STRATEGI PEMASARAN BERBASIS ONLINE PADA PRODUK BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) “SUKSES BERSAMA” DESA SUGIHWARAS KABUPATEN SIDOARJO

Authors

  • Riris Eka Widayanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Renny Oktafia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(1).6847

Keywords:

Strategi Pemasaran, Bisnis Online, BUMDes Sugihwaras

Abstract

Munculnya pandemi covid-19 harus disikapi oleh para pelaku usaha dengan penerapan langkah-langkah strategis untuk kelangsungan bisnisnya. Bisnis online pada situasi saat ini merupakan  sebuah  peluang atau kesempatan yang sangat menjanjikan dan terlebih juga menguntungkan untuk dikembangkan. Bisnis online juga tidak menutup kemungkinan adanya kendala, seperti persaingan yang ketat karena banyaknya kompetitor yang berdampak pada sempitnya cakupan pemasaran produk. Desa Sugihwaras merupakan salah satu desa yang sudah menjalankan roda perekonomian yaitu melalui pembentukan BUMDes. Salah satu bentuk inovasi yang sedang dikembangkan dan berjalan oleh BUMDes Sukses Bersama yaitu melakukan pemasaran produk BUMDes berbasis online melalui aplikasi market place yang dimiliki yaitu Elektronik Bumdes Sugihwaras (E-Bes). Tetapi sampai sekarang penggunaannya belum maksimal, sebab banyak masyarakat Desa Sugihwaras belum mengetahui adanya aplikasi tersebut, ketertarikannya hanya 40% saja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dan dampaknya pada perekonomian desa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadly, Hawangga Dhiyaul., & Sutama. 2020. Membangun Pemasaran Online dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 5(2), p. 213-222.

Hastriyandi, H., & Munandar, M. 2018. Penerapan Sistem Pemasaran Berbasis Online pada Produk Badan USAha Milik Desa (Bumdes) “Usaha Bersama “Desa Sebayan Kabupaten Sambas. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), p. 189-195.

Kotler, Philips & Armstrong, Gary. 2011. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 (12th ed.). Erlangga. Jakarta.

Oktafia, R. 2017. Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Melalui Perkuatan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (Lkms) Di Jawa Timur. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, (Seri 1), 85-92. Retrieved from http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/11.

Pamong. 2020. Penghargaan Bumdes Award 2020. Retrieved from Website Resmi Desa Sugihwaras: https://sugihwaras.desa.id/

Pradiani, T. 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), p. 46-53.

Primasatya, A. 2014. Penanganan Pembiayaan Mudharabah Bermasalah di Koperasi Syariah Kanindo Jatim (Studi di Koperasi Syariah Kanindo Jatim, Dau, Kabupaten Malang). Jurnal Ilmiah Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, 3.

Siswanto, & Tito. 2013. Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Likuiditas, 2(1), p. 80-86.

Sugiyono, P. D. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sulistiyowati, I., Akbar, A., & Latifah, F.N. 2021. Strategi Marketing 4.0 Pada UKM Danish Cake. In Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri, 2(2), p. 300-303.

Wandanaya, A. B. 2012. Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 5(2), p. 174-185.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59-66.

Yaqub, M. 2020. Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness pada E-Commerce. Jurnal Manajerial, 19(2), p. 198-209.

Downloads

Published

2021-05-01