PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERKEMBANGAN PRODUK PERBANKAN DAN IKNB SYARIAH DI KOTA PEKANBARU

  • Fitri Payabadar Program Studi Ekonomi Syariah, Pascasarjana UIN Suska Riau
  • Husni Thamrin Program Studi Ekonomi Syariah, Pascasarjana UIN Suska Riau
Keywords: Persepsi, Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, IKNB Syariah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pandangan masyarakat Kota Pekanbaru yang masih beranggapan bahwasannya ekonomi syariah masih sama dengan ekonomi konvensional. Hanya saja ekonomi syariah hanya menggunakan margin dan ekonomi konvensional menggunakan bunga. Penelitian ini bersifat deskriptif dan data yang digunakan ialah data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan melalui angket dan disebarkan kepada masyarakat kota pekanbaru, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, internet, dan media-media lainnya. Metode analisis yang digunakan adalah metode statistik deskriptif yaitu penyajian data dengan tabel, grafik, diagram lingkaran, dan persentase kemudian dideskriptifkan (dipaparkan). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.091.088 orang dan sampel sebanyak 100 orang. Dari 100 responden yang diteliti, 46,24% menyatakan sangat setuju, 39,58% menyatakan setuju, 12,25% menyatakan netral, 1,75% menyatakan tidak setuju, dan 0,16% menyatakan sangat tidak setuju. Hasil penelitian di analisis menggunakan rentang analisis deskriptif yakni terletak pada 46% yakni cukup baik. Rentang nilai cukup baik yakni 41% - 60%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boeree, George. 2016. General Psychology. Prismasphie. Jogjakarta.

Ismawati, Esti. 2012. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Ombak. Yogyakarta.

Karim, Adiwarman. 2014. Bank Islam Analisis Fiqih Dan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Muhammad. 2008. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Raja Wali Pres. Jakarta.

Mursidin. 2010. Psikologi Umum. CV. Pustaka Setia. Bandung.

Pusat Kajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) UIIY. 2015, Ekonomi Islam. Rajawali Pers. Jakarta.

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Ridwuan. 2014. Dasar-Dasar Statistika, Alfabeta. Bandung.

Rozalinda. 2014. Ekonomi Islam. PT. Rajagrafindo Parsada. Jakarta.

Sanusi, Anwar. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.

Soemitra, Andri. 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Kencana. Jakarta.

Toha, Miftah. 2008. Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Usman, Rachmadi. 2012. Aspek Hukum Perbankan Syariah Di Indonesia. Sinar Grafika. Jakarta.

Winardi. 2015, Manajemen perilaku Organisasi. Prenadamedia Group. Jakarta.

Published
2021-12-29
Abstract viewed = 215 times
PDF downloaded = 223 times