PENGARUH ISLAMIC MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DENGAN MINAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Imelda Ayu Nirmala Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Yayuk Sri Rahayu Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).9430

Keywords:

Islamic Marketing Mix, Keputusan Menjadi Nasabah, Minat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Islamic marketing mix terhadap keputusan menjadi nasabah yang dimediasi oleh minat. Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner (angket). Peneliti menggunakan angket/kuisioner dan google form serta melakukan wawancara kepada sebagian nasabah yang bertujuan untuk mendapatkan keterangan atau informasi dari sampel nasabah Bank Muamalat KCP Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Islamic marketing mix terhadap keputusan menjadi nasabah, terdapat pengaruh antara Islamic marketing mix terhadap minat, tidak terdapat pengaruh antara minat terhadap keputusan menjadi nasabah, tidak terdapat pengaruh antara Islamic marketing mix terhadap keputusan menjadi nasabah yang dimediasi oleh minat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Ratri Amelia. 2017. Pengaruh Citra Merek dan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Business and Finance Journal, 2(1), p. 29–43.

Aman, Ameenullah. 2020. Islamic Marketing Ethics for Islamic Financial Institutions. International Journal of Ethics and Systems, 36(1), p. 1–11.

Anuraga, Gangga., Sulistiyawan, Edy., & Munadhiroh, Siti. 2017. Structural Equation Modeling–Partial Least Square Untuk Pemodelan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (LPKM) Di Jawa Timur. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya Universitas Airlangga Surabaya, p. 257-263.

Asrowi, Ahmad. 2019. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Menabung Dengan Minat Menabung Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada BRI Syariah KCP Magelang) Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Intitut Agama Islam Negeri Salatiga.

Astuti, Wellyanti Wira. 2012. Analisis Kepuasan Pelanggan Mengenai Kualitas Pelayanan Service Excellent Komputer Semarang. Management Analysis Journal, 1(1), p. 1–6.

Boediono, G. Tegoeh., Sitawati, Riana., & Harjanto, Sri. 2019. Analisis Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kesadaran Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), p. 22–37.

Bulan, Syari. 2018. Bauran Pemasaran Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung Di Tampan Bank Sulselbar. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 5(1), p. 39–52.

Husaeni, Uus Ahmad. 2017. The Influence of Marketing Mix on Decisions To Be A Islamic Banking Customer In Cianjur Regency. Iqhtishadia : Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam, 10(2), p. 105-119.

Hussein, Ananda Sabil. 2015. Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares dengan SmartPLS 3.0. Modul Ajar, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Kumbara, Vicky Brama. 2021. Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), p. 604–630.

Lutfi, Lutfi., & Nupus, Hayati. 2018. Peran Mediasi Minat Beli Pada Pengaruh Kepercayaan Merk Terhadap Keputusan Beli (Studi Pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang). Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 11(1), p. 90–104.

Paujiah, Rika., Kosim, Ahmad Mulyadi., & Gustiawati, Syarifah. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 1(2), p. 144-163.

Rahman, Aulia., & Susanti, Deery Anzar. 2021. Marketing Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 6(2), p. 308–314.

Riyono, & Budiharja, Gigih Erlik. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang, 8(2), p. 92–121.

Samir, Abuznaid. 2012. Islamic Marketing: Addressing the Muslim Market. An - Najah Univ. J. Res. (Humanities), 26(6), p. 1473–1503.

Sanwani, Sanwani. 2017. Strategi Penghimpunan Dan Penyaluran Dana Pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Al-Hidayah Di Kabupaten Lombok Timur. Justicia Islamica, 14(1), p. 87-106.

Tyas, Mega Ayuning., & Prasetyo, Ari. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Niat Menjadi Mitra Perspektif Islam Pada BMT Beringharjo Cabang Madiun. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 1(7), p. 487-505.

Widjaya, Pieter Gunawan. 2017. Analisis Segmentating, Targeting, Positioning dan Marketing MIX Pada PT. Murni Jaya. Agora, 5(1), p. 20–28.

Wijaya, Evelyn., & Ariyanti, Puspa Marantika. 2018. Pengaruh Service Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Pada PT. Bank Mayapada Internasional Tbk Cabang A. Yani Pekanbaru. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 1(2), p. 283-296.

Downloads

Published

2022-09-06