TRANFORMASI DIGITAL WAKAF DALAM MENGHIMPUN WAKAF DI ERA DIGITALISASI

Authors

  • Rahmawati Prodi Ekonomi Syari’ah Program Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Husni Thamrin Prodi Ekonomi Syari’ah, Program Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Satriak Guntoro Prodi Ekonomi Syari’ah, Program Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Sri Kurnialis Prodi Ekonomi Syari’ah, Program Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).8375

Keywords:

Tranformasi, Penghimpunan, Digitalisasi Wakaf

Abstract

Tulisan ini membahas transformasi digital wakaf BWI dalam menghimpun wakaf di era digitalisasi. Permasalahan yang sering terjadi yakni teknologi dan platform digital yang tersedia belum dimanfaatkan secara efektif dan efisien dalam penghimpunan dana wakaf. Permasalahan tersebut harus ditemukan solusi dalam mengatasinya. Upaya yang dilakukan antara lain inovasi teknologi untuk memaksimalkan penghimpunan wakaf di berbagai lini masyarakat. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni bagaimana transformasi digital wakaf BWI dalam menghimpun wakaf di era digitalisasi. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research) ) dengan metode tematik. Hasil pembahasan yakni transformasi digital yang dilakukan oleh BWI untuk memperkuat ekosistem pembangunan wakaf nasional yakni dengan mendorong penguatan transformasi digital sebagai langkah strategis dalam upaya optimalisasi potensi wakaf. Ada tiga tahapan proses transformasi digital yang dilakukan BWI. Pertama, penguatan digitalisasi internal BWI. Kedua, memperkuat digitalisasi nazhir dan integrasi data wakaf. Ketiga, mengakselerasi penguatan ekosistem digital dan pengembangan inovasi model pengelolaan wakaf secara digital. Dengan memaksimalkan upaya melalui tiga tahapan di atas, diharapkan ekosistem digital wakaf akan semakin fleksibel, membesar dan menguat, serta memberikan dampak multiplier terhadap perekonomian nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiningsih, Sri. 2019. Transformasi Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Albert, Manerep Pasaribu. 2020. Strategi dan Transformasi Digital. PT.Gramedia. Jakarta.

Al-Zuhaili, Wahbah. 1985.Al-Fiqh al-Islāmî WaAdillatuhu. Dār al-Fikr. Bireut.

Badan Wakaf Indonesia. 2009 .Manajemen Fundraising dalam Penghimpunan Dana Wakaf. Dipetik November 28, 2020, dari : https://www.bwi.go.id/297/2009/01/06/manajemfundraising-dalam-penghimpunan-danawakaf/

Barkah, Qodariah., Azwari, Peny Cahaya., Saprida., & Umari, Zuul Fitriani. 2020. Fikih Zakat, Sedekah, dan Wakaf. Kencana. Jakarta.

Fauzia, Amelia., Almuin, Nani., Rohayati, Tati., & Garadian, Endi Aulia. 2019. Fenomna Wakaf di Indonesia, Tantangan Menuju Wakaf Produktif. Badan Wakaf Indonesia. Jakarta.

Haq, Faishal., & Anam, H. A. Saiful. 2002. Hukum Wakaf dan Perwakafan di Indonesia. PT. Garoeda Buana Indah. Pasuruan.

Hidayatullah, Syarif. 2016. Wakaf Uang Dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif di Indonesia. SALAM : Jurnal Sosial & Budaya Syar-i , 3(1), p. 1-20.

Hujriman. 2018. Hukum perwakafan di Indonesia. Deepublish. Yogyakarta.

IBTimes.ID. 2020. Data Populasi Penduduk Muslim 2020: Indonesia Terbesar di Dunia. Dipetik Desember 1, 2021, dari : https://ibtimes.id/data-populasi-pendudukmuslim-2020-indonesia-terbesar-di-dunia/.

Kasdi, Abdurrahman., Moerdiyanto., & Zuha, Abu. 2014. Permberdayaan Wakaf Produktif Berbasis Wirausaha. Idea Pres. Yogyakarta.

M Paksi, Gerindra., Manzilati, Asfi., & Ekawaty, Marlina. 2020. Wakaf Bergerak Teori dan Praktik di Asia. IKAPI. Malang.

Sari, Elsi Kartika. 2006. Pengantar Hukum Zakat dan Wakaf. PT. Grasindo. Jakarta.

Soemitra, Andri. 2010. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Kencana. Jakarta.

Downloads

Published

2021-12-17