PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN AKSES INFORMASI TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DI PT URECELL

Authors

  • Nafis Usfadhiya Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Miswan Ansori Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(2).19005

Keywords:

Pengetahuan Produk, Akses Informasi, Minat Karyawan, Lembaga Keuangan Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan produk dan akses informasi  terhadap minat karyawan PT. Urecell dalam mengambil pembiayaan di lembaga keuangan syariah di Kabupaten Jepara. Dengan semakin maraknya lembaga keuangan syariah maka penting untuk memahami bagaimana pengetahuan dan akses informasi  dapat mempengaruhi minat karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 105 karyawan PT. Urecell Indonesia yang terletak di Kabupaten Jepara. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat karyawan. Lebih lanjut, akses informasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat karyawan. Pengetahuan produk  dan akses informasi yang baik dapat meningkatkan minat karyawan. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi manajemen lembaga keuangan syariah dalam meningkatkan pengetahuan produk dan akses informasi untuk memperkuat minat masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Novita., Ilato, Rosman., & Payu, Boby R. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(2), p. 70–79.

Ansori, Miswan., & Mubarok, 2022. Implementasi Enterprise Resources Planning (Erp) Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), p. 152–162.

Apriyanti, Hani Werdi. 2019. Perkembangan Industri Perbankan Syariah Di Indonesia : Analisis Peluang Dan Tantangan. Maksimum, 7(1), p. 16–29.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Rineka Citra. Jakarta.

Aswad, Al., & Patimbangi, Andi. 2022. Pengaruh Literasi Perbankan Syariah dan Produk Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank syariah. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah), 1(1), p. 1–11.

Batubara, Soulthan Saladin., Pulungan, Delyana Rahmawany., & Yenty, Musfa. 2020. Analisis Determinan Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(1), p. 23–37.

Dhiba, Puteri Farah., Nizam, Ahmad., & Dianah, Azimah. 2020. Pengaruh Pengetahuan Produk, Religiusitas, dan Sikap Terhadap Perilaku Mahasiswa Pengguna Produk Kecantikan Korea Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Ekobis; Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah, 4(2), p. 1–12.

Faidah, Aini Nur., & Anam, Samsul. 2017. Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Perilaku Memilih Lembaga Keuangan Syariah Dengan Sikap Terhadap Produk Sebagai Variabel Intervening. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 8(1), p. 1524–1546.

Hidayatullah, Kharisma Rizki., Astuti, Endang Siti., & Susilo, Heru. 2015. Pengaruh Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Dan Keputusan Pembelian Secara Online (Survei Pada Konsumen www.ardiansmx.com). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), p. 56–63.

Jobber, David., & Ellis-Chadwick, Fiona. 2016. Principles and Practice of Marketing. McGraw-Hill Education. United Kingdom.

Khairunnisa, Baiq Vidia. 2015. Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Minat Menggunakan Produk Pembiayaan Mudharabah Bank Syariah Di Mataram Melalui Sikap Sebagai Variabel Intervening. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Airlangga.

Murti, Candra Giri., Maynawati, Aldila Fitri. Radite Nur., & Edmawati, Mahmuddah Dewi. 2021. Pengaruh Layanan Informasi Melalui Daring Terhadap Peningkatan Minat Studi Lanjut Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Sma N 3 Sukoharjo. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 2(2), p. 100–1113.

Nisa, Dita Hasnatun. 2021. Analisis Pengaruh Pengetahuan, Pendapatan, Religiusitas dan Akses Media Informasi terhadap Minat Berwakaf Pada Cash Waqf Linked Sukuk (SWLS). Skripsi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia.

Putri, Yulia., Solihat, Ani., Rahmayani, Rani., Iskandar, Iis., & Trijumansyah, Andry. 2019. Strategi meningkatkan Minat Menabung di Bank Syariah melalui Penerapan Religiusitas. Jurnal Manajemen dan Bisnis : Performa, 16(1), p. 77–88.

Rijal, Nurjannah., Lutfi, Mukhtar., & Sirajudin. 2023. Pengaruh Pengetahuan, Religiusias Dan Akses Media Informasi Terhadap Minat Masyarakat Berwakaf pada Cash Waqf Linked Sukuk. Adz Dzahab : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 8(2), p. 225–242.

Sa’adah, Hikmatus., & Rusydi, Ibnu. 2023. Pengaruh Pengetahuan Tentang Produk-Produk Perbankan Syariah Terhadap Minat Mahasiswa Fakultas Agama Islam Menjadi Nasabah Di Bank Syariah. Journal of Sharia Economics and Finance, 2(2), p. 112–123.

Sari, Mutiara Ardiya., & Ul Husaen, Fuad Dhiya. 2024. Pengaruh Pengetahuan Produk, Tingkat Pemahaman Produk Dan Kesadaran Religiusitas Terhadap Minat Menabung Di BSI Pada Generasi Z. El-Amwal : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 7(1), p. 1–18.

Schiffman, Leon G., & Kanuk, Leslie Lazar. 2000. Consumer Behavior. Prentice Hall. United States.

Sidi, Very., & Melina, Ficha. 2023. Pengaruh Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Perbankan Syariah. Islamic Business And Finance (IBF), 4(2), p. 131–143.

Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung.

Wilson, T. D. 2000. Human Information Behavior. Information Science Research, 3(2), p. 49-55.

Downloads

Published

2024-11-30