STRATEGI PEMASARAN PRODUK ARRUM HAJI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PEGADAIAN UPC TELUK KUANTAN

Authors

  • Meri Yuliani Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS)
  • Dian Meliza Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS)
  • Fitrianto Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS)

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(1).16856

Keywords:

Pemasaran, Arrum Haji, Pegadaian Syariah

Abstract

Produk Arrum Haji adalah produk titipan Pegadaian Syariah Pekanbaru di Pegadaian UPC Teluk Kuantan yang beroperasi secara syariah. Arrum Haji adalah layanan pembiayaan untuk mendapatkan porsi haji secara syariah dengan proses yang mudah serta aman dengan jaminan emas batangan (Logam Mulia) minimal 3,5 gram (sekitar Rp. 2 juta)  atau emas perhiasan sekedar minimal 7% dengan berat sekitar 7 gram untuk mendapatkan pinjaman uang Rp. 25.000.000 Juta untuk mendapatkan porsi haji. Produk Arrum Haji dipasarkan oleh Pegadaian UPC Teluk Kuantan kepada maayarakat sejak tahun 2016 yang sampai ini jumlah nasabahnya hanya 3 orang selama 7 tahun beroperasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu mengunakan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer pegawai kantor Pegadaian UPC Teluk Kuantan dan data sekunder dari bahan kepustakaan serta dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian sedangkan Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Strategi pemasaran produk Arrum Haji dalam meningkatkan jumlah nasabah yang diterapkan oleh PT. Pegadaian UPC Teluk Kuantan sudah sesuai dengan bauran pemasaran akan tetapi pemasarannya kurang maksimal karena selama 7 tahun beroperasi tidak ada penambahan jumlah nasabah. Kendala yang dihadapai oleh Pegadaian UPC Teluk Kuantan adalah kurangnya literasi masyarakat, kurangnya minat masyakat dan adanya keinginan dalam penundaan waktu keberangkatan haji.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Thamrin & Trantri, Francis. 2012. Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers. Jakarta.

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Gema Insani. Jakarta.

Baihaqqy, Mochammad Rizaldy Insan,. 2022. Bank dan Lembaga Keuangan. CV. Amerta Media. Banyumas.

Chandra, Gregorius., Tjiptono, Fandy., & Chandra, Yantod. 2004. Pemasaran Global : Internasional dan Internetisasi. Andi. Yogyakarta.

Fakhrudin, Arif., Roellyanti, Maria Valeria., & Awan. 2022. Bauran Pemasaran. Deepublish. Yogyakarta.

Kasmir. 2013. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Rajawali Pers. Jakarta.

Kasmir. 2017. Kewirausahaan. Rajawali Pers. Jakarta.

Mulyadi, Seto., Basuki, Heru., & Prabowo, Hendro. 2019. Metode Penelitian Kualitatif dan Mixed Method. Rajawali Pers. Depok.

Noor, Zulki Zulkifli. 2016. Manajemen Pemasaran Stratejik. Deepublish. Yogyakarta.

Nurbiyati, Titik & Machfoedz, Mahmud. 2005. Manajemen Pemasaran Kontemporer. Kayon. Yogyakarta.

Prasetyo, Bambang., & Jannah, Lina Miftahul. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Putri, Debi Eka., Fauziah, Purboyo, Zatira, Dhea., Haerany, Anne., Anggraini, Raden Isma., Fasa, Muhammad Iqbal., Kuahaty, Sarah Selfina., Widyaningsih, Dewi., Wahyuni, Amalia., Utami, Fiesty., Gustyana, Tieka Trikartika., Kusumaningsih, Ani., Wijayangka, Candra., & Paranita, Ekayana Sangkasari. 2021. Lembaga Keuangan Bank & Non Bank. Widina Bhakti Persada Bandung. Bandung.

Shofa, Moch. Eko Nuris., Rahmatika, Arivati Ni’mati., & Amarudin, Amin Awal. 2019. Strategi Pemasaran Produk Arrum Haji di Pegadaian Syariah Jombang (Pegadaian Syariah Jombang. ISTISMAR : Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), p. 1-12.

Soemitra, Andri. 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Kencana. Jakarta.

Sunyoto, Danang., & Susanti, Fathonah Eka. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa : Merencanakan, Mengelola dan Membidik Pasar Jasa. CAPS. Yogyakarta.

Sutanty, Marisa., Mustaram, Razi Apriansyah., Kurniawansyah., Armada, Devi., & Kamaruddin. 2020. Analisis Strategi Pemasaran Produk Arrum Haji pada PT. Pegadaian Syariah Pasar Seketeng Sumbawa Besar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(3), p. 215-224.

Syarifuddin., Mandey, Silvya L., & Tumbuan, Willian J. F. A. 2022. Sejarah Pemasaran Dan Strategi Bauran Pemasaran. CV. Istana Agency. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Andi. Yogyakarta.

Yulianti, Farida., Lamsah., & Periadi. 2019. Manajemen Pemasaran. Deepublish. Yogyakarta.

Zainurossalamia ZA, Saida. 2020. Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi. Forum Pemuda Aswaja. Praya Lombok Tengah.

Downloads

Published

2024-05-01