PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA PRODUK HALAL UMKM DI KABUPATEN BANGKALAN

Authors

  • Dhaifunan Nabila Fakultas Ilmu Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura
  • Muhammad Ersya Faraby Fakultas Ilmu Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).15200

Keywords:

Strategi, Digital Marketing,, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Abstract

Pemasaran tentunya sudah banyak dilakukan dengan menggunakan media digital. Tentu sangatlah mempermudah para UMKM jika pemasarannya menggunakan digital apalagi sekarang sudah masuk era modern yang mempermudah para konsumen menemukan produk yang diinginkan. Strategi digital marketing sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya agar lebih baik kedepannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan dan analisis data melalui data primer berupa observasi dan wawancara, serta data sekunder berupa jurnal, artikel, buku, media masa yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Miles dan Huberman. Analisis data dilakukan dengan melibatkan empat hal utama, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil pembahasan menunjukan bahwa digital marketing pada UMKM kecamatan kamal sudah menggunakan media tersebut aplikasi yang dipakai diantaranya WhatsApp, Instgram, Tik Tok,  dan Facebook. Aplikasi tersebut tentu sangat membantu dalam meningkatkan pemasaran produk hingga bukan kalangan sekitar saja yang mengenal tetapi dari berbagai daerah. Cakupan digital marketing sangat memberikan dampak positif meski tidak berjalan sesuai yang kita inginkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Sultan Baihaqi., & Rohman, Abdur. 2023. Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Omset Penjualan Produk Tanaman Hias Ditinjau dari Perpektif Ekonomi Islam. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 4(3), p. 824-831.

Anastasia, Mahilda., & Oktafia, Renny. 2021. Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 4(2), p. 431-444.

Azizuddin, Imam., Maksum, Ikhsan., & Fikriah, Nur Laili. 2020. Bauran pemasaran dan minat beli konsumen produk kosmetik wardah dalam perspektif Islam. Journal Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(2), p. 111-123.

Cheren, Cheren., & Haryanto, Hery. 2022. Penerapan Strategi Digital Marketing pada UMKM KuroKoci Meow & Woof. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), p. 1340-1351.

Estefany, Nabila Veren., Masruchin., & Latifah, Fitri Nur. 2022. Penerapan Strategi Pemasaran Syariah UMKM Kampung Pia Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(1), p. 181-195.

Evasari, Aprilia Dian. 2020. Strategi Pemasaran Islami Dengan Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Produk. ISTITHMAR: Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 4(1), p. 22-49.

Faraby, Muhammad Ersya., & Rozi, Fahrur. 2021. Potensi Kabupaten Bangkalan Menjadi Destinasi Wisata Halal. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), p. 67-74.

Fatma, Nurhendra., Najib, Mukhamad., & Yasid, Mukhamad. 2019. Pengaruh Interpretasi Konsumen Dalam Bauran Pemasaran Syariah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Produk Shampo Sari Ayu Hijab) PT. Martina Berto. Tbk. Martha Tilaar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(3), p. 277-291.

Kautsarina. 2013. Pemasaran Elektronik Melalui Aplikasi Jejaring Sosial (Survei Pelaku UKM di Provinsi Jambi dan Bengkulu). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 17(2), p. 135-148.

Nasrulloh. 2022. Implementasi Etika Bisnis Islam dan Transformasi Digital UMKM Madura dalam Mendukung Ketercapaian Sustainable Development Goals. JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 7(1), p. 63-75.

Nugrahani, Dewi Santi. 2011. E-commerce Untuk Pemasaran Produk Usaha Kecil Dan Menengah. SEGMEN: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(1), p. 1-16.

Nurfauzia, Vira., & Fikriyah, Khusnul. 2020. Implementasi Strategi Pemasaran Pada Biro Perjalanan Umrah Dalam Perspektif Pemasaran Syariah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), p. 82-95.

Nurhadi. 2019. Manjemen Strategi Pemasaran Bauran (Marketing Mix) Persepktif Ekonomi Syariah. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2), p. 141-157.

Rosli, M. Mohd. 2012. Competitive strategy of Malaysian Small And Medium Enterprises: An Exploratory Investigation. American International Journal of Contemporary Research, 2(1), p. 93-105.

Sagita, Gigi., & Wijaya, Zeffanya Raphael. 2022. Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(3), p. 24-31.

Salam, D.Q. Alva., & Makhtum, Ahmad. 2022. Implementasi Jaminan Produk Halal Melalui Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan dan Minuman UMKM di Kabupaten Sampang. Qawwam: The Leader's Writing, 3(1), p. 10-20.

Sofyan, Syaakir. 2017. Peran UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum, 11(1), p. 33-64.

Tyas, Mega Ayuning., & Prasetyo, Ari. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Niat Menjadi Mitra Perspektif Islam pada BMT Beringharjo Cabang Madiun. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 1(7), p. 487-505.

Utami, Hesty Nurul., & Firdaus, Iqbal Fauzi Akbar. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica, 2(1), p. 136-146.

Yudityawati, Dessy Kartika., & Fitriyah, Hadiah. 2022. Strategi Pemasaran dalam Perspektif Islam. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(1), p. 42-48.

Downloads

Published

2023-11-30