PERAN KARYAWAN MARKETING PERBANKAN SYARIAH DALAM MENJAWAB KERAGUAN UMAT ISLAM TERHADAP PERBANKAN SYARIAH DI KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(2).17425Keywords:
Peran Karyawan, Marketing Perbankan Syariah, Keraguan Umat IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran karyawan marketing perbankan syariah dalam menjawab keraguan umat Islam terhadap Perbankan Syariah di Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian merupakan karyawan marketing Perbankan Syariah, nasabah, dan masyarakat non nasabah. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karyawan marketing memiliki peran krusial dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap Perbankan Syariah, mereka tidak hanya bertugas sebagai penjual produk, tetapi juga sebagai pendidik dan duta yang membantu memperluas pemahaman serta penerimaan terhadap konsep-konsep syariah dalam konteks keuangan. Kurangnya pemahaman tentang prinsip-prinsip syariah yang menjadi dasar operasional perbankan syariah merupakan faktor utama yang menyebabkan keraguan umat Islam. Untuk mengatasi keraguan umat Islam terhadap perbankan syariah, diperlukan langkah-langkah konkret yang melibatkan berbagai pihak terkait seperti memberikan edukasi, meningkatkan transparansi, penguatan kerjasama antara karyawan dan perbankan syariah, serta melakukan regulasi dan pengawasan terhadap Perbankan Syariah.
Downloads
References
Asnaini, & Yustati, Herlina. 2017. Lembaga Keuangan Syari’ah Teori Dan Praktiknya Di Indonesia. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Asnaini., & Oktarina, Amimah. 2020. Potensi Kontribusi Institusi Pendidikan Islam Terhadap Perkembangan Bank Syari’ah Di Indonesia. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), p. 51-58.
Emilisa, Netania. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Media Riset Dan Manajemen Bisnis, 6(3), p. 285-301.
Handayani, Restu Nurhandayani., Fasa, Muhammad Iqbal., & Suharto. 2023. Strategi Pemasaran Produk Bank Syariah Di Tengah Pesatnya Pertumbuhan Industri Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Jumanis-Baja, 05(1), p. 1–10.
Hazami, Alusie. 2023. Optimalisasi Peran Karyawan Dalam Mensosialisasikan Pelayanan Pendaftaran Haji Pada Kementerian Agama Kota Bogor. Skripsi, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Husaeni, Uus Ahmad. 2017. Determinan Pembiayaan Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Di Indonesia. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 7(1), p. 49–62.
Isa, Muhammad. 2016. Gambaran Umum Pemasaran Produk Dan Jasa Perbankan Syariah. Al-Masharif : Jurnal Ekonomi dan Keislaman, 6(1), p. 51–66.
Kasmir. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Rajawai Press. Jakarta.
Kholil, Muhdi. 2011. Isu Global Perekonomian Islam: Telaah Kritis Terhadap Tata Kelola Dan Aktivitas Lembaga-Lembaga Keuangan Islam. JESY : Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 1(2), p. 111-131.
Panjaitan, Mangasa. 2018. Peran Keterlibatan Dan Partisipasi Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Menejemen, 4(1), p. 52–60.
Rahmadani, Silva. 2022. Peran Kepemimpinan Dalam Peningkatan Kinerja Karyawan BMT Adzkiya Khidmatul Ummah (AKU) Metro. Skrispi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Simatupang, H. Bachtiar. 2019. Peranan Perbankan Dalam Meningkatkan Perekonomian Indonesia. JRAM : Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma, 6(2), p. 136–146.
Utama, Andrew Shandy. 2020. Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Unes Law Review, 2(3), p. 290–298.
Vivin, Yenni Annor., & Wahono, Budi. 2017. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Dengan Bank Umum Konvensional Di Indonesia. E-JRM : Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 6(08), p. 15-28.
Wardayati, Siti Maria. 2011. Implikasi Shariah Governance Terhadap Reputasi Dan Kepercayaan Bank Syariah. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(1), p. 1-24.