), p. 1-19,

Bakar, Juhaida Abu., Clemes, Michael Daniel., & Bicknell, Kathryn. 2017, A Comprehensive Hierarchical

Model of Retail Banking. International Journal of Bank Marketing, 35(4),

p. 662-684.

Ermawati, Lusi., Sularso, Raden Andi., & Suroso, Imam. 2016. Pengaruh Brand image dan Brand Trust Terhadap

Brand Loyalty pada Konsumen Female Bag Sophie Martin Paris di Kota Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa: Universitas Jember.

Ghozali, Imam. 2006. Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Griffin, Jill. 2016. Customer Loyalty : Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Terj. Dwi Kartini Yahya. Erlangga. Jakarta.

Heerden, Cornelius Van., & Gustav, Puth. 1995. Factors That Determine the Corporate Image Of South African Banking Institutions: an Exploratory Investigation. International Journal of Bank Marketing, 13(3), p. 12-17.

Hisanuddin, Iip Irawan. 2015. Pengaruh Citra Merek Islam Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah di Kota Bandung). SCIENTICA, 2(2), p. 87-100.

Huda, Ahmad Nurul., & Wahyuni, Sri. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking dan Tingkat Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Pembantu Jamsostek Jakarta. Business and Management Review, 2(2), p. 243-254.

Kotler, Philips,. & Keller, Kevin Lane. 2014. Marketing Management 15th Edition. Prentice Hall. Saddle River.

Malhotra, Naresh K. 2009. Riset Pemasaran. PT. Indeks. Jakarta.

Nuraini, Alifah. 2014. Pengaruh Citra, Pelayanan, Aksesoris Jasa, Keragaman Produk Dan Nilai Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah BPD DIY Syariah Yogyakarta). EKBISI, 9(1), p. 67–82.

Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rizan, Mohammad., Saidani, Basrah., & Sari, Yusiyana. 2012. Pengaruh Brand Image dan Brand trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro Survei Konsumen Teh Botol Sosro Di Food Court ITC Cempaka Mas, Jakarta Timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 3(1), p. 1-17.

Satriyanti, Evi Oktaviani. 2012. Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah

Dan Citra Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Di Surabaya. Jurnal of Business and Banking, 2(2), p. 171-184.

Suhartanto, Dwi., Dean, David., Nansuri, Ruhadi., & Triyuni, N.N. 2018a. The Link Between Tourism Involvement And Service Performance: Evidence From Frontline Retail Employees. Journal of Business Research, 83(C), p. 130-137,

Suwandi., Sularso, Andi., & Suroso, Imam. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Citra Merek terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pos Ekspress di Kantor Pos Bondowoso dan Situbondo. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 14(1), p. 68-88.

Trisusanti, Yelli. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pekanbaru). JOM FISIP, 4(2), p. 1-16.

Wahyuni, Sri., & Fitriani, Nani. 2017. Brand Religiosity Aura And Brand Loyalty In Indonesia Islamic Banking. Journal of Islamic Marketing, 8(3), p. 361-372.

Wijayanti, Intan Manggala. 2019. Peran Nasabah Dalam Perkembangan

Perbankan Syariah. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 3(1), p. 60-69.

Downloads

Published

2024-05-29