Survei Bahan Ajar pada Pembelajaran Biologi di Kelas VII
Keywords:
Survei, Bahan Ajar, BiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis bahan ajar yang paling sering digunakan oleh guru, serta menilai efektivitas dan relevansinya dalam meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan populasi yang terdiri dari guru biologi dan siswa kelas VII di SMP 4 Siak Hulu. Sampel penelitian dipilih melalui teknik simple random sampling untuk menentukan kelas sebagai responden. Instrumen penelitian berupa angket dan wawancara. Angket dirancang untuk mengumpulkan informasi mengenai jenis bahan ajar, frekuensi penggunaannya, dan relevansinya terhadap kurikulum. Wawancara dilakukan dengan guru untuk memperoleh wawasan lebih mendalam tentang penggunaan bahan ajar. Hasil angket menunjukkan bahwa mutu pendidikan di sekolah tersebut sudah berada pada tingkat yang memuaskan. Namun, terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki, salah satunya adalah keaktifan siswa. Melalui evaluasi menyeluruh dan perbaikan yang diperlukan, diharapkan mutu pendidikan dapat terus meningkat.
Downloads
References
Anggriani, S. P., Jufri, A. W., Syukur, A., & Setiadi, D. (2022). Pengembangan Materi Ajar Berbasis Video Kreatif Biologi pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 123–129. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.430
Arofah, R., & Cahyadi, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. HALAQA: ISLAMIC EDUCATION JOURNAL, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Irdianti, P. R., Mahadewi, L. P. P., & Widiana, I. W. (2020). Hubungan minat belajar dan perilaku empati tehadap hasil belajar PKN. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 459–472.
Jayawardana, H. B. A., & Gita, R. (2020). Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Biologi Di Era Pandemi COVID-19 Gowa, September, 58–66. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/psb/
Kenmandola Dini. (2023). Kualitas Pendidikan di Indonesia. Universitas Adzkia, 2.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., & Ayu Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Padilla, A., Mey, W., Munthe, L., & Aditiya, W. (2024). Analisis Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pembelajaran PPKn Materi Gotong Royong Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1625–1633.
Ritonga, A. P., Andini, N. P., & Iklmah, L. (2022). Pengembangan Bahan Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 343–348. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2612
Rustamana, A., Mutiara, A., Aprilia, N., Aini, A. Q., & Yuda, H. (2023). Peran Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Sejarah. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(7), 10–20. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332