Lembar Validasi: Instrumen yang Digunakan Untuk Menilai Produk yang Dikembangkan Pada Penelitian Pengembangan Bidang Pendidikan
Keywords:
Lembar validasi, Instrumen, Penelitian dan Pengembangan (R&D)Abstract
Lembar validasi memegang peran krusial dalam proses pengembangan produk atau instrumen. Lembar validasi berperan dalam menjamin kualitas produk atau instrumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar validasi yang dapat digunakan sebagai instrumen untuk menilai produk yang dikembangkan pada penelitian pengembangan bidang Pendidikan. Prosedur pengembangan lembar validasi didasari oleh penelitian dan pengembangan (Research and Development) model ADDIE. Penelitian ini berlangsung pada tahap pengembangan (development). Lembar validasi ini terdiri dari kisi-kisi dan rubrik penilaian. Kisi-kisi berisi aspek dan indikator. Rubrik penilaian berisi kriteria yang menjadi acuan dalam pemberian skor penilaian oleh validator, selain itu juga berisi ketentuan pemberian skor pada angket. Lembar validasi terbagi menjadi 3 penilaian yaitu materi, pembelajaran dan media. Pada penilaian materi terdiri dari aspek kelayakan isi. Pada penilaian pembelajaran terdiri dari aspek susunan tampilan, bahasa dan kemudahan dibaca. Pada penilaian media terdiri dari tampilan dan pemrograman (bagi pengembangan media digital). Lembar validasi yang dikembangkan sudah divalidasi dan penilaian lembar validasi secara keseluruhan mendapatkan persentase rata-rata sebesar 86,5% dengan tingkat kevalidan sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa lembar validasi ini dapat digunakan sebagai instrumen untuk menilai produk yang dikembangkan pada penelitian pengembangan bidang Pendidikan.
Downloads
References
Adib, H. S. (2017). Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian Ilmiah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Prosiding Seminar Nasional dan Internasional, 1(1), 139–157. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/3054
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science Integration, 2(2), 191-202.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Branch, R.M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Athens. Springer
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Islameka, M,. Supriyati, Y., & Astra, I.M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Fisika. Seminar nasional Jurusan Fisika. 51-56.
Mellisa, M., & Saputri, D. (2023). Development of interactive e-books in tissue culture learning for class xi science. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 16(2), 272-285. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.27811
Mellisa., & Fitri, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video dengan Menerapkan Sistem Hidroponik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan di SMA/MA Kota Pekanbaru. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4070-4081.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Nurhayati, D.W.A. (2020). Research Methodology. Tulungagung. Akademia Pustaka
Nursyami, P. (2023). Validasi (Definisi dan Tujuan). AhliLaboratorium. Diakses pada 30 November 2023. https://ahlilaboratorium.com/validasi-adalah-definisi-dan-tujuannya/
Pawar, N. (2020). Type of research and type research design. Social Research Methodology, 8(1), 46-57.
Purnia, D.S & Alawiyah, T. (2020). Metode Penelitian: Strategi Menyusun Tugas Akhir. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta.
Syaitika, A & Fauziah, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Berbantuan Mind Map Pada Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Kelas XI SMA/MA. Jurnal Biogenesis, (8)2. 582-592. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i2.294
Mutiara, M & Hidayati, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Video Animasi Menggunakan Aplikasi Powtoon Materi Energi dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Arjna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 1(4). 193-202. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i4.109