Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada Siswa Kelas XI SMA

https://doi.org/10.25299/baej.2023.13949

Authors

Keywords:

Kesulitan belajar siswa, Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Seberida Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengggunakan angket, wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 siswa, diambil dari siswa kelas XI MIPA dan XI IPS. Angket yang disebarkan terdiri dari 40 item pernyataan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  pada indikator intelegensi diperoleh rata-rata 57,2% dengan kategori cukup, pada indicator bakat diperoleh persentase 39,4% dengan kategori rendah, pada indicator minat diperoleh persentase 47,3% dengan kategori cukup, pada indicator motivasi diperoleh persentase 49,2 dengan kategori cukup, pada indicator kelelahan diperoleh persentase 61,5% dengan kategori baik, pada indicator cara orang tua mendidik diperoleh persentase 66,7% dengan kategori baik, pada indicator keadaan ekonomi keluarga diperoleh persentase 53,5% dengan kategori cukup, pada indicator metode mengajar guru diperoleh persentase 41,7% dengan kategori cukup, pada indicator mass media diperoleh persentase 65,5% dengan kategori baik, pada indicator teman bergaul diperoleh persentase 72,2% dengan kategori baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Seberida termasuk dalam kategori cukup

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erawati, Y. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Di Kelas VII SMP IT Masmur Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, FKIP, Universitas Islam Riau, Pekanbaru
Fauzi, A dan Mitalistiani. 2018. High School Biology Topics That Perceived Difficult By Undergraduate Students. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2 (2): 73-84
Kusumawati, M. U. 2016. Identifikasi Kesulitan Belajar Materi Struktur fungsi Jaringan Tumbuhan Pada Siswa SMA Negeri 3 Klaten Kelas XI Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (7): 19-26
Riduwan. 2016. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sudijono, A. 2011. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres
Syah, M. 2016. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Undang-undang Republik Indonesia nomor 20. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08UUno_20_th_2003 (Diakses 20 Oktober 2019)
Zulfarita, 2018. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA SMA Negeri Se-Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019, Skripsi, FKIP, Universitas Islam Riau, Pekanbaru.

Published

2023-12-30

How to Cite

mellisa, & Natasya, F. (2023). Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada Siswa Kelas XI SMA . Biology and Education Journal, 3(2), 112–122. https://doi.org/10.25299/baej.2023.13949

Most read articles by the same author(s)