IMPLEMENTASI STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA INDUSTRI FINANCIAL TECHNOLOGY MICROFINANCE SYARIAH DI INDONESIA

  • Timotius Yohanes Mamuko Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Masruchin Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Diah Krisnaningsih Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Customer Relationship Management, Financial Technology, Microfinance syariah

Abstract

Microfinance syariah dapat dilihat sebagai industri yang sedang berkembang di beberapa negara Muslim seperti Indonesia, Malaysia, Pakistan, Bangladesh. Bertindak sebagai gerakan untuk mengentaskan kemiskinan di masyarakat dan membantu meningkatkan taraf sosial masyarakat miskin. Sebagai industri yang berkembang, keuangan mikro syariah memang menghadapi beberapa tantangan seperti jangkauan pasar yang terbatas, kurangnya keahlian dalam industri, masalah tata kelola dan manajemen, dan persaingan bisnis yang begitu ketat. Oleh karena itu customer relationship management sangat diperlukan dalam memperbaiki kualitas layanan antara pengelolaan dengan pengguna, sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar optimal pengimplementasian customer relationship management dalam microfinance syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Izza Syafira., & Maika, M. Ruslianor. 2020. Penerapan UTAUT untuk Memahami Akseptansi Mahasiswa terhadap Inovasi Cicilan Buku Berakad Murabahah. Jurnal Al-Muzara’Ah, 8(2), p. 141–151.

Anindira, Rifkha Afifah., & Imran, Ayub Ilfandy. 2021. Strategi Dan Implementasi Customer Relationship Management Melalui Aplikasi KAI Access dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan PT. KAI. E-Proceeding of Management, 8(4), p. 4232–4241.

Asosiasi FinTech Indonesia. 2020. Laporan Annual Member Survey 2019/2020. Di akses pada 25 Januari, 2022 dari : https://fintech.id/id/publication/industry-data.

Azmi, Nik Nur Izzati Nik Muhammad., & Thaker, Mohamed Asmy Bin Mohd Thas. 2020. Literature Survey on Islamic Microfinance. Global Review of Islamic Economics and Business, 8(1), p. 023-033.

Drasch, Benedict J., Schwiezer, Andre., & Urbach, Nils. 2018. Integrating the ‘Troublemakers’: A Taxonomy for Cooperation between Banks and Fintechs. Journal of Economics and Business, 2(1), p. 26–42.

Flyer, A. 2020. The State of Finance App Marketing in APAC. Diakses pada 25 Januari, 2022 dari : https://www.appsflyer.com/infograms/state-of-finance-apac/.

Guerola-Navarro, Vicene., Oltra-Badenes, Raul., Gil-Gomez, Hermenegildo., & Gil-Gomez, Jose Aantonio. 2021. Research Model for Measuring the Impact of Customer Relationship Management (CRM) on Performance Indicators. Economic Research-Ekonomska Istrazivanja, 34(1), p. 2669–2691.

Juanamasta, I. G., Wati, N. M. N., Hendrawati, E., Wahyuni, W., Pramudianti, M., Wisnujati, N. S., Setiawati, A. P., Susetyorini, S., Elan, U., Rusdiyanto, R., Astanto, D., Ulum, B., Khadijah, S. N., Trimarjono, A., Syafii, M., Mubarroq, A., Kristiningsih, K., Pratiwi, R. D., Veri, V., … Umanailo, M. C. B. 2019. The Role of Customer Service Through Customer Relationship Management (CRM) To Increase Customer Loyalty And Good Image. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), p. 2004–2007.

Lubis, Adelina., Dalimunthe, Ritha., Absah, Yeni., & Fawzeea, Beby Karina. 2020. The Influence of Customer Relationship Management (CRM) Indicators on Customer Loyalty of Sharia Based Banking System. GATR Journal of Management and Marketing Review, 5(1), p. 84–92.

Marisa, O. 2020. Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, Dan Risiko Berpengaruh Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology. Jurnal Adminnistrasi Kantor, 8(2), p. 139–152.

Nasfi, N., Yunimar, Y., & Prawira, A. 2022. The Role of Fintech In Sharia Rural Bank West Sumatra. International Journal of Social and Management Studies (IJOSMAS), 02(03), p. 13–19.

Njatrijani, Rinitami. 2019. Perkembangan Regulasi Dan Pengawasan Financial Technology di Indonesia. Diponegoro Private Law Review, 4(1), p. 462–474.

Norlita, Wa Ode., & Rarasati, Ayomi Dita. 2021. Risk Analysis of Microfinance Conversion Based on ISO 31000 PT. Bank BRI Syariah. Tbk Aceh. RSF Conference Series: Business, Management and Social Sciences, 1(5), p. 125–134.

Nurzianti, Rahma. 2021. Revolusi Lembaga Keuangan Syariah Dalam Teknologi Dan Kolaborasi Fintech. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), p. 37-46.

OJK. 2021. Perusahaan Fintech Lending Berizin Dan Terdaftar Di OJK (Issue November). Di Akses pada 25 Januari, 2022 dari : https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Documents/PENYELENGGARA FINTECH LENDING TERDAFTAR DAN BERIZIN DI OJK PER 17 NOVEMBER 2021.pdf

Putri, Ika Swasti., & Friantin, Siti Hayati Efi. 2021. Dampak Fintech Syariah Dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif Pada UMKM di Indonesia. BHIRAWA : Journal of Marketing And Commerce, 6(1), p. 47–52.

Putri, Rahmi Eka., Tanjung, Hendri., & Yasid, Mukhamad. 2021. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Menabung Anggota Misykat (Microfinance Syariah Berbasis Masyarakat) Daarut Tauhid Bogor. IJEB : Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 6(1), p. 32–48.

Rahmadi, A. N., Djunaedi, D., & Nurlaely, N. 2021. The Effect of Customer Relationship Management (CRM) and Entrepreneurship Orientation Towards the Company Performance in Micro Small Medium Enterprises in Kediri. Proceedings of the 2nd International Conference on Business and Management of Technology (ICONBMT 2020), 175, p. 65–68.

Ramadhani, Novitasari Putri., Qadri, Resi Ariyasa., & Kurniawan, Agus. 2021. the Bricolage of Financial Technology, Accountability, and Zakat Management in Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 8(2), p. 183-192.

Ridwan, R., Nur, Y., & Mariah, M. 2021. The Influence of Customer Relationship Management on Customer Satisfaction. Jurnal Economic Resources, 4(1), p. 90–100.

Salsabilla, Annisa Aura., & Hanifa, Fanni Hunsul. 2021. Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Unit Business Government Enterprise Service (BGES) di PT. Telkom Witel Sumbar Tahun 2021. EProceedings of Applied Science, 7(4), p. 591–595.

Srisusilawati, Popon., Rusydiana, Aam Slamet., Sanrego, Yulizar Djamaluddin., & Tubastuvi, Naelati. 2021. Biblioshiny R Application on Islamic Microfinance Research. Library Philosophy and Practice, 2021(April).

Sugiarti, Evy Nur., Diana, Nur., & Mawardi, M. Cholid. 2019. Peran Fintech Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Di Malang. Jurnal Imiah Riset Akuntansi, 8(4), p. 90–104.

Sugiono, S. 2021. Strategi Komunikasi Membangun Customer Relationship Pada Inkubator Bisnis Puspiptek. Ettisal : Journal of Communication, 5(2), p. 291–309.

Suryanto, Asep. 2018. Pemberdayaan Zakat : Model Intervensi Kemiskinan Dengan Microfinance Syariah Berbasis Masyarakat DPU DT Jawa Barat, Indonesia. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 12(1), p. 85–106.

Warsela, Merti., Wahyudi, Agung Deni., & Sulistyawati, Ari. 2021. Penerapan Customer Relationship Management Untuk Mendukung Marketing Credit Executive (Studi Kasus : PT. FIF Group). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), p. 78–87.

Yulianti, Rahmani Timorita., Bustami, Aniyajid., Atiqoh, Nue., & Anjellah, Rati. 2018. Studi Komparasi Penerapan Manajemen Risiko Produk Pembiayaan Di Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), p. 59–71.

Published
2022-04-25
Abstract viewed = 114 times
PDF downloaded = 99 times