ANALISIS MINAT PENGGUNA MOBILE UGT DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)
DOI:
https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(2).17513Keywords:
Minat, Kegunaan, KemudahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemudahan dan kemanfaatan mempengaruhi kecenderungan pengguna dalam menggunakan Mobile UGT Nusantara Capem Karang Ploso. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan survei sebagai metodologinya. Penelitian ini dilakukan di BMT Nusantara Capem Karang Ploso. Populasi penelitian ini adalah 2.703 dari pengguna Mobile UGT di BMT UGT Nusantara Capem Karang Ploso Malang. Perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus slovin sehingga diketahui jumlah sampel sebanyak 80 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara parsial antara minat menggunakan Mobile UGT dengan kemudahan dan kemanfaatan, serta hubungan yang signifikan secara parsial antara minat menggunakan Mobile UGT dengan kegunaannya. Hal ini disebabkan karena fitur-fitur yang memenuhi kebutuhan perbankan sehari-hari serta kemampuan aplikasi untuk memberikan layanan cepat dan mudah diakses di perangkat mobile.
Downloads
References
Ashsifa, Izza. 2020. Pengaruh Technology Accceptance Model (TAM) Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Niat penggunaan Mobile Banking Secara Berkelanjutan (Privasi Dan Personalisasi Sebagai Variabel Moderasi). TECHNOBIZ : International Journal of Business, 3(1), p. 25-29.
Atawarman, Rita J. D. 2022. Pengaruh Resiko, Kegunaan, Kepercayaan, Dan Kemudahan Terhadap Sikap Penggunaan Mobile Banking Di Kota Ambon. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), p. 1–10.
Chen, Lijun., & Aklikokou, Apetogbo Komlan. 2020. Determinants of E-government Adoption : Testing the Mediating Effects of Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use. International Journal of Public Administration, 43(10), p. 850–865.
Darista, Sallika Marra Rizki., & Mujilan. 2021. Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi OVO Sebagai Alat Pembayaran E-Money. JRMA : Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntasi, 09(1), p. 27–37.
Davis, Fred D., Bagozzi, Richard P., & Warshaw, Paul R. 1989. User Acceptance of Computer Technology : A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), p. 982–1003.
Farizi, H., & Syaefullah. 2013. Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Resiko dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan Internet Banking. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(1), p. 1-18.
Febianti, Yopi Nisa., Umaroh., & Rusdiyana. 2023. Pengaruh Kepemilikan Aplikasi Mobile Banking Dan Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Di Kalangan Mahasiswa Fkip Ugj Cirebon. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), p. 82–90.
Firmansyah, Irfan Achmad., Yasirandi, Rahmat., & Utomo, Rio Guntur. 2022. The influence of Efficacy, Credibility, and Normative Pressure to M-banking Adoption Level in Indonesia. Procedia Computer Science, 197(1), p. 51–60.
Giandi, Oxy., Irawan, Isa., & Ambarwati. 2020. Determinant of Behaviour Intention and Use Behaviour among Bujalapak's Consumers. IPTEK The Journal for Technology and Science, 31(2), p. 158-168.
Iriani, Annisa Fitri. 2018. Minat Nasabah dalam Penggunaan Mobile Banking Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Kota Palopo. DINAMIS- Journal of Islamic Management and Bussines, 2(2), p. 99-111.
Ledesman, Mario. 2018. Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, dan Penggunaan terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking (Studi Pada BSM Cabang Bandar Jaya). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Maghfuroh, Nuril Laila., Qanita, Ariza., Ridwan, Muhtadi., & Khusnudin. 2023. Ekspansi Perkembangan Ekonomi pada Masa Bani Umayyah dan Era Industri 5.0. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (JEBI), 3(2), p. 125–140.
Maulana, Rian., Iskandar., & Mailany, Masrura. 2019. Pengaruh Penggunaan Mobile Banking Terhadap Minat Nasabah Dalam Bertransaksi Menggunakan Technology Acceptance Model. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), p. 146-155.
Md Ali, Norhayati., Nik Mat, Nik Kamariah., & Ali, Noraini Md. 2015. The Conceptual Framework for E-Commerce Adoption Model. American Journal of Economics, 5(2), p. 148-154.
Mukhtisar., Tarigan, Ismail Rasyid Ridla., & Evriyenni. 2021. Pengaruh Efisiensi, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking (Studi pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh). Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance., 3(1), p. 56-72.
Nurdin., Ningrum, Rukma., Bacmid, Sofyan., & Jalil, Abdul. 2021. Pengaruh Manfaat, Kepercayaan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Di Bank Mega Syariah Cabang Palu. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 3(1), p. 30–45.
Purba, Elidawaty., Purba, Bonaraja., Syafii, Ahmad., Khairad, Fastabiqul., Damanik, Darwin., Siagiean, Valentine., Ginting, Ari Mulianta., Silitonga, Hery Pandapotan., Fitrianna, Nurma., SN, Arfandi., & Ernanda, Revi. 2021. Metode Penelitian Ekonomi. Yayasan Kita Menulis. Medan.
Rahmat, Tri. 2019. The Influence of Perceived Ease of Use and Usefulness of The Academic Registration System on the Attitude of Using online Study Plan Card (KRS). Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 12(3), p. 260-277.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R dan D. Alfabeta. Bandung.
Tarantang, Jefry., Awwaliyah, Annisa., Astuti, Maulidia., & Munawaroh, Meidinah. 2019. Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Al-Qardh, 4(1), p. 60–75.
Wulandari, Widya., Japarianto, Edwin., & Tandijaya, Trixie Nova Bella. 2022. Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Perilaku Konsumen Mobile Banking Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(2), p. 126–132.
Yogananda, Andrean Septa., & Dirgantara, I Made Bayu. 2017. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Menggunakan Uang Elektronik. Diponegoro Journal of Management, 6(4), p. 116-122.