THE INFLUENCE OF KNOWLEDGE, MOTIVATION, AND RELIGIOSITY ON THE DECISION OF EASY WADIAH SAVINGS CUSTOMERS WITH TRUST AS AN INTERVENING VARIABLE

Authors

  • Diki Egie Nugraha Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Khusnudin Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(1).16652

Keywords:

Pengetahuan, Motivasi, Religius, Kepercayaan, Keputusan Nasabah

Abstract

Perbankan syariah di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan hingga tahun 2022, dengan jumlah lembaga mencapai 198 lembaga, antara lain bank umum syariah, unit usaha syariah, dan bank pembiayaan rakyat syariah. Bank Syariah Indonesia sebagai pionir perkembangan bank syariah modern telah menghadirkan produk unggulan seperti Tabungan Wadiah Mudah yang digemari masyarakat. Agar tetap kompetitif, Bank Syariah Indonesia terus berupaya memberikan layanan terbaik dengan fokus pada kepercayaan masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, motivasi, dan religiusitas terhadap keputusan pelanggan secara langsung dan tidak langsung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi nasabah Tabungan Easy Wadiah di Kota Malang. Sampel minimal 50 responden ditentukan dengan menggunakan metode statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, religiusitas, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pelanggan. Kepercayaan juga memediasi hubungan antara pengetahuan dan motivasi dan keputusan pelanggan. Metode analisis Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan aplikasi SmartPLS 4.1.0.0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghifari, M. Irza., & Khusnudin. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga dan Biaya Terhadap Loyalitas Nasabah di Bank Syariah Indonesia. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 5(2), p. 421-434.

Andespa, Roni. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung di Bank Syariah. Al Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, 2(1), p. 43–57.

Almakhali, Helfi Fitron., Adiyanto, Mochamad Reza., & Rahayuningsih, Eni Sri. 2023. Analisis Kelayakan Usaha Rumah Potong Hewan Ditinjau Dari Aspek Teknis dan Sumber Daya Manusia. Journal of Economic, Business and Accounting, 7(1), p. 2274–2288.

Ansori, Abdul Ghofur. 2009. Perbankan Syariah di Indonesia. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Astrila, Gina. 2014. Pengaruh Tingkat Pengetahuan Tentang Pesan Halal terhadap Tingkat Kepercayaan Pada Produk Kosmetik (Studi Eksplanatif Pengaruh Tingkat Pengetahuan Tentang Pesan Halal Terhadap Tingkat Kepercayaan Mahasiswi UII Yogyakarta Pada Produk Kosmetik Wardah). Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Darsini., Fahrurrozi., & Cahyono, Eko Agus. 2019. Pengetahuan ; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), p. 95-107.

Fauziah, Nafisah Wahyu., & Segaf. 2022. Seberapa Pengaruh Penetapan Nisbah Bagi Hasil, Inflasi dan Jumlah Uang terhadap Deposito Mudharabah di Indonesia. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 5(2), p. 435-447.

Gampu, Anggita Novita., Kawet, Lotje., & Uhing, Yantje. 2015. Analisis motivasi, persepsi dan Pengetahuan terhadap Keputusan Nasabah Memilih PT. Bank Sulutgo Cabang Utama Manado. In 1330 Jurnal EMBA, 3(3), p. 1330-1340.

Ghozali, Imam., & Latan, Hengky,. 2014. Partial Least Squares (Konsep Teknik Dan Aplikasi) Menggunakan Program Smart PLS 3.0. UNDIP. Semarang.

Hair, Joe F., Sarstedt, Marko., Hopkins, Lucas., & Kuppelwieser, Volker G. 2014. Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool In Business Research. European Business Review, 26(2), p. 106–121.

Halik, Abdul. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa, Kualitas Layanan dan Nilai Religiusitas Terhadap Kepercayaan Nasabah dan Imlikasinya pada Komitmen Nasabah Bank Umum Syariah di Wilayah Gerbang Kertasusila Jawa Timur. JHP17 Jurnal Hasil Penelitian LPPM Untag Surabaya, 1(1), p. 123-148.

Hasan, Irmayanti Yanti., & Faricha Wati, Mirro. 2022. The Influence of Knowledge, Religiosity, and Social Environment on Interest in Saving in Islamic Banking. Proceeding ICONIES Faculty of Economics UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, p. 109–116.

Ikbal, Muh., Ridwan, Muhtadi., & Khusnudin. 2023. Studi Komparatif Makro Ekonomi Pemikiran Cendikiawan Muslim Klasik dan Kontemporer (Abu Ubaid, Abu Yusuf, Yahya Bin Adam, Muhammad Abdul Manan, M. Umer Chapra. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), p. 1290–1295.

Jalaludin, Arif. 2015. Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Wadiah. Ekonologi: Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), p. 95–100.

Jasin, Hanifah., Mujiatun, Siti., Rambe, Muis Fauzi., & Siregar, Rahmad Bahagia. 2021. Apakah Kepercayaan Memediasi Pengaruh Reputasi Bank dan Religiusitas Terhadap Purchase Intention ?. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(1), p. 86–102.

Kotler, Philip., & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran (edisi kedua belas). Pt. Indeks Jakarta. Jakarta.

Laka, Beatus Mendelson., Burdam, Jemmi., & Kafiar, Elizabet. 2020. Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation In Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), p. 69-74.

Maisur., Arfan, Muhammad., & M. Sabhri, M. 2015. Pengaruh Prinsip Bagi Hasil, Tingkat Pendapatan, Religiusitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Bank Syariah di Banda Aceh. Jurnal Magister Akuntansi, 4(2), p. 1–8.

Mariyono, Joko. 2013. Determinants of Customer in Selecting Sharia Banking System For Saving in East Java-Indonesia. In Business, and Accountancy Ventura, 16(3), p. 457-472.

Mostafa, Rasha H. A., & Ibrahim, Mohamed Mahmoud. 2020. The Effects of Customer Equity and Religious Motivation on Customer Retention and Switching Intention: A Study of The Egyptian Banking Sector. Journal of Islamic Marketing, 11(6), p. 1873–1891.

Nuralan, Sitti., Ummah BK, Muh Khaerul., & Haslinda. 2022. Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi di SD Negeri 5 Tolitoli. Pengembangan Pendidikan DanPembelajaran Sekolah Dasa, 1(1), p. 13–24.

Nurmaeni, Rokhmania., Hasanah, Siti., & Widowati, Mustika. 2020. Analisis Pengaruh Hedonisme, Religiusitas, Motivasi, dan Promosi Terhadap Keputusan Menabung Pada bank Syariah (Studi Kasus Pada PT. Bank BRI Syariah, Tbk Kantor Cabang Pembantu Majapahit Semarang). Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 3(2), p. 303–313.

Octavini, Nanda Andreas., Suharto., & Dharmawan. 2020. Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Pengetahuan Produk Terhadap Kepercayaan Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Online di Sociolla Pada Mahasiswi S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro Lampung. Journal of Economics Management, 1(1), p. 34–50.

Oktaviana, Ulfi Kartika., & Wicaksono, Ahmad Tibrizi Soni. 2022. Customer Satisfaction and Financial Reformance : Does it Mediate Customer-Centric on Islamic Bank Value?. Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 10(2), p. 163-180..

Pabbajah, Mustakim., Widyanti, Ratri Nurina., & Widyatmoko, Widi Fajar. 2019. The Factors of Sevice, Religiosity and Knowledge in The Decision oF Customers to Save Funds In Sharia Bank in Yogyakarta City. International Journal of Business, Humanities, Education, and Social Sciences, 1(2), p. 13–26.

Pace, Stefano. 2014. Effects of Intrinsic and Extrinsic Religiosity On Attitudes Toward Products: Empirical Evidence of Value-Expressive and Social-Adjustive Functions. The Journal of Applied Business Research, 30(4), p. 1227-1238.

Parastika., Hartini, Titin., & Amri, Ulil. 2021. Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 10(1), p. 177–187.

Pratiwi, Dini Wahyu., & Rdilwan, Ahmad Ajib. 2019. Pengaruh Religiusitas, IGCG, dan Motivasi Terhadap Kepercayaan Muzaki Pada Amil Zakat Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), p. 72–84.

Rahmawati, Endah Nur., Kafid, Nur., & Wijaya, Taufiq. 2017. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Masyarakat Memilih Produk Pembiayaan Pada Bank Syariah. 'Anil Islam, 10(1), p. 3-24.

Rahmayani, Hafni., Zuhirsyan, Muhamad., & Wathan, Hubbul. 2021. Pengaruh Motivasi Menghindari Riba dan pengetahuan Produk Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Marhamah Pada PT. Bank Sumut Syariah Cabang Medan. Jurnal Syirkah, 7(2), p. 153–162.

Risma, Lidia. 2023. Analisis Pengaruh Citra Perusahaan, Kepercayaan Anggota dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Menabing Pda Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Bisma, 8(4), p. 845–858.

Robbins, Stephen E., & Judge, Timothy A. 2008. Perilaku Organisasi (kedua). Salemba Empat. Jakarta.

Rondonowu, Marshel. 2013. Tingkat Pendidikan, Motivasi Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Nasabah Priority Banking Bank Sulut. Jurnal EMBA, 1(3), p. 257–264.

Rorie, Agatha Gratia Sara, Tumbel, Altje L., & Gunawan, Emilia. 2022. Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, Dan Hukum), 6(1), p. 365–376.

Roziq, Ahmad., & Diptyani, Rinanda Fitri. 2013. Variabel Penentu dalam Keputusan Memilih Tabungan Mudharabah Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jember. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 12(1), p. 1–24.

Soebakir, Budi D., Lumanauw, Bode., & Roring, Ferdy. 2018. Pengaruh Brand, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli di Kedai Kopi Gudang Imaji Manado. Jurnal EMBA, 6(4), p. 3843–3852.

Sudana, I. Ketut., Anggreni, Nih Luh Putu Yesi., & Indrawan, I. Putu Eka. 2021. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Pembelian Pada Kober Mie Setan (Studi Kasus Pada Kober Mie Peguyangan). Wiyadari : Jurnal Pendidikan, 22(2), p. 555–561.

Touré-Tillery, Maferima., & Fishbach, Ayelet. 2011. The course of motivation. Journal of Consumer Psychology, 21(4), p. 414–423.

Usvita, Mega. 2021. Pengaruh Religiusitas dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Keputusan Menabung Pada Bank Nagari Syariah KCP Simpang Empat. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(1), p. 47–53.

Yoeliastuti., & Faridah. 2023. Pengaruh Sikap Konsumen Dan Motivasi Pembelian Terhadap Kepercayaan Konsumen Menggunakan Aplikasi Tiket.Com. Jurnal Lentera Bisnis, 12(3), p. 704-715.

Yolanda, Nia., Putri, Rita Dwi., & Anggreni, Nidia. 2022. Pengaruh Pengetahuan Produk Tabungan, Citra Perbankan dan Persepsi Mengenai Suku Bungs Simpanan Terhadap Keputusan Menabung(Studi Kasus pada Bank BRI Unit Selayo). JIRK Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(5), p. 2161–2180.

Yustina, Tantri. 2016. Keterkaitan Antara Motivasi, Kepercayaan, Norma Subyektif, Sikap Terhadap Niat Untuk Berbagi Pengetahuan. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 18(1), p. 52–63.

Zuhirsyan, Muhammad., & Nurlinda. 2021. Pengaruh Religiusitas, Persepsi Dan Motivasi Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Perbankan Syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2(2), p. 114–130.

Downloads

Published

2024-05-20