Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VIII di MTsN 1 Bengkalis

Authors

  • Dinda Grazella Universitas Islam Riau
  • Nurul Fauziah Universitas Islam Riau
  • Ibnu Hajar

DOI:

https://doi.org/10.25299/baej.2022.11461

Keywords:

Kesulitan Belajaran IPA Terpadu

Abstract

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   tingkat   kesulitan belajar siswa pada pembelajaran IPA Terpadu kelas VIII di MTsN 1 Bengkalis dengan menggunakan pembatasan masalah Kognitif. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan  deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah kelas VIII di MTsN 1 Bengkalis dan sampel yang digunakan adalah 72 siswa. Intstrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) kesulitan emosi pada kesulitan belajar siswa pada pembelajaran IPA Terpadu kelas VIII berada pada kategori tinggi (61,70%). (2) kesulitan mengingat pada kesulitan belajar siswa pada pembelajaran IPA Terpadu kelas VIII berada pada kategori tinggi (64,13%). (3) kesulitan berpikir pada kesulitan belajar siswa saat pembelajaran IPA Terpadu kelas VIII berada pada kategori tinggi (63,17%). (4) kesulitan bahasa pada kesulitan belajar siswa saat pembelajaran IPA Terpadu kelas VIII berada pada kategori tinggi (62,50%). Kesulitan yang paling banyak dan paling sering di alami siswa pada sast pembelajaran IPA Terpadu adalah kesulitan mengingat dikarena  kan  siswa sering kali sulit mengingat materi meski sudah membaca berkali- kali. Selain itu siswa juga mengalami kesulitan memahami materi pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade, Regina. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Isbn 978-623-7570-53-0. Guepedia Amaliyah, Marisa Dkk. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains (Jppsi) Volume 4, Nomor 1, April 2021 Issn: 2623-0852

Jamaris, Martini. (2014). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Maryani, Eka dkk. (2018). Model Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar. Google Books Mustoip, Sofyan dkk. 2018. Implementasi Pendidikan karakter. ISBN : 978-602- 52855-8-5. Surabaya

Sunarto dan Hartono, Agung. (2006). Perkemabangan Peserta Didik. Jakarta:Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan

Sutarto. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling Vol 1 NO. 02 Tahun 2017, Staun Curup P-ISSN 2580-3638, E-ISSN 2580-3646 DOI: https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Berkarakter. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, (2003). Sisdiknas dan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar, Bandung: Citra Umbara.

Urbayatun, Siti. (2019). Kesulitan Belajar & Gangguan Psikologis Ringan Pada Anak. K- Media, 2019. Yogyakarta

Utomo, Budi. (2015). Keterkaitan Antara Kognitif Dengan Regulasi Emosi

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Grazella, D., Fauziah, N., & Hajar, I. (2022). Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VIII di MTsN 1 Bengkalis. Biology and Education Journal, 2(2), 36–43. https://doi.org/10.25299/baej.2022.11461