IMPLEMENTASI HYBRID CONTRACT PADA GADAI EMAS BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBATU BATU DIPONEGORO DALAM PERSPEKTIF MUAMALAH

Authors

  • Muhammad Harun Fakultas Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura
  • Taufiqur Rahman Fakultas Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).14368

Keywords:

Bank Syariah Indonesia, Gadai Emas, Hybrid Contract

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya salah satu produk di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu Batu Diponegoro. Yaitu, gadai emas yang dimana masyarakat yang mau dan akan menggadaikan barangnya harus selektif dalam memilih produk yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhannya akan tetapi harus sesuai dengan prinsip syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hybrid contract yang dilaksanakan telah sesuai dengan prinsip muamalah. Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif karena berlandaskan observasi dan pengamatan saat kegiatan sedang berlangsung. Berdasarkan penelitian dan pembahasan tentang “implementasi hybrid contract pada gadai emas Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Batu Diponegoro” dapat diambil beberapa kesimpulan. Diantaranya, implementasi akad gadai emas syariah yang ada pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP. Batu Diponegoro telah melaksanakan tugasnya dengan berpedoman pada kesesuaian Fatwa DSN-MUI No. 26/DSN-MUI/III/2002 tentang rahn emas dan No. 25/DSN-MUI/III/2002 tentang rahn. Hal ini dapat di lihat dalam akad yang digunakan, prosedur pengajuan gadai emas, rukun dan syarat, dan penjualan barang gadai berdasarkan prinsip syariah. Menurut hukum Islam, implementasi hybrid contract pada gadai emas ini sudah memenuhi rukun dan syarat dan tidak ada indikasi pelanggaran hukum Islam sehingga implementasi ketiga akad tesebut pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Batu Diponegoro telah sah dan boleh dilaksanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristama, Ardiansyah., Pane, Erina., & Ja'far, A. Kumedi. 2022. Multi Akad dalam Gadai Emas Menurut Erwandi Tarmizi. Al-Maal : Journal of Islamic Economic and Banking, 3(2), p. 213-228.

Armen, Rio Erismen., & Hermawan, Aries. 2022. Implementasi Gadai Emas Di Bank Syariah Indonesia Dalam Perspektif Hukum Islam: Studi Kasus Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Kuningan. Al-Mashalih: Journal of Islamic Law, 3(1), p. 1-22.

Asy'ari, Qaiyim., Istiqwamah, & Muarrofah, Zitkil. 2022. Implementasi Gadai Emas Dengan Sistem Syariah. Jurnal Pengabdian Masyarakat IAIA Pamekasan, 1(2), p. 99-104.

Fatonah, Siti. 2017. Analisis Implementasi Rahn, Qardh dan Ijarah pada Transaksi Gadai Emas Syariah PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Serang. Banque Syar'i: Jurnal llmiah Perbankan Syariah, 3(2), p. 245-270.

Fauzi, Ade. 2015. Pemikiran Etika Bisnis M. Dawam Rahardjo. (A. A. Dzawafi, Ed.). Penerbit A-Empat. Serang.

Febrianasari, Silvia Nur. 2020. Hukum Ekonomi Islam dalam Akad Ijarah dan Rahn (Islamic Economic Law In The Ijarah And Rahn Contracts. Qawãnïn Journal of Economic Syaria Law, 4(3), p. 193-208.

Hanggara, Dimas Tomy., Jalaludi, Akhmad., & Tarmidzi. 2022. Implementasi Fatwa Nomor 25/DSN-MUI/III/2002 dalam Akad Gadai Emas. El Hisbah: Journal of Islamic Economic Law, 1(2), p. 15-30.

Junaeda. 2017. Konsep Gadai Emas dan Penerapannya pada Bank Syariah Mandiri Kota Palopo. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

Maulida, Rini. 2021. Mekanisme Produk Gadai Emas pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya 2. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.

Mubarok, Ilham Nailul. 2023. Penyelesaian Perkara Wanprestasi Akad Gadai Emas: Studi kasus di PT. Pegadaian Syariah cabang Bangkalan. Skripsi, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahi Malang.

Nurdiana, Dewi., Mudhofir., Nashirudin, Muh. 2022. Analisis Sharia Standard AAOIFI 19 tentang Loan (Qardh) pada Produk Rahn Emas di Pegadaian Syariah Solo Baru. Al-Iqtishadiyah: Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah, 8(2), p. 110-125.

Nurfadillah. 2020. Persepsi Masyarakat Muslim Kota Parepare terhadap fatwa MUI No. 1 tahun 2004 tentang bunga (Interst/Fa'idah). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Parepare.

Pertiwi, Siska Hana. 2021. Analisis Qardh dalam Pembiayaan Rahn di Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus Pinjaman Usaha). Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 1(2), p. 173-196.

Rahman, Taufiqur. 2021. Buku Ajar Fiqih Muamalah Kontemporer. Academia Publication. Lamongan.

Setiawan, Iwan. 2016. Penerapan Gadai Emas pada Bank Syariah Perspektif Hukum Ekonomi Islam. Al-Daulah: Jurnal Hukum dan Perundangan Islam, 6(1), p. 188-213.

Yusuf, Mohammad., & Ichsan, Reza Nurul. 2021. Bank Syariah Indonesia Service Quality : Social Perspective. Jurnal kajian Ekonomi dan Kebijakan publik, 6(2), p. 561-570.

Downloads

Published

2023-11-30