STRATEGI MENGATASI PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PRODUK KUR DENGAN AKAD MURABAHAH PADA BSI KCP TRUNOJOYO

Authors

  • St Asmayaturrafaah Fakultas Ilmu Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura
  • Dony Burhan Noor Hasan Fakultas Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).15226

Keywords:

Strategi, Pembiayaan Bermasalah, Murabahah, KUR, Bank Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau memperoleh gambaran yang jelas mengenai strategi mengatasi pembiayaan bermasalah pada produk KUR dengan akad murabahah di BSI KCP Trunojoyo-Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode penelitian ini menggunakan dua data yakni data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari subjek penelitian dengan cara observasi, wawancara dan berhubungan dengan permasalahan yang diteliti. Sedangkan data sekunder itu sendiri berasal dari studi perpustakaan seperti literatur ilmiah, buku, dan dokumen atau laporan yang telah tersedia. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman. Analisis data dilakukan dengan melibatkan 4 hal utama, perngumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dan seluruh data yang terkumpul dengan hasil wawancara dan data-data pendukung tentang bagaimana strategi mengatasi pembiayaan bermasalah yang dilakukan di BSI KCP Trunojoyo. Kemudian dari sumber-sumber tersebut dapat dideskripsikan dan dianalisis untuk menghasilkan kesimpulan. Hasil pembahasan ada dua faktor yang menyebabkan pembiayaan bermasalah yaitu Faktor Eksternal penyebab nasabah yang mengalami pembiayaan nasabah yaitu bisa jadi karena usaha yang dijalankan mengalami kegagalan, Faktor Internal bahwa dalam penentuan nasabah, pembiayaan yang diberikan kepada nasabah yang bener-benar mengikuti aturan bank, pasti nasabah juga akan membayar angsuran dengan tepat waktu. Bank Syariah Indonesia KCP Trunojoyo-Bangkalan dalam mengatasi pembiayaan ada beberapa langkah yaitu : yang pertama penjadwalan kembali yang kedua restrukturisasi dan yang ketiga persyaratan kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arwanto, Alfin Dani., Arianti, Farida., Putri Z, Wina Antika., Leli, Maisarah., & Rizal, Deri. 2023. Solving Problematic Financing Through the Execution of Murabaha Contracts: A Case Study of Agam Madani BMT. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 13(1), p. 124-133.

Beladiena, Arky Nafisa., Nurhasanah, Neneng., & Saripudin, Udin. 2021. Analisis Nilai-nilai Etika Bisnis Islam Terhadap Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Akad Murabahah. Jurnal Iqtisaduna, 7(1), p. 51-60.

Hana, Kharis Fadlullah., & Raunaqa, Yoga. 2022. Peran Komite Pembiayaan dalam Menangani Pembiayaan Bermasalah di Bank Syariah Indonesia. Istithmar: Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 6(1), 31–42.

Harmoko, Irfan. 2018. Mekanisme Restrukturisasi Pembiayaan Pada Akad Pembiayaan Murabahah Dalam Upaya Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah. Qawãnïn (Journal of Economic Syaria Law), 2(2), p. 61-80.

Huda, Muhammad Miftahul., & Yunita, Ratna. 2022. Mitigasi Resiko Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Jombang Ploso dalam Mewujudkan Pembiayaan Yang Sehat. Falahiya: Research Journal of Islamic Banking and Finance, 1(2), p. 111–119.

Ibrahim, Azharsyah., & Rahmati, Arinal. 2017. Analisis Solutif Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Di Bank Syariah: Kajian Pada Produk Murabahah di Bank Muamalat Indonesia Banda Aceh. Iqtishadia: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam STAIN Kudus, 10(1), p. 71-96.

Nabela, Firdha. 2019. Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Bank Syariah Mandiri Cabang Harapan Raya Kota Pekanbaru Menurut Ekonomi Islam. Skripsi, Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Nafi’ah, Evi Ainun., & Widyianingsih, Bekti. 2021. Strategi Restrukturisasi Pembiayaan Bermasalah Untuk Menjaga Fortofolio Keuangan Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Jombang. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 8(4), p. 474-482.

Nasrullah., & Adiba, Elfira Maya., & Diar, Talitha Rahma. 2022. Keengganan UMKM di Sekitar Wisata Religi Dalam Mengambil Pembiayaan Bank Syariah: Sebuah Studi Di Madura. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 9(1), p. 34-46.

Pohan, Hasmidar., & Nasution, Muhammad Lathief Ilhamy. 2023. Analisis Strategi Pembiayaan Bermasalah Terhadap Produk Murabahah Dalam Prespektif Ekonomi Islam: Studi Kasus BSI KCP Cemara Asri. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 3(2), p. 5289-5297.

Pratama, Gama., Haida, Nur., & Nurwulan, Sukma. 2021. Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), p. 101-114.

Purnama, Yulia. 2019. Manajemen Resiko Hukum Pada Perbankan Syariah di Indonesia. EKSISBANK (Ekonomi Syariah dan Bisnis Perbankan), 3(1), p. 30-39.

Rusandi., & Rusli, Muhammad. 2021. Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), p. 48-60.

Sipul., & Hasan, Dony Burhan Noor Hasan. 2022. Peran Perbankan Syariah Dalam Pengembangan Eduwisata Di Desa Morkepek Kabupaten Bangkalan. Madinah: Jurnal Studi Islam, 9(1), p. 46–50.

Siregar, Erwin Saputra., Zifa, Putri Nur Kholida., & Pangiuk, Ambok. 2022. Analisis Pembiayaan Mikro Bermasalah di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Jambi. JPSDA: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 2(2), p. 127-137.

Suhaimi., & Asnaini. 2018. Pembiayaan Bermasalah di Bank Syariah. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 4(2), p. 176-191.

Sutrisno., Panggalo, Ludia., Asir, Muhammad., Yusuf, Muhammad., & Cakranegara, Pandu Adi. 2023. Literature Review: Mitigasi Resiko dan Prosedur Penyelamatan pada Sistem Perkreditan Rakyat. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 6(2), p. 1154–1167.

Tatyana., Damayanti, Indri., & Atmaka, Petrus Aji Pratama Putra. 2022. Penanganan Nasabah Gagal Bayar Pada Akad Murabahah di Bank Syari’ah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Parung Bogor. Remittance: Jurnal Akuntansi Keuangan dan Perbankan, 3(2), p. 33–41.

Ubaidillah. 2018. Pembiayaan Bermasalah Pada Bank Syariah: Strategi Penanganan dan Penyelesaiannya. El-Jizya: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), p. 287–310.

Viviani, Vinda., Aini, Muslikhatul., & Hana, Kharis Fadlullah. 2022. Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Pembiayaan Bermasalah Pada Bank Syariah Indonesia Cabang Kudus Masa Pandemi Covid-19. Al-bank: Journal of Islamic Banking and Finance, 2(2), p. 139-150.

Downloads

Published

2023-11-30