THE INFLUENCE OF WORD OF MOUTH AND BRAND IMAGE ON PURCHASE INTENTION WITH PRODUCT KNOWLEDGE AS A MEDIATION VARIABLE

Authors

  • Riska Febriyanti Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Yayuk Sri Rahayu Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(1).16785

Keywords:

Word of the Mouth, Brand Image, Product Knowledge, Purchase Intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth dan brand image terhadap purchase intention pada nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Malang dengan product knowledge sebagai variabel mediasi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 135 responden yang diambil dari nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Malang yang termasuk usia remaja dan usia produktif. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner yang disebar melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa word of mouth tidak berpengaruh terhadap purchase intention namun word of mouth berpengaruh signifikan terhadap product knowledge, brand image berpengaruh signifikan terhadap purchase intention dan product knowledge, product knowledge berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Word of mouth berpengaruh signifikan terhadap purchase intention yang dimediasi oleh product knowledge secara penuh, brand image berpengaruh signifikan terhadap purchase intention yang dimediasi oleh product knowledge secara parsial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Pandit Fatih., Alboneh, Zaenab., & Ardiansyah, Firman. 2021. Analisis Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Sebelum Merger Menjadi Bank Syariah Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 1(1), p. 95–110.

Aisah, Iin Nur., & Wahyono. 2018. The Influence of Store Atmosphere, Product Knowledge and Brand Image Toward Purchase Decision Through Word of Mouth. Management Analysis Journal, 7(2), p. 189-200.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Databoks. 2023. BSI, Bank Syariah yang Paling Banyak Digunakan Masyarakat Indonesia. Diakses 18 Oktober 2023 dari : https://databoks.katadata.co.id/index.php/datapublish/2023/05/03/bsi-bank-syariah-yang-paling-banyak-digunakan-masyarakat-indonesia.

Fenanda, Zakiah Intan., & Solekah, Nihayatu Aslamatis. 2018. Analisis Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Dengan Brand Equity Sebagai Variabel Mediasi. IQTISHODUNA, 14(2), p. 103-122.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Universitas Diponegoro Press. Semarang.

Isyanto, Puji., Sapitri, Rahayu Gita., & Sinaga, Obsatar. 2020. Micro Influencers Marketing And Brand Image To Purchase Intention Of Cosmetic Products Focallure. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(1), p. 601–605.

Karpińska-Krakowiak, Malgorzata. 2013. The Impact of Consumer Knowledge on Brand Image Transfer in Cultural Event Sponsorship. Polish Sociological Review, 182(2), p. 185–208.

Khoirunnisa, Dea., & Albari. 2023. The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intentions With E-WOM as a Mediator Variable. International Journal of Research in Business and Social Science, 12(1), p. 80–89.

Kotler, Philip., & Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management–15/E. Pearson Education. United Kingdom.

Lubis, Adelina., Effendi, Ihsan., & Rosalina, Dhian. 2022. Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Medan. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(4), p. 896-902.

Malhotra, Naresh K. 2009. Riset Pemasaran, Edisi keempat, Jilid 1. PT Indeks. Jakarta.

Manuarang, Romario Nimrod., & Mawardi, Mukhammad Kholid. 2018. Pengaruh Product Knowledge Terhadap Purchase Intentio. Jurnal Administrasi Bisnis, 55(3), p. 41-47.

Nurlaeli, Ida. 2017. Pengaruh Faktor Budaya, Psikologi, Pelayanan, Promosi dan Pengetahuan tentang Produk terhadap Keputusan Nasabah Memilih BPRS di Banyumas. Islamadina, 18(2), p. 75-106.

Otoritas Jasa Keuangan. 2022. Infografis Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. Diakses pada 26 Oktober 2023 dari https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Infografis-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx

Prayogi, Kenta Dimas., Fatimah, Feti., & Nursaidah. 2022. Pengaruh Word of Mouth, E-Word of Mouth dan E-Servqual terhadap Purchase Intention Jasa Ojek Online (GOJEK) di Kabupaten Jember. BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting, 4(1), p. 151–165.

Rosanti, Hani., & Rahayu, Yayuk Sri. 2023. Corporate Image as Mediator of Islamic Marketing Mix to Intention in Becoming a Customer of Bank Syariah Indonesia in East Java. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 10(3), p. 305–321.

Ruhamak, M. Dian., & Rahayu, Budi. 2016. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English Course Pare. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2), p. 188-204.

Saputra, Dennis Eka. 2018. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah Mandiri Depok. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sernovitz, Andy. 2009. Word of Mouth Marketing : How Smart Companies Get People Talking. Kaplan Publishing. New York.

Shalsabilah, Nora Aulya., & Firmansyah, Fani. 2023. The Influence of Content Marketing and Product Knowledge on Generation Z Purchase Intention in Using Bank Syariah Indonesia services. Ecogen Journal, 6(3), p. 317–328.

Wahyuni, Ni Luh Gede., & Suparna, Gede. 2014. Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge Terhadap Purchase intention Produk Tas Tiruan Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 3(4), p. 1022-1034.

Wibowo, Edi., & Su, Setyaningsih. 2021. The Effect of Word of Mouth on Purchase Intention with Brand Image as a Mediation Variable (Survey of Surakarta Gacoan Noodle Consumers Pengaruh Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Survey Pada Konsumen Mie Gacoan Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 1(1), p. 97–105.

Yussitha, Kharisma Putri., Hasan, Irmayanti., & Rahayu, Yayuk Sri. 2023. The Effect Word of Mouth on Saving Intention through Brand Image as an Intervening Variable. Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(1), p. 170-180.

Downloads

Published

2024-04-21