STRATEGI DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT INVESTASI GENERASI Z PADA INVESTASI EMAS DIGITAL BANK SYARIAH INDONESIA DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI MEDIASI
DOI:
https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(2).18084Keywords:
Emas Digital, Investasi, Social Media Marketing, Moslem Celebrity EndorserAbstract
Melanjutkan keterbatasan studi dalam mengkonfirmasi pengaruh anteseden minat investasi khususnya bidang perbankan pada Investasi Emas Digital menjadi kontribusi yang diharapkan dari studi ini. Sehingga, studi ini bertujuan menguji pengaruh social media marketing dan moslem celebrity endorser terhadap minat investasi generasi z pada investasi emas digital bank syariah indonesia dengan brand image sebagai variabel mediasi. Untuk hal tersebut studi ini menggunakan desain kuantitatif dengan melibatkan 151 sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling, dimana data dikumpulkan melalui kuesioner dengan google form dan disebarkan kepada pengguna gen z. Tanggapan responden dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik menggunakan metode SEM pada WarpPLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh positif terhadap brand image dan minat investasi, moslem celebrity endorser berpengaruh positif terhadap brand image dan minat investasi, brand image mampu memediasi antara social media marketing serta moslem celebrity endorser terhadap minat investasi.
Downloads
References
Aisyah, Siti., & Rachmadi, Kartika Rose. 2022. Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), p. 442-448.
Andriani, Sri. 2019. Minat Investasi Saham pada Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 37-44.
Anjani, Sari., & Irwansyah. 2020. Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), p. 203-229.
Azizah, Yuliana Jamilatul., & Fikriyah, Khusnul. 2023. Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pada Produk Scarlett Whitening di Surabaya. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), p. 37-47.
Azmi, Shofi Arba’atu., & Saifudin. 2023. Pengaruh Sertifikasi Halal, Moslem Brand Ambassador Serta Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dengan Tingkat Religiusitas Konsumen Sebagai Variabel Moderating. Al-Qashdu: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 3(2), p. 85-97.
Budiarsi, Sri Yunan., Erwita, Monica Adjeng., & Siregar, Jessica Netanya. 2021. Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness, Dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty Pada J&T Express Di Surabaya. Majalah Ekonomi, 26(2), p. 54-66.
Dukalang, Rifal., Taan, Hapsawati., & Ismail, Yulinda L. 2022. Pengaruh Model Promosi Flash Sale dan Tagline Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembeli di Tokopedia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), p. 60-76.
Elsanti, Dita Ayu. 2017. Brand Image Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention (Studi Produk Maybelline di Universitas Brawijaya). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.
Erawati, Sherly Hesti., Amalia, Novika Salsabila Amalia., Mauludin, Hanif., & Liana, Yuyuk. 2023. Peran Brand Image sebagai Moderator Celebrity Endorser pada Keputusan Pembelian. Akuntansi Bisnis & Manajemen (ABM), 30(2), p. 91-104.
Fitriyani. 2023. Pengaruh Sosial Media Marketing, E-Wom dan Kualitas Pelayanan pada Keputusan Pembelian di Perusahaan Investasi. Kajian Branding Indonesia, 5(1), p. 35-49.
Ghozali, Imam., & Latan, Hengky. 2015. Partial Least Square Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Edisi 2. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Indrawati, Titis. 2023. Analisis Perilaku Konsumen Investasi Emas Digital Di Tokopedia. Master Thesis, Program Studi Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana Intitut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Mandira, I Made Chandra., & Arnata, I Putu Gede Wahyu Putra. 2023. Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorsement, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Reksadana pada Aplikasi Bibit. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), p. 110-121.
Mulyadi, Aris Wahyu., & Susanti, Ari. 2024. Pengaruh Pendapatan, Pengetahuan Investasi, dan Literasi Keuangan terhadap Minat Investasi Tabungan Emas di Pegadaian pada Gen Z di Wilayah Solo Raya. Jurnal Studi Inovasi, 4(1), p. 36-44.
Nawarendra., & Zaerofi, Afif. 2022. Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Iklan Istagram Terhadap Minat Pembelian. Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(2), p. 39-48.
Negara, Andi Kusuma., & Febrianto, Hendra Galuh. 2020. Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal. Business Management Journal, 16(2), p. 81-95.
Nisa, Aling Mukaromatun., & Hidayati, Amalia Nuril. 2022. Pengaruh Pengetahuan Investasi, Risiko Investasi, Kemajuan Teknologi dan Motivasi Terhadap Minat Generasi Z Berinvestasi di Pasar Modal Syariah. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(1), p. 28-35
Nurhasanah, Saniatun., & Kesuma, Aprilia Nabela. 2023. Analisis Pengaruh Gaya Hidup, Lingkungan Sosial dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Perencanaan Keuangan Generasi Z Muslim di JABODETABEK. Tathawwur: Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Islam, 1(1), p. 63-74.
Putra, Rio. 2021. Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), p. 516-524.
Putranto, Andika Syachriza. 2022. Pengaruh Social Media Promotion, Brand Image, Dan Perceived Risk Terhadap Keputusan Pembelian (Investasi)b(Studi Pada PT. Alami Fintek Sharia). Skripsi, Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School.
Putri, Gusti Ayu Agung Wulan Pramestya., & Jatra, I Made. 2024. Pengaruh Social Media Marketing terhadap Repurchase Intention dengan Brand Image Sebagai Mediasi. EKONOMIKA 45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 11(2), p. 85-103.
Ramdani, Danang. 2020. Pengaruh Literasi Keuangan, Digital marketing, Brand Image dan Word of mouth Terhadap Minat Generasi Z pada Bank Syariah. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sari, Vina Maya., Putri, Negina Kencono., Arofah, Triani., & Suparlinah, Irianing. 2021. Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan Dasar Investasi, Modal Minimal, dan Kemajuan Teknologi terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 4(1), p. 88-107.
Setiawan, Budi., & Rabuani, Celia Celesta. 2019. Pengaruh Iklan Dan Endorser Terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Riset: Jurnal Aplikasi Ekonomi Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), p. 001-015.
Subkhan, Muhammad., & Yusli, Muhammad. 2021. Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Marketing, Brand Image dan Word of Mouth terhadap Minat Generasi Z pada Bank Syariah (Studi Kasus di Bank Syariah Kabupaten Sleman). Seminar Nasional, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wiwaha.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D. CV Alfabeta. Bandung.
Supriyatna, Yuda. 2020. Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Yamaha Mio Di Kota Cilegon). Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera, 6(1), p. 36-50.
Upadana, Made Wahyu Krisna., & Pramudana, Komang Agus Satria. 2020. Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 9(5), p. 1921-1941
Viana, Eka Dasra., Febrianti, Firdha., & Dewi, Farida Ratna. 2021. Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Minat Investasi Generasi Z di Jabodetabek. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 12(3), p. 252-264.