PENGARUH WORD OF MOUTH DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENABUNG ANGGOTA DI KSPS BMT UGT SIDOGIRI CABANG PAMEKASAN

Authors

  • Zainullah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Achmad Sani Supriyanto UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Siswanto UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7419

Keywords:

Word of the Mouth, Promosi, Minat Menabung

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh word of mouth dan promosi terhadap minat menabung anggota di KSPT BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh word of mouth dan promosi terhadap minat menabung anggota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan hasil uji-t pada setiap variabel yang ada yaitu dihasilkan pada variabel word of mouth (X1) menghasilkan nilai thitung  3.501 > ttabel 1,966 dengan  nilai signifikan 0,01< 0,05 dan variabel promosi (X2) dihasilkan nilai thitung  3.029 > ttabel 1,966, dengan nilai signifikan 0,003< 0,05. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa word of mouth dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menabung di KSPS BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Berdasarkan adjust R2 adalah 0,076 atau 7.6%. Hal ini berarti sebesar 7,6% kemampuan model regresi pada penelitian ini dalam menerangkan variabel dependen. Artinya 7.6% variabel, word of mouth dan promosi berpengaruh terhadap minat menabung. Sedangkan sisanya (100% - 7.6% = 92.4%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diperhitungkan dalam analisis penelitian ini. Serta dalam penelitian ini ditemukan bahwa variabel yang paling berpengaruh adalah word of mouth.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Boedi dan Saebani, Beni Ahmad. 2014. Metode Penelitian Ekonomi Islam Muamalah. CV. Pustaka Setia. Bandung.

Asiyah, Sitti., & Riyadi, Yohansyah Adiputra. 2020. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Menabung Masyarakat keluruhan Siranindi di Bank Muamalat Indonesia Palu Sulawesi Tengah. Al-Kharaj : Journal of Islamic Economics and Business, 02(01), p. 16-33.

Juniantoko, Ardy Dwi & Supriono. 2017. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Waroeng Latte dan The Cemiland di Kota madiun. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 53(2), p. 11-18.

Kasmir. 2008. Pemasaran Bank, Edisi revisi Cet.III. Prenada Media Group. Jakarta.

Kinnear, Thomas C., dan Taylor, James R. 1995. Riset Pemasaran. Alih Bahasa. Yohanna Lamarto; Jilid II. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip., dan Amstrong, Gary. 2010 Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Cet. I. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Mowen, Jhon dan Michael, Minor. 2002. Perilaku Konsumen, Edisi 5 Jilid 1&2. (Alih Bahasa Lina Salim). Erlangga. Jakarta.

Nuvidiana, Rahma. 2015. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Republica Cafe Malang Jalan Mt. Haryono gg. xi Malang), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 22 (2). P. 1-8.

Ortega, Daniel., & Alhifni, Anas. 2017. Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah terhadap Minat menabung Masyarakat di Bank Syariah. EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), p. 87-98.

Peter, Paul J. dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Dialih bahasakan oleh Damos Sihombing. Erlangga. Jakarta.

Prasetyo, Antoni., & Wahyuati, Aniek. 2016. Pengaruh Strategi Promosi dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopiganes. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(1), p. 1-17.

Rahayu, Ovi. 2018. Pengaruh Promosi dan Pelayanan terjadap Minat Menabung pada Anggota BMT BINAMAS Purworejo. OIKONOMIA, 7(1), p. 127-132.

Said. Abu. 2016. Pengaruh Brand Image, Word of Mouth dan Iklan terhadap minat Menabung Di BMT Se-Kabupaten Demak, EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), p. 318-333.

Sari, Ratna Dwi Kartika. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Word of Mouth Cummunication Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada CV. Mega Jaya Mebel Semarang. Jurnal. Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2021-08-30