THE INFLUENCE OF INTELLECTUAL CAPITAL AND ISLAMIC SOCIAL REPORTING ON THE FINANCIAL PERFORMANCE OF ISLAMIC COMMERCIAL BANKS IN INDONESIA

Authors

  • Febri Atika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rahmi Syahriza Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tuti Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).14422

Keywords:

Intellectual Capital, Islamic Social Reporting (ISR), Kinerja Keuangan (Return on Assets)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh variabel Intellectual Capital dan Islamic Social Reporting (ISR) terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian yang bersifat kuantitatif. Data yang digunakan berupa laporan tahunan (annual report) 2018-2021 yang juga memuat pengungkapan pertanggung jawaban sosialnya. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan syariah Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2018-2021. Pemilihan sampel dari penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, maka sampel dalam penelitian ini 9 Bank Umum Syariah dengan periode 4 tahun dengan total sampel sebesar 36. Adapun bank yang menjadi objek penelitian ini adalah bank BCA Syariah, bank BJB Syariah, bank  BSI Syariah, bank  BTPN Syariah, bank BUKOPIN Syariah, bank MAYBANK Syariah,  bank  MEGA Syariah, bank  MUAMALAT Indonesia dan bank PANIN Syariah. Intellectual Capital dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan (Return on Assets) Perbankan Syariah di Indonesia 2018-2021. Dan Islamic Social Reporting (ISR) tidak berpengaruh terhadap Kinerja  Keuangan (Return on Assets) Perbankan Syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia, Puspa Arinda. 2018. Pengarih Intellectual Capital terhhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia. Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School.

Andriana, Denny. 2014. Pengaruh intelletual capital terhadap kinerja keuangan perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), p. 251-260.

Apridhoni, Muhammad. 2017. Pengaruh Intelectual Capital dan Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Ayuningtias, Ady Vistia. 2016. Pengaruh Islamic Social Responsibility (ISR) terhadap Return on Asset (ROA) bank umum syari’ah di Indonesia periode 2011-2015. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Bagdaludin. 2019. Pengaruh Intellectual Capital dan Efisiensi Operasional Terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah di Indonesia Dalam Perspektif Perbankan Syariah. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Gantino, R. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2014. Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis, 3(2), p. 19–32.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Giyatri. 2016. Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Permodalan, Kualitas Aktiva Produktif (Kap), Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2011-2014. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Helliana., & Khomsiyah. 2020. The Effect of Islamic Social Reporting Disclosure and CompanyReputation on Financial Performance with Business Ethics as a Moderating Variable. Research Journal of Finance and Accounting, 11(24), p. 57-69.

Hidayat, Maulana., & Dana, I Made. 2019. Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Sektor Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen, 8(9), p. 5702-5721.

Isabanah, Yuyun. 2015. Pengaruh Esop, Leverage, And Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, 15(1), p. 28-41

Kahasanah, Anita Nur. Pengaruh Intellectual Capital dan Islamicity Performance Index terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Nominal, V(1).

Khusnawati, Shabatina. 2017. Pengaruh Islamic Corporate Governance dan Islamic Social Responsibility terhadap Kinerja dan Repotasi Perbankan Syariah Indonesia. Skripsi, Fakultas Eknomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Maharani, Nurfaizah Divia. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Islamic Social Reporting (ISR) terhadap Earning Response Coefficient dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia di BEI Periode 2013-2016). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar. JMK : Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 12(1), p. 33-41.

Mariyantini, Novi., & Putri, I.G.A.M. Asri Dwija. 2018. Pengaruh CSR dan Intellectual Capital pada Kinerja Keuangan Perbankan di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016. E-Jurnal Akuntansi, 23(2), p. 1171-1200.

Maulida, Ulfa. 2019. Analisis Pengaruh Intellectual Capital dan Good Corporate Governance terhadap Kinerja Bank Umum Syariah di Indonesia dengan Leverage Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Munawir. 2014. Analisa Laporan Keuangan. Liberty. Yogyakarta.

Munizu, Musran. 2010. Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Sulawesi Selatan.

Nurhayati, Siti. 2020. Pengaruh Intellectual Capital, Islamicity Performnace Index dan Financing To Deposit Ratio (FDR) terhadap kinerja Keuangan pada Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2016-2019. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rismawati, Cicilia Anggie. 2014. Pengaruh Intelectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Rini, Dewa Ayu Oki Asta. 2020. Pengaruh Intellectual Capital, Corporate Governance Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. Jurnal Rekan, 1(1), p. 21-31.

Sari, Wulan. 2016. Pengaruh Islamic Social Reporting, Intellectual Capital dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah di Indonesia. Skripsi, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung.

Safitri, Amelia Nur. 2012. Pengaruh Pengungkapan Intellectual Capital dan Pengungkapan CSR terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Setiawan, Iwan., Swandri, fifi., & Dewi, Dian Masito. 2018. Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Wawasan Manajemen, 6(2), p. 168-186.

Sry, Yulia Anrizal. 2018. Pengaruh Intellectual Capital Dengan Pendekatan Islamic Banking Value Added Intellectual Coefficient (Ib-VAIC) Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Di Indonesia. Master Tesis, Pascasarjana Universitas Andalas.

Downloads

Published

2023-09-26