Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VIII di MTsN 1 Bengkalis
Keywords:
Kesulitan Belajaran IPA TerpaduAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa pada pembelajaran IPA Terpadu kelas VIII di MTsN 1 Bengkalis dengan menggunakan pembatasan masalah Kognitif. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah kelas VIII di MTsN 1 Bengkalis dan sampel yang digunakan adalah 72 siswa. Intstrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) kesulitan emosi pada kesulitan belajar siswa pada pembelajaran IPA Terpadu kelas VIII berada pada kategori tinggi (61,70%). (2) kesulitan mengingat pada kesulitan belajar siswa pada pembelajaran IPA Terpadu kelas VIII berada pada kategori tinggi (64,13%). (3) kesulitan berpikir pada kesulitan belajar siswa saat pembelajaran IPA Terpadu kelas VIII berada pada kategori tinggi (63,17%). (4) kesulitan bahasa pada kesulitan belajar siswa saat pembelajaran IPA Terpadu kelas VIII berada pada kategori tinggi (62,50%). Kesulitan yang paling banyak dan paling sering di alami siswa pada sast pembelajaran IPA Terpadu adalah kesulitan mengingat dikarena kan siswa sering kali sulit mengingat materi meski sudah membaca berkali- kali. Selain itu siswa juga mengalami kesulitan memahami materi pelajaran.
Downloads
References
Ade, Regina. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Isbn 978-623-7570-53-0. Guepedia Amaliyah, Marisa Dkk. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains (Jppsi) Volume 4, Nomor 1, April 2021 Issn: 2623-0852
Jamaris, Martini. (2014). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Maryani, Eka dkk. (2018). Model Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar. Google Books Mustoip, Sofyan dkk. 2018. Implementasi Pendidikan karakter. ISBN : 978-602- 52855-8-5. Surabaya
Sunarto dan Hartono, Agung. (2006). Perkemabangan Peserta Didik. Jakarta:Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan
Sutarto. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling Vol 1 NO. 02 Tahun 2017, Staun Curup P-ISSN 2580-3638, E-ISSN 2580-3646 DOI: https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Berkarakter. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, (2003). Sisdiknas dan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar, Bandung: Citra Umbara.
Urbayatun, Siti. (2019). Kesulitan Belajar & Gangguan Psikologis Ringan Pada Anak. K- Media, 2019. Yogyakarta
Utomo, Budi. (2015). Keterkaitan Antara Kognitif Dengan Regulasi Emosi