Strategi Pemasaran Kain Kiloan Studi Kasus Toko Jambi Central Kota Jambi

Authors

  • Wella Sandria Universiats Muhammadiyah Jambi
  • Sutriani Rahmi Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Efi Susanti Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2019.vol30(2).5194

Keywords:

Harga, Produk, Promosi, Strategi Bauran Pemasaran, Tempat

Abstract

Strategi pemasaran diperlukan untuk menarik dan mempertahankan konsumen, terutama dalam pengembangan bisnis yang semakin maju seperti sekarang ini. Oleh karena itu toko Jambi Central yang merupakan toko kain dengan sistem penimbangan menggunakan strategi pemasaran untuk menarik lebih banyak pelanggan. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemilik, karyawan dan pelanggan atau pembeli. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan dokumen, wawancara, observasi dan tinjauan pustaka. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dilakukan secara interaktif dan berkesinambungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa toko Jambi Central dalam memasarkan produk mereka terkait dengan produk, harga, promosi dan tempat atau lebih dikenal dengan bauran pemasaran. Strategi produk yang digunakan adalah: menawarkan kain berkualitas dengan berbagai jenis, motif dan warna, memberikan pengembalian yang terjamin. Strategi penetapan harga yang digunakan adalah: harga yang ditetapkan oleh pemilik di bawah harga pasar, berdasarkan laba, berdasarkan total biaya, berdasarkan permintaan pelanggan. Strategi promosi dilakukan oleh: periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung. Strategi tempat yang digunakan adalah: distribusi langsung dan distribusi tidak langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Armstrong, Gary and Kotler, Philip. (2015). Marketing An Introduction, 12 Edition, Pearson Education Limited, England.
Assauri, Sofyan. 2008. Manajemen Poduksi dan Operasi. Edisi Revisi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Indonesia
Antelevitch, C., Belardinelli, L., Zygmunt, A. C., Burashnikov, A., di Diego, J. M., Fish, J. M., Thomas, G. 2004. Electrophysiologic effects of ranolazine, a novel antianginal agent with antiarrhythmic properties. Circulation. 110: 904-910.
Basu Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko. (2000). Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Basu Swastha dan Irawan, 2000, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2, Liberty. Yogyakarta.
Dharmmesta, Basu Swastha. 2011. Materi Pokok Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Cetakan Pertama. Jakarta: Universitas Terbuka.
Boyd, Walker, Larreche.2000. Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global, Edisi 2 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Buchari Alma, (2006). Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung: Alfabeta
Dharmesta dan Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Yogyakarta : Liberty
Fandy, Tjiptono.2006. Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset
Grewal, Dhruv and Levy, Michael. (2014). Marketing, Fourth Edition, The McGraw-Hill, New York
Herlambang, Susatyo. 2014. Basic Marketing (Dasar-dasar Marketing) Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Yogyakarta : Gosyeng Publishing.
Husein Umar.(2001) Metode Penelitian dan Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Umum
Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta. Elex Media Komputindo.
Kasmir dan Jakfar, 2003.Studi Kelayakan Bisnis. Kencana. Bogor
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip. 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta
____. 2005. Manajemen Pemasaran. Buku Kedua. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Kotler dan Keller, 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid I. Jakarta: Erlangga
Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Lamb, Charles. W., Jr., Joseph F. Hair Jr., dan Carl McDaniel, 2001, Pemasaran, Alih Bahasa oleh Octarevia, Edisi Kelima, Jakarta : Salemba Empat
Lupiyoadi, Rambat 2009 Manajemen pemasaran jasa. Ja¬karta: Salemba empat
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.
Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purhantara, Wahyu. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu
Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT Teknik Membelah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
____.2010. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Rahmat, Reny Maulidia, 2012. Analisis Strategi Pemasaran pada PT.Koko Jaya Prima Makassar. Makassar: Universitas Hasanuddin
Saladin, Djaslim, 2003, “Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran”, Cetakan Ketiga, Bandung : Linda Karya
Saladin, Djaslim dan Oesman, Yevis Marty.2002. Perilaku Konsumen dan Pemasaran Strategik. Jakarta: Balai Pustaka
Siagian, Sondang P. (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, 2002. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.
Silviana. 2012. Penerapan Strategi Pemasaran Marketing Mix. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri.
Stanton, William J. 2002. Prinsip Pemasaran, terj. oleh Alexander Sindoro Jakarta, Penerbit Erlangga.
____. 2006. Dasar – Dasar Manajemen. Mandar Maju, Jakarta.
____. 2012. Prinsip pemasaran, alih bahasa : Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta.
Stephanie, K. Marrus. 2002 .Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta:
Rajawali Press
Sugiyono, 2006, Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Ketujuh, Bandung: CV. Alfabeta.
____. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Edisi Pertama, Penerbit Andi, Yogyakarta.
____. 2008. Strategi Pemasaran Jilid 2 . Yogyakarta: ANDI.
Ulber, Silalahi. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama
Jurnal:
Anista Yulia Ratnawati, Edy Susena, Analisis Manajemen Pemasaran Batik di Kampoeng Batik Laweyan, Mesin Otomotif, Politeknik Indonusa Surakarta
Diniaty, Dewi dan Agusrinal. 2014. Perancangan Strategi Pemasaran pada Produk Anyaman Pandan. Riau
Muliana Yulianti, Kooswardhono Mudikdjo dan Ma’mun Sarma, Kajian Strategi dan Bauran Pemasaran Batik Garutan (Studi Kasus : Perusahaan Batik Tulis Garutan RM, Garut, Jawa Barat)
Nasehatul Khoiriyah, Joko Widodo dan Heti Mustika Ani, 2017, Strategi Bauran Pemasaran Kerajinan Tenun Ikat pada CV. Silvi MN Paradila di Desa Parengan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
Ratih Indah Sari, Sri Rahayu Budiani, Analisis Strategi Pemasaran Industri Tenun di Desa Wisata Gamplong Kabupaten Sleman, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
Sri Handayani, Siti Hanila, Mimi Kurnia Nengsih, Analisis Strategi Pemasaran Kain Batik Besurekdi Kota Bengkulu, Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Bengkulu

Downloads

Published

2020-06-27