STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM KERUPUK DESA TLASIH TULANGAN SIDOARJO

Authors

  • Mahilda Anastasia Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Renny Oktafia Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7773

Keywords:

Strategi Pemasaran Syariah, Daya Saing, UMKM, Analisis SWOT

Abstract

Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan sebuah perusahaan atau pabrik secara menyeluruh. Dalam kegiatan pemasaran sering kali menjumpai orang yang curang dan terjadi penipuan, tetapi jika kita menerapkan sistem Islam dalam pemasaran maka hal-hal seperti itu tidak akan terjadi. Pada dasarnya, bagi umat Islam Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan kita bagaimana sistem pemasaran Islami. Namun, karena masyarakat telah bertumpu pada sistem pemasaran konvensional, maka sistem pemasaran syariah kurang dikenal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapat gambaran mengenai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing, dan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan strategi pemasaran yang telah dilakukan. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif, penelitian ini dilakukan di UMKM Kerupuk Desa Tlasih. Teknik pengumpulan datanya dengan dokumentasi dan wawancara. Hasil dari analisis efektifitas strategi pemasaran menunjukkan adanya peningkatan penjualan dari bulan ke bulan dan pernah mengalami penurunan penjualan hal ini dapat dijadikan sebagai acuan efektifitas strategi pemasaran dalam persaingan antar pabrik kerupuk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariwibowo, Muhamad Eko. 2019. Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Tinggi Swasta. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(2), p. 181-190.

Atmoko, Temoteus Prasetyo Hadi. 2018. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), p. 83-96.

Kusumastuti, Adhi dan Khoiron, Ahmad Mustamil. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo. Semarang.

Latifah, Fitri Nur., Maika, M. Ruslianoor., & Ariyanti, Novia. 2019. PKM Geo UMKM Desa Kenongo. Jurnal Pemberdayaan : Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 3(3), p. 259-266.

Mohamad, Rifki., & Niode, Idris Yanto. 2020. Analisis Strategi Daya Saing (Competitive Advantage) Kopia Karanji Gorontalo. Oikos-Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis, 13(1), p. 1-14.

Ningsih, Desy Dwi Sulastriya ., & Maika, M. Ruslianor. 2020. Strategi Bauran Pemasaran 4P Dalam Menentukan Sumber Modal Usaha Syariah Pedagang Pasar Di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam (JIEI), 6(03), p. 693–702.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Book. Solo.

Nurcholifah, Ita. 2014. Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Syariah. Jurnal Khatulistiwa–Journal Of Islamic Studies, 4(1), p. 73-86.

Oktafia, Renny. 2017. Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Perkuatan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Di Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), p. 85-92.

Raco, Jozef. 2018. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. PT. Grasindo. Jakarta

Sani, Ageng Asmara., Wicaksana, Ragil Satria., & Ilmiah, Dunyati. 2019. Implikasi Adiba MSME Sebagai Instrumen Channeling Masyarakat UMKM Dalam Menggunakan Layanan Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 2(2), p. 38-49.

Shidiq, Umar., & Choiri, Miftachul. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya. Ponorogo.

Sudiarta, I Putu Lanang Eka., & Kirya, I Ketut & Cipta, I. Wayan. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja. Jurusan Manajemen Indonesia, 2(1).

Sukatmadiredja, Noneng. R., & Rosita, Windy Mella. 2019. Strategi Pemasaran Melalui Analisis SWOT Pada Perusahaan Kopi Lokal. Jurnal Ecopreneur.12 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), p. 12-25.

Downloads

Published

2021-11-07