THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, WORD OF MOUTH, AND KNOWLEDGE ON INTEREST IN SAVING AT BMT SARANA WIRASWASTA MUSLIM MALANG
DOI:
https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(2).17199Keywords:
Brand Image, Word of Mouth, Pengetahuan, Minat MenabungAbstract
Pemasaran memiliki peran penting dalam suatu perusahaan dan berkontribusi pada strategi produknya. Perusahaan di seluruh dunia membutuhkan seorang pemasar yang tepat dipercaya untuk memasarkan barang atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Image, Word of Mouth,dan pengetahuan terhadap minat menabung di BMT sarana wiraswasta Muslim. Proses penelitian ini menggunakan field research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 700 calon anggota BMT Sarana Wiraswasta Muslim Kota Malang. Peneliti mengambil sampel sebesar 100 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-probabilitas dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket. Hal ini menunjukan bahwa variabel brand image dan word of mouth berpengaruh terhadap minat menabung di BMT SWM Malang, sedangkan variabel pengetahuan tidak berpengaruh terhadap minat menabung di BMT SWM Malang. Hal ini menunjukan bahwa pengetahuan pedagang pasar landungsari dan pasar dinoyo sebagian besar belum mengetahui mengenai BMT SWM apalagi istilah produk dan akad dalam BMT SWM masih asing bagi sebagian pedagang pasar.
Downloads
References
Akmal, Robby. 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Bandung Kelurahan Taman sari). Jurnal Ilmiah, 2(2), p. 1–16.
Amiarno, Yudi. 2022. Bauran Pemasaran, Word of Mouth dan Brand Image Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Radioterapi. Journal of Public Health Education, 1(3), p. 117–129.
Asnawi, Nur., & Mayhuri. 2011. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran (I. Rahmawati (ed.); 2nd ed.). UIN-Malang Press. Malang.
Dafiq, Bahrul Ilmi., Hidayati, Amalia Nuril., & Habib, Muhammad Alhada F. 2022. Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Digital, Digital Marketing, Brand Image dan Word of Mouth Terhadap Minat Generasi Z Pada Bank Syariah. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(11), p. 4971–4982.
Febriyanti, Riska., & Rahayu, Yayuk Sri. 2024. The Influence Of Word Of Mouth And Brand Image On Purchase Intention With Product Knowledge As A Medition Variable. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 7(1), p. 100-110.
Fenanda, Zakiah Intan., & Solekah, Nihayatu Aslamatis. 2018. Analisis Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Dengan Brand Equity Sebagai Variabel Mediasi. Iqtishoduna, 14(2), p. 103–122.
Ghozali, Imam., & Lantan, Hengky. 2015. Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program Smart PLS 3.0. Universitas diponegoro. Semarang.
Huda, Nurul., Hudori, Khamim., Pahlevi, Rizal., Badrusaa’diyah., Mazaya, Dea., Sugiarti, Dian. 2017. Pemasaran Syariah Teori Dan Aplikasi (1st Ed.). Kencana. Jakarta.
Islam, Darul., Kurniawan, Moh Zaki., & Masrunik, Endah. 2023. Pengaruh Digital Marketing, Brand Image, Dan Word of Mouth (WOM) Terhadap Minat Menabung Nasabah Di BPRS Lantabur Tebuireng Cabang Gresik. Ekuivalensi Jurnal Ekonomi Bisnis, 9(1), p. 154-169.
Kotler, Philip., & Armstrong, Gary 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip., & Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management. Pearson. England.
Lestari, Ajining. 2021. Pengaruh E-Word Of Mouth, Brand Image dan Pengetahuan Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Bandungan). Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Miharta, Kevin Junjung., & Khusnudin. 2022. Pengaruh Reputasi, Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Produk Pembiayaan Murabahah Pada Bank Muamalat Kc Kediri. NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 8(1), p. 57–65.
Nadyan, Arfid Fahtun., & Rahmi, Dewi. 2023. Pengaruh Pengetahuan, Religiositas, Persepsi, Dan Media Informasi Terhadap Minat Investor Melakukan Wakaf Saham. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), p. 53–60.
Nugraha, Diki Egie., & Khusnudin. 2024. The Influence of Knowledge, Motivation, and Religiosity on the Decision of Easy Wadiah Savings Customers with Trust as an Intervening Variable. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(1), p. 369–389.
Pamilih, Isnaeni., & Widhiastuti, Ratieh. 2020. Pengaruh Bagi Hasil, Brand Image, Dan Keragaman Produk Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Dengan Promosi Sebagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal, 2(1), p. 18–23.
Ruslan, Rosady. 2017. Metode Penelitian : Public Relations dan Komunikasi (1st ed.). PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Safitri, Eka Nur., & Mubarak, Zaki. 2022. Pengaruh Brand Image Dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Masyarakat di Kota Banjarmasin Pada Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), p. 2875–2881.
Said, Abu. 2018. Pengaruh Brand Image, Word of Mouth, Dan Iklan, Terhadap Minat Menabung Di BMT Se-Kabupaten Demak. Tesis Master, Pascasarjana Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Kudus.
Sernovits, Andy. 2012. Word Of Mouth Marketing : How Smart Companies Get People Talking (3rd Ed.).Greenleaf Book Group Press. United State.
Suprihati., Sumadi., & Tho’in, Muhammad. 2021. Pengaruh Religiusitas, Budaya, Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Koperasi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), p. 443-450.
Syaifullah, Ihwan Aindi., & Priyatno, Prima Dwi. 2022. Pengaruh Literasi Keuangan, Brand Image, Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Masyarakat Jabodetabek Pada Bank Syariah. Syi`ArIqtishadi : Journal Of Islamic Economics, Finance And Banking, 6(1), p. 55-74.
Zainullah., Supriyanto, Ahmad Sani., & Siswanto. 2021. Pengaruh Word of Mouth dan Promosi Terhadap Minat Menabung Anggota di KSPS BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking And Finance, 4(2), p. 317–326.