Effectiveness Of Animated Video Learning Media To Improve Learning Outcomes In Terms Of Student Interest In SMP Al Qodiriyah Srono
DOI:
https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(2).19167Keywords:
ANIMATED VIDEO, STUDY INTEREST, LEARNING OUTCOMESAbstract
This study was motivated by the limited variety of learning media used, which resulted in low student interest and ultimately affected their learning outcomes. There were 40 people who participated in the two sample groups of this study, the experimental group and the control group. The sampling technique applied was purposive sampling. The data obtained was through questionnaires and tests given directly through print outs to seventh grade students at Al-Qodiriyah Junior High School in Srono. The information collected was dissected using a two-way anova test. In this study, the hypothesis test used the N Gain Score test to compare the learning outcomes between the experimental group and the control group. The results of this study show that there is a significant difference between students who have high and low interest, both experimental and control groups. The results also showed the interaction of students' learning outcomes on learning media and learning interest.
Downloads
References
Alam, Y. (2018). Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi (studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 16(1), 23-30.
Amara Gandha D.A.S. 2022. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video dan Google Form Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMPN 2 Ngadiluwih. Skripsi. Kediri. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Institut Agama Islam Negeri Kediri.
Ardiansah, F. (2018). Pengaruh penggunaan media video terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas XI pada pelajaran PAI di SMA Ypi Tunas Bangsa Palembang. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 56-70.
Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran (kajian teoretis-kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32.
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 2(2), 52-60.
Cheppy Riyana. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video.
Darodjat, D., & Wahyudhiana, W. (2015). Model evaluasi program pendidikan. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 1-23.
Djaali. (2012). Psikologi pendidikan.
Dewi ,Ni Made Liana Candra dan Negara,I Gusti Agung Oka. Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Video Animasi IPA Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, Vol. 8 No. 1 Tahun 2021, hal. 123
Ganggang Canggi Arnanto dan Mochamad Bruri Triyono. (2014). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Internet di Smk Se-Kota Yogyakarta Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 4, No. 3, h. 323.
Hartono, Rudi. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terrhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP NEGERI 1 BINAMU. Skripsi. Makassar. Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hernik Pujiastutik. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Elearning Berbasis Web Pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran 1 Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teladan, Vol. 4.
Imaniya, A., Ulfah, M., & Rosyid, R. (2016). Penggunaan media video dalam pembelajaran ekonomi studi eksperimen SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(1).
Istiqomah, N., & Widodo, S. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 2, No. 1).
Johari,Andriana ,Syamsuri Hasan dan Maman Rakhman, Penerapan Media Video dan Animasi Pada Materi Memvakum dan Mengisi Refrigren Terhadap Hasil Belajar Siswa, Journal Of Mechanical Engineering, Vol. 1 No. 1 Juni 2014, hal. 11.
Kahfi, M., & Srirahayu, E. (2021). Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 63-70.
Kurnia, I. R., & Sunaryati, T. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1357-1363.
Laily Rahmayanti dan farida. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Se-Gugus Sukodono Sidoarjo. 2016.
Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Jurnal kependidikan, 1(1), 150-168.
Mashitoh, D. (2021). Hubungan Literasi dan Video Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. Joyful Learning Journal, 10(2), 108-115.
Munir. 2015. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Pasaribu, A. (2017). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional di madrasah. . Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1).
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi evaluasi pembelajaran di kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111-121.
Putry, H. M. E., Nuzulul'Adila, V., Sholeha, R., & Hilmi, D. (2020). Video based learning sebagai tren media pembelajaran di era 4.0. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 1-24.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Taka, B. I., & Widjanarko, D. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Memahami dan Memelihara Sistem Starter Reduksi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 18(1).
Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh media pembelajaran animasi powtoon terhadap hasil belajar ditinjau dari minat belajar peserta didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107-122.
Wina Sanjaya. (2006). Strategi Belajar Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Wiryanto, W. , & A. G. O. (2022). Analisis pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dalam konsep kurikulum merdeka belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1), 33-45.
Yaumi, M. (2018). Media & Tekhnologi Pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Novilita Dwi Rahayu, Febrina Gerhani, Shendy Andrie Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Accepted 2024-10-17
Published 2024-10-30