Pemanfaatan Media Mistar Hitung Untuk Melatih Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa MI-Al Hikmah Janti Jogoroto

  • Esty Saraswati Nur Hartiningrum STKIP PGRI JOMBANG
  • Safiil Maarif
Keywords: Alat peraga, mistar hitung, Pembelajaran

Abstract

Berhitung merupakan bagian dari pelajaran matematika, dasar.operasi hitung terdiri dari penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Untuk membantu siswa memahami siswa dalam berhitung pada operasi penjumlahan dan pengurangan dapat menggunakan alat bantu yaitu dengan alat peraga M-Count. Alat peraga M-count ini mempunyai kelebihan yaitu selain memperlihatkan secara langsung konsep penjumlahan, bisa menarik minat siswa untuk belajar matematika karena alat peraga ini siswa bisa bermain sekaligus belajar sehingga siswa tidak merasa jenuh atau bosan. Progam kemitraan pengabdian bertujuan untuk menambah wawasan kepada siswa tentang alat peraga matematika untuk mempermudah dalam mempelajari matematika. Untuk itu sasaran yang dipilih adalah materi yang membutuhkan alat peraga untuk mempermudah dalam mejalaskan konsep matematika yang bersifat abstrak.  Siswa yang dipilih adalah siswa pada MI Al-Hikmah Janti Kelas IV. Pendampingan dan Pelatihan diberikan sampai siswa dapat mengoperasikan M-count. Pelatihan difokuskan pada pemberian motivasi, pemberian materi matematika sehingga pembelajaran menjadi menarik dan menyenagkan., tim PKM akan mendemonstrasikan sedikit tentang cara menggunakan alat peraga. Siswa praktek langsung menggunakan alat peraga  mista hitung. Ketercapaian pengabdian ini adalah siswa dapat menggunakan M-count dan dapat menyelesaikan operasi bilngan bulat pada tahap menjumlahkan dan mengurangkan. Siswa merasa senang adanya pengenalan alat peraga M-Count karena mempermudah dalam penyelesaian tugas yang diberikan oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 2017. Pedoman Penelitian dan PPM di Perguruan Tinggi edisi XI. KemenRistekdikti.
Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Penerbit Tulip
Karso, dkk. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas Terbuka, (Online), (http://repository.ut.ac.id/4026/), diunduh 20 Maret 2019
Sudjana, Nana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sundayana, Rostina.(2015). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Usodo B. 2012. Karakteristik Intuisi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Perbedaan Gender. Aksioma. Volume 01 Nomer 01 Maret 2012, hlm 1-14
Published
2021-04-28
Section
Articles
Abstract viewed = 108 times
Download PDF downloaded = 56 times