Kompetensi Pedagogik Guru IPA (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Sungai Apit Tahun Ajaran 2018/2019)
Keywords:
Kompetensi, Pedagogik, Guru IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Pedagogik Guru IPA di SMP Negeri 1 Sungai Apit berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar wawancara sebagai data utama, lembar observasi dan dokumentasi sebagai pendukung. Sampel sebanyak 2 orang guru IPA, Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Dari 10 indikator kompetensi pedagogik guru dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru IPA (Studi kasus di SMP Negeri 1 Sungai Apit Tahun Ajaran 2018/2019) dapat dikategorikan kompeten dengan perolehan perhitungan rata-rata 74,7% (kompeten).
Downloads
References
Balqis, P. dkk. 2014. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan (ISSN 2302-0156) Vol. 2 No. 1). Diambil di http://www.researchgate.net/publiation/307556782_Kompetensi Pedagogik_Guru_dalam_Mengelola_Pembelajaran_IPA_di_SD_dan_MI. (Diakses, 15 Maret 2018)
Barnawi, A.M. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta: AR-RUZ Media.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Emzir. 2012. Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta:Rajawali.
Fairus, P. R. 2014. Persepesi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Bilogi Kelas VIII SMP Islam YLPI Pekanbaru Tahun Ajaran 2014/2015.Skripsi.FKIP. UIR Pekanbaru
Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Istiqomah & Sulthon, M. 2013.Sukses Uji Kompetensi Guru. Malang: Dunia Cerdas.
Kunandar.2014. Guru Professional.Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.
Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: PT Remaja Rodakarya.
Moleong, L. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosada Karya
Mulyasa, E. 2015.Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Jakarta: Remaja Kencana.
Muhibbinsyah.2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja RosdaKarya
Musfah,J. 2012. Peningkatan Kompetensi Guru.Jakarta : Kencana Prenda Media Group
Muti’ah, Rahma. 2016. Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Guru Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kelas X Ma Swasta Nur Ibrahimy Rantauprapat Tahun Ajaran 2015/2016.Jurnal Pendidikan (Online), No. 2, vol 5 http://penelitian.uisu.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/4.-Rahma-Mutiah.pdf.
Permendiknas No 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian
Pendidik.https://www.slideshare.net/YaniPitoy/permen-20-2007-standar-penilaian
Permendiknas No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Klasifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.https://www.slideshare.net/YaniPitoy/permendiknas-nomor-16-tahun-2007-standar-kompetensi-guru
Priyatni, E. T. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indosesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ramayulis. 2013. Profesi & Etika Keguruan. Jakarta :Kalam Muliya.
Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Muda. Bandung: Alfabeta
Riduwan. 2015. Belajar Mudah. Bandung: Alfabeta.
Rindi prasetyo dkk, 2016.Studi Kasus Kompetensi Pedagogik Guru Ipa Smp Ditinjau Dari Aspek Pck (Pedagogical Content Knowledge) Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Vol. 5)
Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta: PT Grafindo Persada.
Sadulloh, U. 2011. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.
Sagala, 2013.Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sardiman, A.M. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada
Sanjaya. W. 2010. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Media Group.
Slameto. 2012. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta:Rineka Cipta.
Sukmadinata, N. S. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprihatiningrum, J. 2013.Guru professional pedoman kinerja, kualifikasi, dan kompetensi guru. Jakarta: AR-RUZ Media.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Konsep Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Guru Dan Dosen. Diambil darihttp://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional.Diambil daripendis.kemenag.go.id/file/dokumen/uuno20th2003ttgsisdiknas.pdf
Usman, U. 2014. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Yusuf, S. dan Shugandi, N. M. 2011.Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Zakiyah, I. S, 2014. Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Kinerja Mengajar Guru Di Sdit Nurul Falah Kec.Tambun Utara Kab.Bekasi.Jurnal Pedagogik (Vol. II, No. 1). Diambil dari jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/1239/1107