PROBLEMATIKA DAN DINAMIKA PERBANKAN SYARIAH DI ERA GLOBALISASI

Authors

  • Zulfadli Nugraha Triyan Putra Prodi Ekonomi Syari’ah, Program Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Husni Thamrin Prodi Ekonomi Syari’ah, Program Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(1).8448

Keywords:

Problematika, Globalisasi, Perbankan Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi perkembangan perbankan syariah di Indonesia. Dalam membahas problematika dan dinamika perbankan syariah di era globalisasi ini penulis menggunakan jenis dan sumber data yang didapat dari riset perpustakaan (library research) dengan mengadopsi pemikiran dan pendapat para ahli yang memiliki keterkaitan secara langsung atau tidak langsung dengan topik yang sedang dibahas. Perbankan syariah lahir untuk menjadi alternatif bagi masyarakat yang menginginkan bertransaksi dengan sistem syariah, ada beberapa faktor yang menjadi keunggulan bank syariah jika dibandingkan dengan bank konvensional yakni : menyertakan nilai-nilai ketuhanan  dalam setiap transaksi, adanya keterikatan emosional secara religi antara bank dan nasabah, adanya keadilan dalam bagi hasil simpanan dan pembiayaan. Akan tetapi disisi lain mereka dihadapkan pada problematika yang membuat mereka sulit untuk berkembang. Faktor keterbatasan kemampuan SDM, minimnya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, kurangnya pemahaman dan  animo umat serta keterbatasan layanan terhadap pelanggan menjadi penghambat bagi bank syariah. Agar tetap eksis dan berkembang, bank syariah harus mampu menerobos dominasi bank konvensional dengan kekuatan korelasi antara pemerintah, institusi pendidikan serta inovasi dari pihak bank syariah itu sendiri. Bank syariah juga dituntut untuk lebih adaptif dan inovatif terhadap kebutuhan pangsa pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Zainuddin. 2008. Hukum Perbankan Syariah. Sinar Grafika. Jakarta.

Basri, Hasan. 2014. Using Qualitative Research In Accounting And Management Studies, Not A New Agenda. Journal of US-China Public Administration, 11(10), p. 831-838.

Hidayatinaa, 2018. Pengaruh Sosialisasi Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung Nasabah (Studi Kasus Pada PT. Bank Aceh Syariah cabang Lhokseumawe). Laporan Penelitian. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe.

Ismail. 2013. Perbankan Syariah. Penerbit Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Jaharuddin dan Sutrisno, Bambang. 2019. Pengantar Ekonomi Islam. Salemba Diniyah. Jakarta.

Junaidi, Achmad Taviv., Hadiwijoyo., Troena, Eka Afnan., & Triyuwono, Iwan. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Keadilan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi pada Nasabah Bank Syariah di Propinsi Riau). JAM Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(1), p. 161-176.

Kasmir. 2001. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya (Edisi Revisi 2001). PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Manan, Abdul. 2012. Hukum Ekonomi Syariah: dalam Prekspektif Kewenangan Peradilan Agama. Kencana. Jakarta.

Mohamed, Z M., Abdul Majid, A H,. & Ahmad, N. 2010. Tapping New Possibility In Accounting Research, In Qualitative Research, Malaysian Case, Penerbit Universiti Kebangsaan Malaysia. Kuala Lumpur.

Nurhasanah, Neneng., & Adam, Panji. 2017. Hukum Perbankan Syariah: Konsep dan Regulasi. Sinar Grafika. Jakarta.

Prasetyo, Yoyok. 2018. Ekonomi Syariah. Aria Mandiri Group. Bandung.

Ramdan, Edi. 2010. Pengaruh Minimnya Sosialisasi Terhadap Minat Masyarakat Memilih Bank Syariah. Tesis.

Sjahdaini, Sutan Remy. 2009. Perbankan Islam dan Kedudukannya Dalam Tata Hukum Perbankan Indonesia. Pustaka Utama Grafiti. Jakarta.

Subandi. 2012. Problem dan Solusi Perbankan Syariah Kontemporer di Indonesia. Jurnal At Tahrir, 12(1), p. 1-19.

Sugihantoro. 2011. Peluang Bank Syariah Dalam Pemberdayaan Ekonomi Ummat. STAIN Press Ponorogo.

Downloads

Published

2021-12-30